[Easy] 10+ cara membuat tepung beras tanpa blender terbaru lengkap

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara membuat tepung beras tanpa blender Kamu bisa cek penjelasan lengkap dari kami. Karena kebetulan kami pernah mengalaminya dan ingin sharing di artikel ini.

Tepung beras organik

Anak autisi tidak diperkenankan mengonsumsi sembarang makanan berbahan tepung-tepungan, khususnya tepung terigu, tepung tapioka, tepung singkong, tepung kentang, tepung ketan, tepung jagung, dan tepung kedelai.

Mereka hanya boleh mengonsumsi makanan berbahan tepung beras, tepung sagu, dan tepung sorgum. Ini terkait dengan diet bebas gluten yang dijalani anak autisi selama menjalani terapi, pemberian obat dan suplemen.

Saya biasanya mengolah aneka camilan putra saya yang autisi dari tepung beras dan tepung sagu. Tepung berasnya harus home-made alias buatan sendiri. Kadang saya beli berasnya sendiri sesuai jadwal rotasi dan eliminasi diet, masing-masing 1 kilogram (kg), baru saya giling ke tukang tepung.

Mengapa tepung berasnya harus dibuat sendiri? Kan banyak tuh yang jual tepung beras organik.

Alasannya karena rotasi menu makanan masing-masing anak autisi itu berbeda. Misalnya anak saya, Senin dia makan beras Inpari-32, Selasa Ciherang, dan Rabu Sertani.

Ini artinya Senin itu anak saya harus makan camilan dari tepung yang terbuat dari beras Inpari-32, Selasa makan camilan dari tepung yang terbuat dari beras Ciherang, Rabu makan camilan dari tepung yang terbuat dari beras Sertani. Begitu seterusnya sampai Minggu.

Perlu digarisbawahi bahwa Rotasi dan Eliminasi Diet ini dijalankan oleh anak autisi yang menjalani terapi Smart ABA. Diet ini bukan sembarang diet, sebab orang tua di bawah pengawasan dokter akan melakukan pemantauan terhadap anak menggunakan Tabel BALSH.

cara membuat tepung beras

Apabila ada yang mengklaim tepung beras yang dijual organik, kita perlu memastikan jenis beras yang digunakan untuk membuat tepung beras tersebut.

Kalo beli snack untuk autisi yang dijual online, boleh gak?

Jujur, saya pernah iseng searching penjual makanan online yang mengklaim snack buatannya aman untuk autisi atau anak berkebutuhan khusus (ABK). Pas saya lihat komposisinya, saya masih mendapati gula aren, madu, atau malah ada yang mengandung tepung tapioka atau tepung kentang.

Kalo kita tetap beli snack online untuk anak autisi kita, itu sama artinya kita membiarkan diet anak bocor. Daripada sia-sia, mending kita bikin sendiri snacknya di rumah.

Cara Membuat Tepung Beras

Pada dasarnya cara membuat tepung beras home-made itu simpel banget. Kita cuma butuh alat penepung untuk menghaluskan beras.

Banyak kok alat pembuat tepung beras mini yang dijual online. Kalo gak punya ya cukup pakai blender aja. Sebaiknya blender kaca ya.

Berikut adalah cara membuat tepung beras sederhana di rumah. Mudah kok, silakan dipraktikkan sendiri.

Bahan

  • Beras
  • Air untuk merendam
  • Blender
  • Saringan santan

Cara membuat

  • Cuci beras sampai bersih, kemudian rendam dalam air minimal enam jam.
  • Tiriskan beras setelah direndam sampai kering, hingga tidak ada lagi air rendaman yang menetes.
  • Siapkan blender, taruh beras secukupnya di dalam blender, kemudian haluskan.
  • Saring beras setelah dihaluskan dengan sharingan santan. Jika masih ada tepung yang menggumpal, haluskan lagi dengan blender bersama beras berikutnya.
  • Setelah semua beras disaring, sangrai beras sampai kering dengan wadah kaca, simpan dalam wadah tertutup.
  • Untuk hasil maksimal, jemur atau angin-anginkan sebentar beras yang sudah disangrai.
  • Bikin tepung beras home-made gak perlu terlalu banyak. Sesuaikan dengan kebutuhan pembuatan snack anak kita secukupnya, kecuali berniat menghaluskan beras ke tukang tepung di pasar tradisional.

Jenis-jenis Beras untuk Diet Anak Autisi

Beras adalah makanan pokok orang Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Sebagian besar varietas padi yang ditanam petani sekarang adalah Ciherang, Pandan Wangi, Mentik Susu, Inpari, dan IR-64 (Setra Ramos).

Pabrik-pabrik penggilingan padi sekarang banyak yang mencampur atau blending beberapa varietas beras untuk menghasilkan beras dengan karakteristik tertentu yang disukai konsumen. Dari sana muncul lah nama-nama baru, seperti beras-beras kemasan yang biasa kita jumpai di mini market.

Biasanya sih penggilingan padi yang memproduksi beras dengan mencantumkan label varietas, biasanya mereka menanam padi sendiri atau bekerja sama dengan petani atau kelompok tani tertentu. Kualitasnya sudah pasti terjamin.

Kedua, mayoritas penggilingan padi atau pedagang beras memproduksi atau menjual beras campuran dari berbagai varietas padi. Terjawab sudah mengapa harga beras yang mencantumkan nama varietas sedikit lebih mahal dari beras yang dijual biasa di pasaran.

Saya misalnya membeli 1 kg beras putih Ciherang dengan harga Rp 32 ribu per kg. Padahal, harga beras kualitas medium di pasaran hanya di kisaran Rp 9.300-10.800 per kg.

cara membuat tepung beras

Alasan lain beras organik lebih mahal karena bebas pestisida dan zat kimia berbahaya lainnya. Beras organik diproses alami, tanpa bahan kimia, mulai dari penyiapan lahan, penyiangan, pemupukan, hingga pemanenan. Beras organik bebas pemutih dan lebih rendah kolesterol.

Beli beras organik di mana?

Beberapa teman yang DM saya mengeluhkan sulitnya memperoleh beras organik dengan banyak varian. Kebanyakan alasannya karena tinggal di desa, jauh dari kota.

Nah, berikut saya merekomendasikan tempat-tempat pembelian beras organik yang bisa kita beli online. Postingan berikut sama sekali gak mengandung iklan loh, soalnya saya pakai sendiri. Hehehe.

1. Beras Organik Pringkasap

Saya pakai empat jenis beras dari Pringkasap, yaitu Ciherang, Sertani, Inpari-32, dan Inpari-24 (Beras Merah). Kebetulan petani yang mengembangkan produk-produk beras organik ini adalah alumnus IPB.

Namanya Mas Dedi Mulyadi, asal dari Desa Pringkasap, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang. Mas Dedi ini lulusan Teknologi Produksi dan Pengembangan Masyarakat Pertanian (TPPMP) IPB.

Mas Dedi membentuk Komunitas Petani Organik Paguyuban Bumi Mandiri sejak 2012. Bersama-sama mereka mengembangkan solusi pertanian menggunakan Pupuk Organik Hayati (POH) DEKA untuk mengembalikan kesuburan tanah dan menerapkan pertanian organik.

Beras organik Pringkasap terdiri dari beras putih, beras merah, dan beras hitam. Harga jual Rp 20-30 ribuan dan semua dikemas dengan kemasan vakum.

Saya paling banyak beli beras ini karena produsennya bukan cuma memproduksi beras, tapi juga bisa saya minta tolong untuk membuatkan saya tepung beras per jenis untuk diet komprehensif Rashif. Alhamdulillah. Buat yang butuh bantuan sama seperti saya, bisa pesan di nomor berikut.

(Sumber : https://muthebogara.blog/2020/12/30/cara-membuat-tepung-beras-diet-anak-autis/)

Top 14 cara membuat tepung beras tanpa blender menjelaskan Nha Xinh

Apakah blender bisa menghaluskan beras?

  • Penulis: jawabanapapun.com
  • Tanggal Terbit: 05/20/2022
  • Ulasan: 4.95 (738 vote)
  • Ringkasan: Biasanya tepung ini digunakan untuk membuat camilan dan kue tradisional Indonesia seperti kue cucur atau bubur sumsum. Dengan alat dan bahan …

4 Cara Membuat Masker Beras untuk Kulit Wajah Bebas dari Jerawat, Mudah dan Ampuh

  • Penulis: corteva.id
  • Tanggal Terbit: 02/14/2022
  • Ulasan: 4.49 (326 vote)
  • Ringkasan: Buat beras menjadi tepung beras, rendam beras secukupnya dalam suatu wadah. Kemudian, rendam selama setengah hari tiriskan dan tumbuk menjadi tepung halus.
  • Hasil pencarian yang cocok: Jerawat memang bukanlah penyakit kulit yang berbahaya, tetapi wajah yang berjerawat akan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat tersebut, bahkan saat ini ada berbagai macam perawatan …

cara membuat tepung beras tanpa blender

  • Penulis: merekbagus.co.id
  • Tanggal Terbit: 06/23/2022
  • Ulasan: 4.19 (467 vote)
  • Ringkasan: MerekBagus.Co.Id – Makanan Pendamping Air Susu Ibu lebih dikenal dengan MPASI memang mulai diberikan pada bayi yang sudah berusia 6 bulan.

Cara Membuat Tepung Beras Sendiri Dirumah Dengan Mudah

Cara Membuat Tepung Beras Sendiri Dirumah Dengan Mudah
  • Penulis: rumahmesin.com
  • Tanggal Terbit: 12/31/2022
  • Ulasan: 4 (404 vote)
  • Ringkasan: Beli beras cokelat atau beras putih (sesuaikan dengan jenis tepung yang ingin Anda buat). · Beli blender atau mikser yang bisa digunakan untuk …
  • Hasil pencarian yang cocok: Masalah yang kerap kali timbul pada wajah ialah jerawat. Datangnya jerawat sendiri cukup menganggu penampilan anda. Saat ini, anda dapat mencegah jerawat dengan menggunakan maske dari tepung beras. Kandungannya mampu mencegah bakteri agar tidak …

25 Resep kue dari tepung beras, enak, mudah, dan praktis

25 Resep kue dari tepung beras, enak, mudah, dan praktis
  • Penulis: briliofood.net
  • Tanggal Terbit: 11/29/2022
  • Ulasan: 3.97 (285 vote)
  • Ringkasan: Kocok, bisa gunakan whisker atau mikser. Hingga gula larut dan pucat. 3. Masukkan santan kental, aduk lagi hingga rata. 4. Masukkan tepung beras …
  • Hasil pencarian yang cocok: Cara membuat:1. Rebus air, gula merah, dan daun pandan hingga gula larut, angkat dan dinginkan.2. Dalam baskom campur tepung beras dan terigu lalu masukkan tape singkong halus, aduk rata, lalu tuangi air gula merah sambil diaduk memakai tangan …

Perbedaan Tepung Beras dan Tepung Ketan: Bisa Dibuat Masakan Apa Saja?

Perbedaan Tepung Beras dan Tepung Ketan: Bisa Dibuat Masakan Apa Saja?
  • Penulis: boladeli.id
  • Tanggal Terbit: 01/15/2023
  • Ulasan: 3.76 (376 vote)
  • Ringkasan: Cara membuat tepung beras cukup sederhana. Beras yang sudah bersih direndam ke dalam air dan dibiarkan selama beberapa jam. Kemudian, beras digiling sampai …
  • Hasil pencarian yang cocok: Nah, ada banyak jenis makanan dari tepung beras yang bisa Deli Moms buat, baik untuk konsumsi sendiri atau untuk berjualan. Bagi Deli Moms yang sedang menjalani diet bebas gluten, maka contoh masakan dari tepung beras di bawah ini bisa menjadi …

7 Resep Takjil dari Tepung Beras tanpa Minyak

  • Penulis: fimela.com
  • Tanggal Terbit: 08/26/2022
  • Ulasan: 3.51 (433 vote)
  • Ringkasan: Cara Membuat · 1. Campur tepung beras, tepung tapioka, garam, dan vanili. Aduk rata. · 2. Tuang santan. Aduk rata, saring, lalu bagi menjadi dua …

Buat Tepung Beras Sendiri | Intan Rastini – WordPress.com

  • Penulis: intanrastini.wordpress.com
  • Tanggal Terbit: 11/10/2022
  • Ulasan: 3.29 (515 vote)
  • Ringkasan: Buat Tepung Beras Sendiri · Rendam beras merah di dalam mangkok selama 24 jam pada suhu ruang. · Cuci bersih beras dari air rendaman lalu tiriskan …

Membuat Tepung Beras – Cobek Corner – WordPress.com

  • Penulis: cobekcorner.wordpress.com
  • Tanggal Terbit: 06/17/2022
  • Ulasan: 3.02 (413 vote)
  • Ringkasan: Rendam besar dengan air secukupnya selama semalam. Cuci bersih dan tiriskan · Proses dengan blender/food processor/tumbuk hingga menjadi tepung …

Cara Membuat Tepung Beras Sendiri di Rumah, Ternyata Mudah!

  • Penulis: sajiansedap.grid.id
  • Tanggal Terbit: 11/14/2022
  • Ulasan: 2.92 (113 vote)
  • Ringkasan: 1. Cuci dan Rendam Tepung Beras · 2. Tiriskan dan Keringkan. Langkah kedua, tiriskan beras dengan saringan halus selama 10-15 menit. · 3. Blender …

Resep Simple & Cara Membuat Beras Kencur untuk Jaga Imun & Stamina Tubuh

Resep Simple & Cara Membuat Beras Kencur untuk Jaga Imun & Stamina Tubuh
  • Penulis: superapp.id
  • Tanggal Terbit: 07/30/2022
  • Ulasan: 2.71 (132 vote)
  • Ringkasan: 2. Cuci beras terlebih dahulu · Siapkan dan cuci bersih beras terlebih dahulu. Jika diperlukan, cuci berkali-kali hingga kotoran yang ada pada …
  • Hasil pencarian yang cocok: Untuk mendapatkan rasa beras kencur yang enak sekaligus berkhasiat, Sedulur disarankan untuk memakai beras putih premium berkualitas tinggi. Dengan memilih bahan utama yang baik, faedah utamanya yakni untuk meningkatkan ketahanan dan imun tubuh bisa …

Cara Membuat Masker Wajah dari Beras dengan Mudah, Simak!

  • Penulis: kumparan.com
  • Tanggal Terbit: 12/14/2022
  • Ulasan: 2.62 (105 vote)
  • Ringkasan: Setelah merendam beras selama kurang lebih 12 jam, tiriskan air rendaman beras hingga tersisa beras saja tanpa air. 3. Tumbuk atau blender beras.

Cara Membuat Tepung Beras Sendiri Untuk Membuat Kue Tradisional

  • Penulis: femina.co.id
  • Tanggal Terbit: 02/23/2022
  • Ulasan: 2.64 (87 vote)
  • Ringkasan: 3/ Haluskan beras menggunakan blender dingga butirannya menjadi tepung. Jangan menghaluskan beras sekaligus. Lebih baik lakukan proses …

Proses Pembuatan Tepung Beras Yang Berkwalitas dan Tahan Lama Tanpa Pengawet

  • Penulis: ayobelajarmasak.com
  • Tanggal Terbit: 10/13/2022
  • Ulasan: 2.51 (185 vote)
  • Ringkasan: Proses Pembuatan Tepung Beras Yang Berkwalitas dan Tahan Lama Tanpa Pengawet · CARA PRAKTIS BIKIN TEPUNG BERAS SENDIRI YANG AWET · PROSES PEMBUATAN TEPUNG BERAS …