Simak 10+ cara mengatur shutter speed terbaru lengkap

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara mengatur shutter speed Kamu bisa cek penjelasan lengkap dari kami. Karena kebetulan kami pernah mengalaminya dan ingin sharing di artikel ini.

Video cara mengatur shutter speed

Originally posted on April 15, 2021 @ 11:46 am

Teknik Menggunakan Mode Manual Kamera – Bagi kalian yang tertarik belajar fotografi, biasanya akan mencoba mencari tau serta mempelajari berbagai hal baru yang sifatnya lebih advance. Hal tersebut bertujuan supaya kalian bisa mengambil foto lebih bagus dan menarik.

Salah satu hal yang umumnya akan dipelajari oleh para pemula adalah mengenai segitiga exposure, segitiga exposure merupakan komponen yang sangat penting dalam bidang fotografi. Selain itu, segitiga exposure juga merupakan salah satu dasar fotografi yang wajib dipahami karena ilmu ini sangat membantu para fotografer.

Mode manual pada kamera terdiri dari 3 settingan dasar, yakni ISO, Shutter Speed, dan Aperture. Ketiga komponen tersebut juga disebut sebagai exposure karena settingan tersebut sangat mempengaruhi kecerahan dari foto yang akan dihasilkan. Hukum tersebut berlaku untuk semua jenis kamera termasuk mirrorles, DSLR, bahkan kamera hp.

Jika kaliang ingin menjadi fotografer yang handal, sudah seharusnya kalian mempelajari hal yang sangat penting ini. Supaya kalian bisa menambil foto dengan kecerahan yang sesuai (tidak terlalu terang atau tidak terlalu gelap).

Segitiga Exposure Fotografi

Sebelum kita membahas mengenai cara menggunakan mode manual di kamera, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu mengenai Segitiga Exposure. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. ISO

ISO adalah tingkat sensitifitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin kecil ISO yang digunakan maka semakin kurang sensitif terhadap cahaya. Tapi jika ISO besar maka sensor kamera akan sangat sensitif terhadap kamera. Tapi jika kamu menggunakan ISO yang besar, maka foto yang dihasilkan akan terdapat noise.

Penggunaan ISO juga dipengaruhi dengan sensor kamera, jika kamu memiliki kamera dengan sensor yang bagus, maka penggunaan ISO yang besar tidak akan menghasilkan noise yang sangat tinggi. Tapi jika kamu memiliki kamera dengan sensor yang biasa (kamera entry level), maka akan menghasilkan noise yang lebih tinggi.

2. Shutter Speed

Pada sebuah kamera pasti terdapat yang namanya shutter atau rana, bagian ini berfungsi untuk menghalangi cahaya supaya tidak masuk ke dalam sensor. Saat kita menekan tombol shutter, barulah nanti shutter atau rana ini akan terbuka supaya cahaya masuk serta diterima oleh sensor kamera. Dan nantinya cahaya yang masuk tersebut akan diolah menjadi foto.

Shutter Speed adalah satuan untuk mengatur seberapa lama rana akan terbuka sebelum nantinya menutup kembali. Shutter speed cepat akan menghasilkan gambar yang lebih gelap dan freeze, karena rana akan terbuka secara cepat sehingga cahaya yang masuk sedikit.

Sedangkan shutter speed lambat akan menghasilkan gambar yang lebih terang, hal tersebut dikarenakan rana terbuka lama dan banyak cahaya yang diterima sensor.

3. Aperture

Aperture atau yang biasa disebut sebagai bukaan lensa atau diafragma lensa kamera, dimana di dalam sebuah lensa akan ada semacam lubang seperti iris (bagian hitam pada mata). Lubang tersebut bisa diatur kecil dan besar untuk mengatur seberapa banyak cahaya yang akan dibiarkan masuk ke sensor kamera.

Jika diibaratkan keran, semakin besar aperture maka cahaya yang masuk ke sensor akan semakin banyak. Hasil foto yang ditangkap juga menjadi semakin terang, begitu juga sebaliknya. Perlu kalian ketahui jika satuan aperture adalah f/(angka), semakin besar angka, maka bukaan lensanya semakin kecil.

  • f/2.0 = aperture besar
  • f/9.0 = aperture kecil

Menyesuaikan Settingan Manual Mode Kamera

Kesalahan yang sering terjadi saat kita baru mau belajar menggunakan mode manual di kamera adalah kita belum bisa mampu menyesuaikan settingan kamera dengan keadaan cahaya yag ada. Mungkin kalian pernah mengikuti settingan yang sama dengan foto orang lain dengan keadaan cahaya yang berbeda, tentu saja hal tersebut menghasilkan foto dengan kecerahan yang berbeda juga.

Jika kalian ingin menggunakan settingan manual di kamera, kalian perlu tau mengenai rumus untuk mendapatkan settingan yang pas supaya mendapatkan foto dengan kecerahan yang pas.

Baca Juga: Teknik Fotografi Siluet

Hasil Foto = Pencahayaan + Settingan Segitiga Exposure

Ingat rumus sub judul diatas, jadi jika kalian ingin mengambil foto di siang hari, maka kalian harus mensetting kamera supaya tidak menangkap cahaya terlalu banyak.

Tapi kami sarankan untuk tidak memotret saat siang hari terik, hal tersebut dikarenakan cahaya yang masuk ke sensor akan sangat banyak, meskipun sudah di setting segitiga exposure.

Nah, sekarang kita akan mencoba untuk memotret dengan mode manual di kamera. Memang dibutuhkan latihan serta pengalama supaya kita terbiasa. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan fitur metering yang menunjukkan Exposure Value (EV) yang ada di kamera, perhatikan gambar di bawah ini.

Jika EV menunjukkan angka 0, maka artinya kamera mendeteksi bahwa kecerahan foto sudah sesuai. Para fotografer akan menggunakan mde manual ini jika mereka ingin menghasilkan foto dengan efek-efek tertentu. Contohnya saja seperti ingin mendapatkan efek foto bokeh, freeze, atau pun efek-efek lain.

Hal tersebut dikarenakan selain mempengaruhi kecerahan, ketiga settingan tersebut juga akan memiliki efek-efek tertentu.

Baca Juga: Tips Fotografi Alam

Langkah Menggunakan Mode Manual DSLR

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah yang bisa Anda lakukan saat ingin menggunakan Mode Manual di DSLR, simak dengan baik.

1. Aktifkan Mode Manual

Putar tombol mode yang berada di sisi kanan atas sampai menunjuk ke M (Mode Manual). Setalah itu Anda tidak bisa langsung memotret begitu saja, hal tersebut dikarenakan Anda harus mengatur beberapa settingan guna untuk menyesuaikan denga pencahayaan yang ada.

2. Arahkan Kamera ke Objek

Sebelum Anda melakukan beberapa pengaturan, Anda harus mengarahkan kamera Anda ke objek yang ingin Anda bidik. Kenapa harus mengarahkan kamera terlebih dahulu sebelum mengatur settingannya? Hal tersebut bertujuan untuk menyesuaikan settingan dengan pencahayaan yang ada.

3. Setting Kamera

Pastikan Anda mengatur Shutter Speed, ISO, dan Aperture dengan sesuai. Sedikit tips saat mengatur Shutter Speed, gunakan Shutter speed lebih tinggi daripada length focal yang digunakan. Misalnya saja jika panjang fokus anda 150mm maka atur shutter speed pada 1/200 detik atau lebih cepat.

ISO (Internasional Standard Organization) adalah kepekaan sensor digital terhadap cahaya yang masuk ke lensa. Saat memotret dengan jumlah cahaya yang rendah, gunakan ISO ke 1.600, 3.200, atau 6,400. Tapi jika Anda menggunakan ISO yang tinggi, hal tersebut akan menyebabkan noise pada hasil foto.

Aperture adalah bukaan diafragma pada lensa kamera, nilai aperture ditandai dengan f/angka. Misalnya saja seperti f/3.5, f.4.5 dan lain sebagainya. Jika Anda ingin memotret dengan bidang fokus yang luas, maka gunakan bukaan kecil seperti f/11 atau diatasnya. Tapi jika Anda ingin memotret dengan bidang fokus yang kecil (bokeh) gunakanlah aperture yang besar, misalnya saja f/3.5.

Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca artikel tentang segitiga exposure terlebih dahulu.

4. Hindari Guncangan Pada Kamera

Shake atau goyangan kamera tentu sangat mengganggu para fotografer, hal tersebut akan memberikan efek yang kurang bagus kepada hasil foto Anda. Maka dari itu ada beberapa cara untuk menghindari terjadinya getaran pada kamera, seperti

  1. Pelajari memegang kamera dengan benar.
  2. Gunakan shutter speed yang cepat, tapi jika pencahayaan kurang memadai maka Anda tidak bisa menggunakan shutter speed yang cepat. Hal itu bisa anda atasi dengan flash.
  3. Saat menekan tombol shutter, tentu saja akan membuat sedikit shake pada kamera. Maka dari itu ada baiknya jika Anda menggunakan timer saat ingin memotret. Biasanya saya akan menggunakan timer 2 detik.

Kesimpulan

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara setting mode manual pada kamera. Jika kamu masih bingung, silahkan tulis pertanyaan kamu di kolom komentar.

Top 18 cara mengatur shutter speed menjelaskan Nha Xinh

5 Tips Memahami Shutter Speed dan Cara Mengaturnya

  • Penulis: saintd.co
  • Tanggal Terbit: 09/17/2022
  • Ulasan: 4.61 (361 vote)
  • Ringkasan: 5 Trik Menggunakan Shutter Speed dan Cara Mengaturnya · 1. Freezing Movement. Pada prinsipnya, makin cepat suatu objek bergerak, maka akan makin cepat shutter …

Cara Setting ISO, Shutter Speed, Aperture Pada Kamera | Teknik Dasar Fotografi

  • Penulis: ririsaci.com
  • Tanggal Terbit: 10/15/2022
  • Ulasan: 4.45 (413 vote)
  • Ringkasan: Setelah membahas Segitiga Exposure, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatur Segitiga Exposure, yaitu Aperture, Shutter Speed, ISO.

Cara Mengatur Shutter Speed | Website Fotografi Indonesia

  • Penulis: emptyphotoproject.com
  • Tanggal Terbit: 12/12/2022
  • Ulasan: 4.35 (368 vote)
  • Ringkasan: Cara mengatur shutter speed · Pertama yaitu silahkan Anda putar tombol mode dial yang ada di kamera · Kemudian pilihlah mode manual (M), biasanya di kamera Nikon …

Mengenal Shutter Speed pada Kamera dan Fungsinya [Pro Tips]

 Mengenal Shutter Speed pada Kamera dan Fungsinya [Pro Tips]
  • Penulis: autobild.co.id
  • Tanggal Terbit: 10/12/2022
  • Ulasan: 4.11 (224 vote)
  • Ringkasan: Mengatur pencahayaan yang masuk dengan sangat baik. Jika berada di kondisi yang sangat terang, Shutter Speed yang lambat dapat membuat foto …
  • Hasil pencarian yang cocok: Pertama-tama, ubah mode kamera ke mode M (mode manual). Mode ini membuat Anda harus mengatur Shutter, Aperture dan ISO secara mandiri. Jika mode ini terlalu sulit, Anda bisa memakai mode Shutter Speed Priority. Dengan mode tersebut, Anda bisa …

Mengatur Shutter Speed agar Hasil Tajam

  • Penulis: blog.bantenkamera.com
  • Tanggal Terbit: 05/23/2022
  • Ulasan: 3.83 (200 vote)
  • Ringkasan: Cara yang digunakan adalah, lensa mengikuti objek bidikan hingga akhirnya kalian baru dapat memencet tombol shutter. Jika kalian hanya menggunakan shutter …

Shutter Speed dan S-Mode – Sony

  • Penulis: support.d-imaging.sony.co.jp
  • Tanggal Terbit: 07/22/2022
  • Ulasan: 3.65 (265 vote)
  • Ringkasan: S-mode (Mode Shutter Priority) adalah mode yang memungkinkan Anda mengatur shutter speed sesuka Anda. Menurut kondisi ini, kamera otomatis mengatur aperture ( …

Cara Mengatur Shutter Speed di HP Android Lengkap Dengan Fungsinya

  • Penulis: harapanrakyat.com
  • Tanggal Terbit: 11/03/2022
  • Ulasan: 3.47 (439 vote)
  • Ringkasan: Langkah selanjutnya sebagai cara mengatur shutter speed di HP yaitu dengan memilih ikon P pada bagian kiri layar. Anda cukup tekan ikon tersebut …
  • Hasil pencarian yang cocok: Sebelum tahu bagaimana cara mengatur shutter speed, ada baiknya mengetahui terlebih dulu apa definisinya. Sebenarnya shutter speed itu sendiri adalah jarak waktu saat shutter kamera terbuka sehingga memungkinkan cahaya masuk dan mengenai sensor …

Cara Tepat Setting Shutter Speed untuk Memotret Objek Bergerak

 Cara Tepat Setting Shutter Speed untuk Memotret Objek Bergerak
  • Penulis: jpckemang.com
  • Tanggal Terbit: 12/22/2022
  • Ulasan: 3.28 (248 vote)
  • Ringkasan: Tunggulah subjek Anda dalam ancang-ancang pengambilan gambar Anda. Ketika Anda melihat subjek Anda datang, siapkan dan arahkan kamera Anda ke subjek. Saat cukup …
  • Hasil pencarian yang cocok: Sekali lagi, shutter speed adalah hal yang diunggulkan dalam kamera ini. Shutter speed Lumix S1 dan Lumix S1R mencapai 1/8.000 detik dalam mode rana mekanis dan rana elektronik untuk foto diam. Mode Electronic First Curtain Shutter (EFCS) juga …

Shutter speed kamera dan contoh penggunaan shutter speed

  • Penulis: siipung.com
  • Tanggal Terbit: 08/05/2022
  • Ulasan: 2.99 (526 vote)
  • Ringkasan: Ada mode untuk itu juga. Mode Shutter priority memungkinkan Anda untuk mengatur Shutter speed, sementara kamera akan mengatur otomatis sisanya. Itu cara yang …

Berikut Langkah Mengatur Shutter Speed pada Kamera HP

  • Penulis: dorangadget.com
  • Tanggal Terbit: 02/09/2022
  • Ulasan: 2.82 (152 vote)
  • Ringkasan: Langkah Mengatur Shutter Speed Pada Kamera HP · Unduh dan instal aplikasi untuk shutter speed yang ada di Google, seperti App Camera FV-5 Lite · Setelah berhasil …

Memahami Shutter Speed Fotografi dan Cara Mengaturnya

  • Penulis: pixel.web.id
  • Tanggal Terbit: 01/29/2022
  • Ulasan: 2.85 (199 vote)
  • Ringkasan: Cara Mengatur Shutter Speed · Mode kamera shutter priority “S“, Anda dapat mengubah nilai shutter tetapi ISO dan aperture tetap diset kamera …
  • Hasil pencarian yang cocok: Menyikapi efek yang timbul akibat perubahan kecepatan rana, Anda dapat mengatur nilai aperture dan ISO agar exposure tetap seimbang. Namun pengaturan harus tepat karena ketiga element saling berkaitan erat satu dengan lainnya dalam menghasilkan …

Cara Mengubah Shutter Speed Kamera Di Android

  • Penulis: beritateknologi.id
  • Tanggal Terbit: 05/08/2022
  • Ulasan: 2.75 (126 vote)
  • Ringkasan: Langkah 5. Setelah langkah di atas, kamu akan mencapai ke menu kamera di sidebar dari mana kamu dapat dengan mudah mengatur Shutter Speed kamera dengan memilih …

Ini Lho, Cara Setting Kamera HP Seperti DSLR di Android

  • Penulis: radarjambi.co.id
  • Tanggal Terbit: 10/06/2022
  • Ulasan: 2.64 (159 vote)
  • Ringkasan: Jika Anda mengatur shutter speed yang lebih cepat, maka exposure yang dihasilkan lebih sedikit dan gambar lebih tajam. Sebaliknya, shutter speed …

Cara Setting Shutter Speed Sony A6000 – Jadiberkah.com

  • Penulis: jadiberkah.com
  • Tanggal Terbit: 09/29/2022
  • Ulasan: 2.48 (200 vote)
  • Ringkasan: Saran tentang cara menyetel kecepatan rana sangat mudah jika Anda memahami objek yang akan ditangkap. Sebelum mengatur shutter speed, …

Teknik Slow Shutter Speed Photography Untuk Pemula

  • Penulis: redaksi.pens.ac.id
  • Tanggal Terbit: 04/24/2022
  • Ulasan: 2.3 (184 vote)
  • Ringkasan: Shutter Atur kecepatan shutter speed pada kamera hingga mendapatkan efek lembut atau blur pada benda bergerak di belakang objek foto potrait …
  • Hasil pencarian yang cocok: Slow Speed merupakan salah satu teknik memotret dengan menggunakan shutter speed yang rendah. Angkanya adalah mulai dari lebih dari 2 detik hingga seper tiga puluh detik (1/30s). Slow Speed biasanya digunakan pada saat kondisi objek background minim …

Cara setting shutter speed kamera A51 gimana? – Samsung Members

  • Penulis: r1.community.samsung.com
  • Tanggal Terbit: 11/13/2022
  • Ulasan: 2.37 (132 vote)
  • Ringkasan: Cara setting shutter speed kamera A51 gimana? … Pakai mode PRO gan, itu pun kalo ada A51.. … di mode pro juga ga ada fitur ubah shutter speed …

Dasar-dasar Kamera (Fotografi) : ISO, Shutter Speed And Aperture

  • Penulis: fisipol.uma.ac.id
  • Tanggal Terbit: 11/07/2022
  • Ulasan: 2.29 (163 vote)
  • Ringkasan: SHUTTER SPEED · Saat memotret dengan tangan, Anda tidak ingin shutter speed Anda di bawah 1/100. Ya, ini seperseratus detik. · Semakin tinggi …
  • Hasil pencarian yang cocok: Jika kita akan membandingkan lensa kamera dengan mata manusia, aperture lensa akan sama dengan pupil mata Anda. Seperti yang mungkin Anda ketahui, pupil mata berubah dengan jumlah cahaya yang tersedia, aperture kamera digunakan untuk hal itu. …

Cara Ubah Kecepatan [Shutter Speed] Kamera di Android

  • Penulis: sumekar31.com
  • Tanggal Terbit: 04/16/2022
  • Ulasan: 2.12 (160 vote)
  • Ringkasan: Metode ini cukup sederhana dan mudah dan kamu hanya perlu menginstal satu aplikasi dan menggunakannya untuk mengatur Shutter rana kamera Android kamu. Jadi …