11 Makanan agar Cepat Kontraksi, Proses Persalinan Lancar

Pada artikel ini kami akan menjelaskan Cara cepat kontraksi Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Jakarta

Melalui proses kontraksi saat menjelang persalinan adalah periode yang bisa dibilang kurang nyaman bagi Bunda. Karena itu, wajar jika Bunda ingin agar proses ini bisa cepat berlalu dan mencari cara agar dapat mempercepat kontraksi.

Salah satu hal yang sering direkomendasikan adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan atau minuman yang dapat membantu agar cepat kontraksi dan agar proses kehamilan pun lancar.

Makanan agar cepat kontraksi

Berikut daftar beberapa makanan agar cepat kontraksi seperti dilansir dari Healthline dan Parenting First Cry:

1. Nanas

Tidak ada yang semanis nanas segar. Dan jika Bunda menikmati rasa dan manfaat nutrisinya, maka nikmatilah. Nanas sangat tinggi vitamin C dan tinggi nutrisi lain seperti mangan.

Selain itu enzim yang terdapat dalam nanas, yang disebut bromelain, dipercaya akan melunakkan serviks Bunda dan memicu kontraksi, tetapi belum ada penelitian yang secara khusus membuktikan ini.

2. Kurma

Buah kurma memiliki banyak khasiat dan manfaat. Di antara kualitas lainnya, kurma juga tinggi serat dan antioksidan. Penelitian menunjukkan bahwa kurma mungkin membantu menginduksi atau mempercepat kontraksi

Meskipun itu bukan uji klinis acak, studi prospektif 2011 menemukan bahwa wanita yang makan kurma dalam 4 minggu terakhir sebelum persalinan cenderung tidak perlu diinduksi.

Penelitian lainnya, antara lain Uji klinis acak 2013 dan satu lagi diterbitkan pada tahun 2017, menyarankan bahwa makan kurma juga dapat mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan dalam persalinan atau mengurangi kebutuhan augmentasi, seperti penggunaan oksitosin untuk mempercepat persalinan.

3. Makanan pedas

Hidangan India yang harum pedas, makanan Italia, atau makanan Thailand dengan rasa pedas adalah salah satu cara untuk mempercepat kontraksi.

Survei di studi 2011 menunjukkan bahwa banyak orang percaya makanan pedas akan menyebabkan kontraksi. Untuk semua orang yang bersumpah bahwa hidangan kari yang lezat membuat mereka melahirkan, Bunda akan menemukan seseorang yang percaya bahwa hidangan yang sarat dengan paprika cocok untuk mereka.

Tetapi Penelitian dari tahun 2014 menyarankan agar Bunda mempertimbangkan untuk membicarakannya dengan dokter Bunda sebelum memesan hidangan super pedas dengan mempertimbangkan tujuan ini.

4. Terong

Apakah terong tampak seperti kandidat yang tidak mungkin untuk melahirkan? Tidak demikian menurut puluhan ibu hamil yang makan parmesan terong di sebuah restoran di Georgia bernama Scalini’s.

Sekali lagi, tidak ada penelitian resmi tetapi banyak foto bayi yang menggemaskan di tempat ini. Dan yang lain bersumpah bahwa hidangan Parmesan terong pada umumnya telah membuat mereka melahirkan.

5. Teh daun raspberry

Menyeruput secangkir teh daun raspberry terdengar seperti cara yang bagus untuk memulai persalinan. Namun, tidak ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa teh daun raspberry atau tablet daun raspberry ini benar-benar berfungsi.

Satu penelitian pada hewan tahun 2009 bahkan mempertanyakan apakah benar-benar aman menggunakan daun raspberry selama kehamilan. Diperlukan lebih banyak penelitian, jadi Bunda mungkin ingin berbicara dengan dokter sebelum menyeduh.

6. Akar licorice

Akar licorice, yang memiliki sejarah panjang sebagai obat herbal untuk banyak kondisi, terkadang disebut-sebut sebagai pemicu kontraksi – tetapi ini salah satu yang harus Bunda hindari.

The National Center for Complementary and Integrative Medicine memperingatkan bahwa konsumsi berat dapat menyebabkan persalinan prematur dan potensi masalah kesehatan untuk bayi Bunda. Jadi sebaiknya dihindari.

7. Pepaya hijau

Pepaya hijau mentah kaya akan enzim Papin. Daun pepaya mengandung lateks, yang berfungsi sebagai prostaglandin dan oksitosin dan dapat membantu memulai kontraksi. Semakin pepaya matang, semakin banyak papin yang hilang, oleh karena itu mengonsumsi pepaya matang tidak akan berpengaruh apa pun untuk mempercepat kontraksi.

8. Bawang putih

Bawang putih merangsang usus, membantu mengosongkannya yang dapat membantu mempercepat kontraksi. Ini adalah salah satu makanan paling populer untuk menginduksi persalinan.

9. Minyak jarak

Minyak jarak yang diekstraksi langsung dari biji tanaman merupakan salah satu makanan yang mempercepat persalinan. Banyak Bunda di India telah menggunakan minyak jarak untuk menginduksi persalinan selama berabad-abad.

Meskipun konsumsi minyak jarak aman, namun dapat menyebabkan muntah dan diare dalam kasus yang jarang terjadi, yang bisa sangat tidak nyaman selama persalinan.

10. Teh jinten

Jinten adalah bantuan umum dalam masalah saluran pencernaan. Ini memberikan kelegaan dari kembung dan membantu memulai siklus menstruasi. Ini juga dapat digunakan untuk mempercepat kontraksi. Tambahkan sedikit gula atau madu agar rasanya lebih enak jika Bunda tidak suka rasanya.

11. Minyak evening primrose

Minyak evening primrose adalah sesuatu yang kebanyakan bidan akan merekomendasikan wanita hamil yang ingin menginduksi persalinan. Tubuh mengubah zat dalam minyak menjadi prostaglandin. Ini membantu dalam melembutkan serviks, menghasilkan kontraksi yang diinduksi.

Selain makanan, Bunda juga masih memiliki pilihan lain. Bicaralah dengan kelompok orang tua mana pun dan tanyakan kepada mereka cara memulai persalinan, dan kemungkinan besar Bunda akan menemukan beberapa rekomendasi lainnya termasuk:

  • Olahraga
  • seks
  • rangsangan puting
  • akupunktur atau akupresur
  • Tentu saja, menunggu, dan menemui dokter adalah yang terbaik.

Intinya: Tidak ada yang tetap hamil selamanya. Tetapi mencapai titik saat Bunda merasa siap untuk melanjutkan dan melahirkan Si Kecil adalah hal yang normal.

Jika dokter setuju bahwa tidak masalah untuk makan makanan tertentu ketika Bunda mencapai usia penuh hanya untuk melihat apakah itu mempercepat kontraksi, Bunda bisa mengonsumsinya.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan video tentang 5 tanda ketuban pecah:

[Gambas:Video Haibunda]

(pri/pri)