[Easy] 10+ cara memasang tweeter mobil terbaru lengkap

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memasang tweeter mobil Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Video cara memasang tweeter mobil

Salah satu fitur infotainment yang wajib dimiliki oleh setiap kendaraan roda empat adalah audio. Rangkaian audio mobil tersebut berguna sebagai teman di saat kamu berkendara.

Apalagi saat terjebak di tengah kemacetan ibu kota, tentu memiliki rangkaian audio mobil yang bagus merupakan hal yang menyenangkan.

Untuk menyempurnakan audio mobil, tak sedikit banyak pemilik mobil akhirnya memodifikasi sistem audio mobil dengan bermodalkan tutorial online di website atau Youtube. Misalnya saja mengetahui bagaimana cara pemasangan power mobil atau skema cara pasang audio mobil.

Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan informasi seputar skema cara pasang audio mobil, komponen modifikasi audio mobil hingga tips pasang rangkaian audio mobil sederhana sendiri.

Komponen modifikasi audio mobil

Berikut ini komponen-komponen yang dibutuhkan untuk memodifikasi rangkaian audio mobil.

1. Speaker

Bisa dikatakan speaker merupakan jantungnya rangkaian audio mobil. Komponen output ini berperan dalam mengubah sinyal listrik jadi suara melalui membran atau istilah sederhananya adalah komponen output yang menangkap sinyal dan mengeluarkannya dalam bentuk suara.

Terdapat lima jenis speaker, di antaranya tweeter, mid range, full range, subwoofer, dan woofer. Speaker jenis tweeter disebut juga speaker treble yang dapat menghasilkan frekuensi suara tinggi sebesar 3.500 Hz sampai 20 kHz.

Jenis mid range sendiri diklaim mampu menghasilkan suara yang lebih jelas dan fokus karena memiliki frekuensi suara berkisar antara 500 Hz sampai 5.000 Hz.

Kemudian jenis full range merupakan jenis speaker dengan frekuensi lebar karena mampu menangkap dari frekuensi terendah sampai tertinggi. Full tange mampu menghasilkan suara dari 40 Hz sampai 2 kHz.

Jenis ini sering digunakan sebagai sound system yang digunakan secara outdor karena suara yang dihasilkan lebih jelas sekalipun dalam jarak yang cukup jauh.

Adapun speaker woofer dan subwoofer merupakan jenis speaker yang saling bergantung satu sama lain. Jenis woofer merupakan jenis speaker bass berfrekuensi rendah mulai dari 40 Hz sampai 1.000 Hz dengan diameter 4 sampai 12 inci.

Sedangkan subwoofer sendiri berfungsi untuk memperjelas dan menambah tekanan bass yang dihasilkan woofer.

2. Headunit

Tak kalah pentingnya dari speaker, head unit juga jantungnya rangkaian audio mobil yang disematkan di bagian dasbor mobil. Fungsinya sebagai komponen yang mengeluarkan sinyal audio maupun video yang dikirimkan ke amplifier dan speaker lain untuk menghasilkan audio atau visual.

Ada dua jenis head unit yakni single DIN dan double DIN. DIN sendiri merupakan kepanjangan dari Deutsches Institut for Normung yang menjadi standar ukuran head unit.

Ukuran head unit single DIN sebesar 180 x 50 mm sedangkan ukuran headunit double DIN sebesar 180 x 100 mm. Kini, headunit mulai dibekali layar sentuh yang mudah dikoneksikan langsung ke kamera belakang mobil ataupun smartphone.

Selain itu, terdapat beberapa fitur infotainment yang disematkan pada head unit, beberapa di antaranya tape, radio, CD, VCD, DVD, MP3, ataupun MP4.

3. Crossover

Crossover atau X-over memiliki fungsi sebagai penentu kualitas suara yang keluar dari rangkaian audio mobil dengan cara mengontrol pembagian frekuensi output speaker mobil dan amplifier untuk menghasilkan suara yang lebih jernih dan meminimalisir kerusakan speaker.

4. Power amplifier

Untuk memaksimalkan kualitas suara pada sistem audio mobil, kamu membutuhkan amplifier atau power amplifier. Komponen ini berfungsi sebagai pendorong dan penguat sinyal audio yang dikirim dari head unit menuju speaker mobil.

Ada tiga pilihan power amplifier, di antaranya monoblock, 2 channel dan 4 channel. Untuk monoblock sendiri biasanya digunakan khusus jenis speaker subwoofer untuk memaksimalkan daya. Kemudian, untuk 4 channel diperuntukkan untuk jenis speaker rear dan front .

5. Aki mobil

Untuk mengoperasikan rangkaian audio mobil diperlukan sistem kelistrikan yang bersumber dari aki mobil. Apabila kamu berencana untuk menambah sistem audio mobil maka kamu perlu menambah kapasitas aki mobil guna menghindari beban kerja aki yang berat.

Sebaiknya gunakan aki mobil yang telah dilengkapi dengan capasitor atau capasitor battery untuk meningkatkan audio mobil.

6. Fuse box

Sesuai dengan namanya, fuse box merupakan kotak yang digunakan untuk menyimpan sekring sistem audio dan sebagai tempat mengalirnya arus listrik serta memberikan proteksi terhadap sistem kelistrikan mobil untuk meminimalisir terjadinya korsleting akibat kabel terkelupas, rusaknya power amplifier dan jenis kerusakan listrik lainnya.

7. Kapasitor bank

Fungsi kapasitor bank dan aki mobil hampir sama yakni sebagai tempat menyimpan arus listrik yang dibutuhkan audio mobil. Akan tetapi, letak aki mobil yang cukup jauh dari sistem audio mobil sehingga dibutuhkan kapasitor bank untuk menghindari terjadinya drop arus listrik saat amplifier dan subwoofer menghasilkan suara bass pada level yang tinggi.

Skema instalasi audio mobil

Setelah mengetahui komponen-komponen yang ada pada rangkaian audio mobil, maka saatnya mengetahui cara pemasangan power mobil supaya aki tidak cepat tekor, di antaranya sebagai berikut.

Menyambungkan kabel dengan tepat

Langkah pertama adalah menyambungkan kabel yang tepat pada rangkaian audio mobil dari sumber listrik mobil untuk mengalirkan arus listrik yang dibutuhkan setiap perangkat audio sehingga mampu menghasilkan suara.

Saat memasangnya, kamu perlu memastikan kondisi kabel seperti susunan kabel yang rapi, tidak ada kabel yang terkelupas atau menumpuk untuk meminimalisir terjadinya korsleting arus listrik.

Mengalirkan arus listrik dari aki mobil

Setelah kabel tersambung dengan benar dan tepat, maka alirkan arus listrik yang berasal dari aki mobil. Sambungkan speaker dengan kepala aki positif dan negatif dengan cermat dan teliti sehingga tidak terjadi arus pendek.

Menambahkan power amplifier

Kamu perlu menambah daya listrik power amplifier untuk mengurangi beban kerja aki mobil dengan menyambungkan amplifier dengan kabel speaker dan subwoofer.

Namun, saat menyambungkan kedua komponen tersebut kamu perlu ekstra teliti dan cermat. Pilih kabel yang tepat yang memiliki daya tinggi, setelah tersambung maka tutup kabel dengan isolasi. Jauhkan kabel power supply dan kabel signal. Lakukan penyambungan kabel tersebut dengan teliti dan rapi supaya tidak terjadi korsleting.

Tips pasang audio mobil sendiri

Saat memasang sistem audio mobil sendiri di rumah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan khususnya mengenai kabel yang akan digunakan. Pastikan kabel yang digunakan sudah tepat dan sesuai untuk menyalurkan arus listrik ke setiap perangkat audio agar dapat menghasilkan suara dengan kualitas terbaik.

Selain itu, perhatikan kondisi kabel saat memasang sistem audio mobil. Apakah ada kabel yang terkelupas atau menumpuk. Bila iya, maka segera potong kabel yang terkelupas atau menumpuk tersebut dan sambungkan dengan kabel lainnya untuk menghindari terjadinya korsleting.

Tempatkan dudukan baru yang mudah menempel pada body mobil agar sistem audio mobil tak bergerak saat terjadi benturan. Terakhir, setelah semua proses skema cara pasang audio mobil selesai, maka kamu perlu menutup kabel menggunakan isolasi dengan rapi.

Mengingat cara pasang rangkaian audio mobil ini diperlukan ekstra kehati-hatian sebab menyangkut sistem kelistrikan mobil yang rentan terhadap hubungan arus pendek atau korsleting. Maka sebaiknya bawa mobil ke bengkel untuk memasang sistem audio mobil.

Tips dari Lifepal! Untuk memilih bengkel mobil terbaik yang mampu memasang sistem audio mobil tanpa terjadi korsleting atau kerusakan komponen mobil lainnya adalah pilih bengkel mobil yang memilki rekam pengalaman dan hasil pemasangan audio yang memuaskan. Kamu bisa melakukan riset berdasarkan hasil kerjanya.

Selain itu, perhatikan juga kira-kira apakah bengkel tersebut memiliki peralatan bengkel yang lengkap dan memiliki spare part original untuk mobil kamu. Tak perlu takut bila harga pasang audio mobil bisa jadi mahal. Kamu bisa mengandalkan asuransi kendaraan untuk meringankan beban biaya servis mobil.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik

Selain rutin melakukan servis agar kendaraan tetap prima, penting juga buat kamu untuk memberikan proteksi asuransi mobil terbaik. Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial dari risiko kecelakaan maupun bencana alam yang membuat mobil kamu rusak dan harus dibawa ke bengkel.

Kalau punya asuransi, kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya perbaikan di bengkel yang mahal karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Sudah paham mengenai manfaat asuransi mobil namun bingung harus memilih asuransi mobil yang mana? Kuis Asuransi Mobil dari Lifepal ini bisa membantu kamu menemukan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Cobain, yuk!

Setelah mendapatkan rekomendasi jenis asuransi mobil yang cocok, lanjutkan dengan menghitung perkiraan biaya premi asuransi mobil yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini.

Pertanyaan seputar rangkaian audio mobil

Top 15 cara memasang tweeter mobil menjelaskan Nha Xinh

Yang harus diperhatikan dalam memilih tweeter mobil

  • Penulis: toyotasolo.id
  • Tanggal Terbit: 05/25/2022
  • Ulasan: 4.61 (277 vote)
  • Ringkasan: Untuk yang ingin memasang audio di mobil biasanya membutuhkan penambahan tweeter. Berikit ini adalah cara-cara yang bisa menjadi masukan …

Cara memasang tweeter acr 701 – Mau Speaker

  • Penulis: mauspeaker.com
  • Tanggal Terbit: 06/02/2022
  • Ulasan: 4.4 (424 vote)
  • Ringkasan: Website kami membahas segala macam tentang Speaker baik itu speaker komputer, speaker mobil, sound system hingga cara memasang tweeter acr 701 sehingga kamu …

Cara Menyambung 2 Speaker 1 Tweeter | kumparan.com

  • Penulis: kumparan.com
  • Tanggal Terbit: 12/08/2022
  • Ulasan: 4.33 (561 vote)
  • Ringkasan: Cara menyambung 2 speaker 1 tweeter adalah melalui rangkaian seri dan paralel. Jika ingin menggunakan rangkaian paralel, …

Tanpa ke Bengkel, Ini Cara Memasang Amplifier ke Speaker Mobil

  • Penulis: daihatsu.co.id
  • Tanggal Terbit: 05/01/2022
  • Ulasan: 4.17 (236 vote)
  • Ringkasan: Yang pertama, Anda hanya perlu 2 channel sebagai speaker midbass pada mobil. Kemudian, 1 buah subwoofer dan tweeter untuk menambah suara bassnya …
  • Hasil pencarian yang cocok: Sebelum mulai memasang power audio ke speaker mobil, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jika memilih memasang amplifier di mobil dengan 4 channel, peralatan yang dipersiapkan yaitu 1 head unit, 2 buah speaker mid-bass, dan 1 unit power …

Cara Pasang Power Tape Mobil 2 Channel dan 4 Channel

  • Penulis: harapanrakyat.com
  • Tanggal Terbit: 01/02/2023
  • Ulasan: 3.95 (363 vote)
  • Ringkasan: Anda hanya memerlukan 2 channel output untuk speaker midbass dan tweeter. Selain itu satu buah subwoofer untuk menambah output dari suara bass.
  • Hasil pencarian yang cocok: Dalam pemasangan power tape 4 channel Anda harus memperhatikan bahwa konfigurasi subwoofer yang ada yaitu 2 ohm. Tetapi, Anda bisa mengubahnya menjadi satu ohm atau 4 ohm sesuai kemampuan power amplifier. Hal ini karena setiap power amplifier akan …

Cara pemasangan twitter agar tidak putus putus – Bengkel master

  • Penulis: bengkelmaster.blogspot.com
  • Tanggal Terbit: 08/04/2022
  • Ulasan: 3.7 (562 vote)
  • Ringkasan: tweeter adalah adalah speaker kecil untuk suara treble atau suara frequensi tingi ada yg bilang juga suara penajam atau kicrik kicrik, nah dalam pemasangan …

Cara Mudah Pasang Power Audio Mobil Buat Nyaman Berkendara

  • Penulis: qoala.app
  • Tanggal Terbit: 05/27/2022
  • Ulasan: 3.49 (207 vote)
  • Ringkasan: Tanpa perlu mengganti head unit, sebenarnya power audio mobil sangat dibutuhkan ketika kamu mengganti speaker atau menambahkan tweeter …
  • Hasil pencarian yang cocok: Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pada beberapa mobil premium, ada yang melengkapi audio system-nya dengan beberapa perangkat audio. Perangkat audio mobil yang lengkap, di antaranya power 4 channel, head unit, subwoofer 10 inch hingga 12 …

10 Speaker Mobil Terbaik – Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2023)

  • Penulis: my-best.id
  • Tanggal Terbit: 01/25/2023
  • Ulasan: 3.36 (331 vote)
  • Ringkasan: Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih speaker mobil … Secara khusus, apabila Anda memasang tweeter di atas dashboard, …

Tips Memasang Atau Upgrade Tweeter Di Audio Mobil

  • Penulis: gridoto.com
  • Tanggal Terbit: 05/16/2022
  • Ulasan: 3.09 (257 vote)
  • Ringkasan: “Menaikan tweeter 1 inch ke atas dan dibawah 1,2 inch sudah cukup baik, memasangnya dengan cara dipararel dengan speaker dan jangan lupa …

Cara memasang tweeter twiter tweter di All New Xenia – Avanza

  • Penulis: dideo.ir
  • Tanggal Terbit: 07/23/2022
  • Ulasan: 2.99 (193 vote)
  • Ringkasan: Langkah – langkah pemasangan tweeter pada mobil Toyota All New Avanza maupun …
    Durasi:
    Diposting:

Bagaimana cara memasang tweeter? – Blog Sridianti

  • Penulis: sridianti.com
  • Tanggal Terbit: 12/23/2022
  • Ulasan: 2.87 (80 vote)
  • Ringkasan: Yang harus Anda lakukan adalah memasang cangkir dasar pada… Rumah tweeter diamankan ke panel mobil dengan sekrup, jadi Anda hanya perlu …
  • Hasil pencarian yang cocok: Memasang tweeter Anda di permukaan Dalam pemasangan di permukaan, tweeter baru (di dalam wadahnya) menempel pada permukaan atas panel pintu atau dasbor. Rumah tweeter diamankan ke panel mobil dengan sekrup, jadi Anda hanya perlu mengebor lubang …

GRAND TOURING GTO19T | Tweeter komponen yang berdiri

  • Penulis: id.jbl.com
  • Tanggal Terbit: 09/07/2022
  • Ulasan: 2.76 (175 vote)
  • Ringkasan: JBL® GTO Series menampilkan teknologi inovatif yang telah kami rancang untuk lingkungan dan kondisi di mobil saat ini. Menggunakan teknologi kabel woofer no …

Penyebab Speaker Tweeter Mudah Rusak

  • Penulis: solderpanas.com
  • Tanggal Terbit: 11/16/2022
  • Ulasan: 2.6 (50 vote)
  • Ringkasan: Cara Memasang Kapasitor Tweeter … Sedangkan untuk audio mobil supaya suara tweeter tidak mudah ngeprek pasang capasitor supaya lebih aman.
  • Hasil pencarian yang cocok: Penyebab Speaker Tweeter Mudah Rusak – Tweeter sangat sensitive terhadap rusak di banding speaker mid dan low. Karena speaker tweeter memang dirancang khusus. Untuk menangani suara frekuensi tinggi dan biasanya mempunyai daya yang lebih kecil di …

Pengertian dan Fungsi Tweeter pada Audio Mobil, Bagaimana Cara Kerjanya?

  • Penulis: carusermagz.com
  • Tanggal Terbit: 02/14/2023
  • Ulasan: 2.55 (173 vote)
  • Ringkasan: Pengertian Tweeter pada audio mobil. Fungsi, letak dan cara kerja tweeter sebagai speaker untuk membuat suara berkualitas tinggi di kabin.
  • Hasil pencarian yang cocok: Sebagian besar sistem suara yang dipasang di pabrik adalah 2-arah, yaitu memiliki tweeter dan woofer. Namun, speaker 3 arah menghasilkan suara yang lebih baik karena terdapat speaker midrange untuk mengimbangi frekuensi tinggi dan rendah dari …

4 Tips Memasang Tweeter Mobil – Kisah Beruang

  • Penulis: kisahberuang.com
  • Tanggal Terbit: 10/27/2022
  • Ulasan: 2.4 (169 vote)
  • Ringkasan: Salah satu cara meningkatkan kualitas audio mobil adalah dengan menambahkan perangkat tambahan, salah satunya adalah tweeter mobil.