Simak 23 cara memilih foundation sesuai warna kulit sempurna

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih foundation sesuai warna kulit Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Video cara memilih foundation sesuai warna kulit

Cara memilih foundation sesuai warna kulit memang tidak bisa sembarangan. Sebab, salah dalam memilih dan menggunakan foundation dapat berisiko menyebabkan tampilan wajah jadi tidak prima. Nah, agar tidak salah, sebaiknya ketahui cara memilih warna foundation yang tepat melalui artikel berikut ini.

Cara memilih foundation sesuai warna kulit

Cara memilih warna foundation sesuai jenis kulit mungkin kerap menghabiskan banyak waktu.

Bagaimana tidak? Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan selama memilih foundation make up yang bagus agar sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Maka dari itu, setiap orang membutuhkan jenis dan warna foundation yang berbeda-beda. Yuk, ketahui cara memilih foundation sesuai jenis kulit Anda di bawah ini.

1. Ketahui jenis kulit wajah

Pastikan untuk memilih foundation yang tepat sesuai jenis kulit wajah

Salah satu cara memilih foundation sesuai harus mempertimbangkan jenis kulit wajah. Pasalnya, jenis kulit wajah dapat membantu dalam tips memilih foundation yang tepat.

Misalnya, jika Anda memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat, sebaiknya pilih foundation dengan hasil akhir matte. Efek matte mampu menyerap kelembapan dan mencegah kulit wajah semakin bersinar.

Foundation untuk kulit berminyak dan berjerawat, serta kulit sensitif sebaiknya memiliki formula noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori.

Pemilik kulit sensitif juga perlu memilih foundation yang tidak mengandung wewangian agar tidak berisiko mengiritasi kulit.

Sedangkan, foundation untuk kulit kering sebaiknya memiliki formula yang melembapkan. Anda bisa menemukannya dalam bentuk liquid atau stick.

Bagi pemilik kulit kombinasi, sebaiknya menghindari penggunaan foundation yang menyebabkan kulit wajah tampak berminyak.

Anda bisa pula mencoba beberapa formula yang berbeda guna melihat mana foundation make up yang bagus untuk kulit.

2. Kenali warna dasar kulit

Warna dasar kulit dapat memengaruhi warna foundation

Cara memilih foundation berikutnya adalah dengan mengenali warna dasar kulit. Warna dasar kulit dapat memengaruhi warna foundation yang Anda gunakan akan terlihat bagus atau tidak di wajah.

Pada dasarnya, warna dasar kulit dapat dikelompokkan menjadi tiga warna, yaitu cool (dingin), warm (hangat), dan natural (netral).

Cara memilih warna foundation melalui warna dasar kulit bisa melalui pembuluh darah di pergelangan tangan.

Orang yang memiliki pembuluh darah berwarna biru maka cocok menggunakan warna foundation bernuansa dingin.

Nuansa warm pada produk foundation umumnya cocok bagi pemilik pembuluh darah berwarna hijau.

Kemudian, orang-orang yang memiliki pembuluh darah berwarna keunguan bisa memilih foundation dengan warna netral.

Misalnya, apakah warna dasar kulit Anda cocok dengan pilihan warna foundation, seperti ivory, beige, tan, dark brown, bronze brown, dan lainnya.

Cara memilih warna foundation akan semakin mudah karena sejumlah produsen kecantikan ada yang memberi label sesuai dengan warna dasar kulit.

3. Tentukan coverage foundation

Anda bisa memilih tingkat coverage foundation penuh, sedang, atau tipis

Tips memilih foundation juga perlu menentukan tingkat coverage foundation.

Misalnya, apakah Anda menginginkan tingkat coverage yang penuh, sedang, atau tipis.

Anda bisa menentukan jenis coverage tergantung dari tampilan yang ingin dihasilkan dari pemakaian foundation. Kemudian, sesuaikan dengan tingkat coverage yang disediakan oleh foundation.

Bagi Anda yang memiliki masalah bruntusan di wajah, bekas jerawat, jerawat meradang, lingkaran hitam di area mata, hingga pigmentasi (warna kulit tidak merata) biasanya membutuhkan foundation dengan tingkat coverage sedang hingga penuh.

4. Pilih tekstur foundation

Foundation hadir dalam bentuk cair, krim, hingga bubuk

Tekstur foundation juga menjadi cara memilih foundation yang tepat. Pasalnya, setiap tekstur foundation memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya:

  • Foundation cair. Jenis foundation yang paling ringan dan mudah untuk dioleskan pada wajah. Meski berbahan dasar air, bukan berarti foundation ini bebas dari kandungan minyak. Umumnya, foundation cair berbasis air bisa digunakan oleh pemilik kulit normal, berminyak, hingga kering.
  • Foundation krim. Foundation krim bisa digunakan untuk kulit normal hingga sangat kering. Foundation krim mengandung minyak dan bertekstur tebal. Biasanya jenis foundation ini memiliki tingkat coverage yang sangat baik sehingga cocok untuk menyamarkan noda bekas jerawat hingga masalah mata panda.
  • Foundation bubuk atau tabur. Sesuai teksturnya, tipe foundation ini cenderung sangat kering dan tanpa air sama sekali. Foundation yang bagus untuk kulit berminyak ini cocok digunakan agar mencegah tampilan kulit yang semakin berkilau atau berminyak.

5. Coba foundation di area leher

Setelah mengetahui warna dan tekstur foundation yang digunakan, Anda bisa mencobanya pada area leher atau rahang.

Beberapa orang ada yang mencoba foundation pada punggung tangan. Padahal, warna kulit punggung tangan dan wajah tentu berbeda.

6. Coba foundation di pencahayaan yang berbeda

Cara memakai foundation yang paling baik adalah di bawah pencahayaan yang beragam, seperti di dalam dan luar ruangan.

Hasil warna foundation make up yang bagus akan menyatu alami dengan warna dasar kulit.

Jika warna foundation dan dasar kulit menghasilkan warna abu-abu, tidak nyata, terlalu gelap, terlalu terang, atau hasilnya tampak berminyak, ini berarti foundation tersebut tidak bagus dan tidak tepat untuk Anda.

Cara pakai foundation yang benar

Setelah mengetahui cara memilih foundation sesuai warna kulit, kini saatnya Anda mengetahui cara memakai foundation yang benar.

Jangan sampai foundation make up yang bagus sudah ada di tangan, tetapi cara pakainya tidak tepat atau sembarangan. Akibatnya, penampilan Anda akan jadi terlihat kurang prima.

Lantas, bagaimana cara memakai foundation yang tepat? Simak langkah-langkah memakai foundation berikut ini.

  • Persiapkan wajah Anda.
  • Siapkan spons atau beauty blender make up untuk membantu mengaplikasikan foundation dengan hasil akhir yang tampak alami dan halus. Anda juga bisa menggunakan kuas untuk membantu mengaplikasian foundation jenis powder atau tabur dengan tingkat coverage ringan hingga sedang.
  • Bubuhkan foundation tipis-tipis pada area wajah, seperti dahi, pipi, dan dagu. Cara memakai foundation secara tipis-tipis sebenarnya dapat membantu mencegah kemungkinan foundation jadi retak atau pecah, serta memastikan foundation menyatu dengan warna kulit.
  • Selanjutnya, baurkan menggunakan spons atau beauty blender sampai merata.
  • Jika pakai kuas, ambil foundation tabur menggunakan kuas dengan cara memutarnya. Lalu, ketuk kuas pada untuk menghilangkan kelebihan foundation dan aplikasikan pada area wajah yang lebih besar dengan gerakan memutar.
  • Ulangi pemakaian foundation ketika masih ada area wajah atau masalah kulit yang kurang tersamarkan dengan baik.
  • Anda bisa melanjutkan dengan penggunaan produk make up lainnya seperti biasa. Misalnya, menggunakan concealer, translucent powder, bedak, maskara, eyeliner, blush on, highlighter, dan lipstik untuk melengkapi penampilan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Make Up Natural, Simak Tutorialnya

Setelah mengetahui cara memilih warna foundation yang tepat di atas, tentu Anda tidak akan salah lagi dalam merias wajah.

Jangan lupa untuk menemukan ragam produk foundation make up yang bagus di Toko Online SehatQ.

Top 23 cara memilih foundation sesuai warna kulit menjelaskan Nha Xinh

Tips Kecantikan: 3 Cara Memilih Shades Foundation Sesuai Warna Kulit

  • Penulis: suaramerdeka.com
  • Tanggal Terbit: 06/22/2022
  • Ulasan: 4.8 (795 vote)
  • Ringkasan: Memilih shades foundation yang tepat dengan warna kulit adalah salah satu cara agar terlihat sempurna. Baca Juga: Akhirnya Kasus Pembunuhan …

Hindari Kesalahan Ini Saat Memilih Warna Foundation 

  • Penulis: lookecosmetics.com
  • Tanggal Terbit: 04/26/2022
  • Ulasan: 4.78 (357 vote)
  • Ringkasan: Padahal, warna kulit tangan kita dan warna kulit wajah kita bisa saja berbeda. Maka dari itu, agar tidak salah memilih warna foundation atau cushion, …

Girls, Ini 7 Cara Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit – DokterSehat

  • Penulis: doktersehat.com
  • Tanggal Terbit: 11/16/2022
  • Ulasan: 4.53 (376 vote)
  • Ringkasan: Cara Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit · 1. Kenali Warna Kulit · 2. Identifikasi Undertone Kulit · 3. Lakukan Tes Terlebih Dahulu · 4. Swatch …

Supaya Nggak Jadi ‘Abu-Abu’, Ini Cara Pilih Foundation Sesuai

  • Penulis: beautynesia.id
  • Tanggal Terbit: 11/19/2022
  • Ulasan: 4.07 (574 vote)
  • Ringkasan: Foundation berfungsi untuk menyamarkan noda di wajah, serta meratakan warna kulit. Agar makeup terlihat lebih natural, Beauties perlu …
  • Hasil pencarian yang cocok: Warna foundation yang cocok untuk undertone cool yakni, ivory, nude, pink, serta rose. Warna foundation seperti caramel, yellow, beige, satin, serta olive, cocok digunakan pemilik undertone warm. Sedangkan, warna beige, natural beige, bronze, serta …

10 Cara Memilih Warna Foundation yang Sesuai Warna Kulit

  • Penulis: kamini.id
  • Tanggal Terbit: 03/22/2022
  • Ulasan: 3.82 (519 vote)
  • Ringkasan: 10 Cara Memilih Warna Foundation yang Sesuai Warna Kulit · 1. Ketahui Warna Dasar Kulit · 2. Coba Banyak Foundation Bersamaan · 3. Coba Foundation di Rahang Bawah.

Shade Foundation Tidak Sesuai? Ini Tips untuk Memilihnya Sesuai Warna Kulit

  • Penulis: fimela.com
  • Tanggal Terbit: 10/31/2022
  • Ulasan: 3.63 (357 vote)
  • Ringkasan: Wanita yang menggunakan make up seringkali kesulitan untuk menentukan shade foundation sesuai dengan warna kulit. Tak jarang pula kesalahan …

Cara Memilih Warna Foundation yang Tepat Sesuai Tone Kulitmu

  • Penulis: blog.avoskinbeauty.com
  • Tanggal Terbit: 03/20/2022
  • Ulasan: 3.43 (341 vote)
  • Ringkasan: Undertone ini bisa menjadi salah satu cara kamu untuk mencari foundation yang sesuai dengan warna kulit. Tone ini yang akan menentukan apakah …
  • Hasil pencarian yang cocok: Untuk memahami warna foundation yang cocok, kamu dapat mengambil tiga foundation yang paling menyerupai warna kulitmu, satu yang terlihat lebih merah muda, lalu lebih kuning dan yang lain terlihat netral. Oleskan satu garis masing-masing sepanjang …

3 Tips Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit

  • Penulis: chanelmuslim.com
  • Tanggal Terbit: 10/16/2022
  • Ulasan: 3.38 (259 vote)
  • Ringkasan: Cara pertama memilih foundation yang tepat sesuai warna kulit adalah mengetahui dulu warna undertone kulit yang kamu miliki.

Ini Panduan Memilih Warna Foundation yang Sesuai dengan Warna Kulit!

Ini Panduan Memilih Warna Foundation yang Sesuai dengan Warna Kulit!
  • Penulis: finansialku.com
  • Tanggal Terbit: 08/30/2022
  • Ulasan: 3.03 (563 vote)
  • Ringkasan: #1 Cari Tahu Warna Dasar Kulitmu · Untuk kamu yang memiliki undertone cool, maka kamu memiliki kulit yang cenderung berwarna putih. · Untuk kamu …
  • Hasil pencarian yang cocok: Bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak dan cenderung berjerawat, sebaiknya pilihlah foundation yang berbahan dasar minyak atau oil based. Kamu disarankan untuk menggunakan water-based foundation yang cukup ringan dan non-comedogenic agar …

7 Cara Memilih Foundation sesuai Warna Kulit agar Tak Belang

  • Penulis: popmama.com
  • Tanggal Terbit: 10/17/2022
  • Ulasan: 2.94 (110 vote)
  • Ringkasan: 1. Ketahui skin tone melalui warna urat nadi · 2. Jangan coba di tangan · 3. Aplikasikan foundation pada rahang bawah · 4. Gunakan di tempat terang.

Yuk Intip, Ini 5 Tips Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit Kamu

 Yuk Intip, Ini 5 Tips Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit Kamu
  • Penulis: shopback.co.id
  • Tanggal Terbit: 10/22/2022
  • Ulasan: 2.83 (142 vote)
  • Ringkasan: 1. Ketahui warna dasar kulit · 2. Coba foundation di tempat terang · 3. Coba foundation di rahang · 4. Tentukan coverage yang tepat · 5. Sesuaikan dengan jenis …
  • Hasil pencarian yang cocok: Jenis foundation itu banyak banget mulai dari yang cair sampai padat. Nah, ketika memilih foundation kamu juga harus tahu coverage yang kamu inginkan. Jika kamu menginginkan foundation full coverage kamu bisa mencoba menggunakan foundation cair atau …

cara%20memilih%20warna%20foundation?regionid

  • Penulis: lemon8-app.com
  • Tanggal Terbit: 03/15/2022
  • Ulasan: 2.64 (165 vote)
  • Ringkasan: Posting Terkait ; Gambar JANGAN SALAH PILIH FOUNDIE LAGI YA! (1). JANGAN SALAH PILIH FOUNDIE LAGI YA! ; Gambar Tips memilih foundation sesuai warna kulit! (1).

Jangan Sampai Belang, Ikuti Tips Memilih Warna Foundation yang Tepat

  • Penulis: wardahbeauty.com
  • Tanggal Terbit: 08/31/2022
  • Ulasan: 2.57 (175 vote)
  • Ringkasan: Ladies, hindari mencoba foundation di tangan. Warna kulit di bagian tangan sangat berbeda dengan warna kulit wajah. Sebagai gantinya, coba …
  • Hasil pencarian yang cocok: Trik memilih warna foundation berikutnya adalah melihat tingkat coverage-nya. Jika kamu ingin hasil yang flawless tetapi tetap sesuai dengan warna kulit, pilih foundation dengan coverage medium to high. Foundation tipe ini mampu mengoreksi …

6 Tips Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit

  • Penulis: halodoc.com
  • Tanggal Terbit: 07/25/2022
  • Ulasan: 2.52 (155 vote)
  • Ringkasan: 1. Ketahui Dulu Warna Dasar Kulitmu · 2. Coba Foundation di Leher · 3. Coba Foundation di Tempat yang Terang · 4. Pilih Warna Lebih Terang · 6.
  • Hasil pencarian yang cocok: Banyak orang yang mencoba foundation di pergelangan tangan atau punggung tangan mereka. Padahal, warna kulit tangan kadang berbeda dengan warna kulit wajah, lho. Jadi, saat memilih foundation, cobalah oleskan di leher atau di daerah sekitar rahang, …

Cara Memilih Warna Foundation yang Tepat Agar Penampilan Oke!

  • Penulis: harapanrakyat.com
  • Tanggal Terbit: 03/23/2022
  • Ulasan: 2.3 (77 vote)
  • Ringkasan: Nah, untuk menentukan undertone kulit tergolong mudah, yakni dengan melihat pergelangan tangan di bawah cahaya matahari atau lampu. Jika sudah, …

4 Cara Memilih Bedak Sesuai Warna Kulit, Jangan Sampai Belang!

  • Penulis: stylo.grid.id
  • Tanggal Terbit: 02/05/2022
  • Ulasan: 2.33 (91 vote)
  • Ringkasan: Warna bedak yang kamu gunakan harus sama dengan warna foundation yang kamu pakai Stylovers, atau sedikit lebih terang. Sebab digunakan di atas …

Ini Cara Menentukan Shade Foundation Yang Tepat Sesuai Rona

  • Penulis: cosmopolitan.co.id
  • Tanggal Terbit: 11/17/2022
  • Ulasan: 2.22 (104 vote)
  • Ringkasan: Apabila skin tone merupakan warna kulit yang jelas dapat dibedakan dalam sekali pandang, maka kamu perlu memerhatikan kulit lebih jauh ketika …

5 Cara Memilih Warna Foundation dengan Tepat – BeautyHaul

  • Penulis: beautyhaul.com
  • Tanggal Terbit: 05/27/2022
  • Ulasan: 2.06 (57 vote)
  • Ringkasan: 1. Perhatikan Warna Dasar Kulit · 2. Pahami Kebutuhan Makeup · 3. Pertimbangkan Tipe Kulit Wajah · 4. Sesuaikan dengan Kondisi Cuaca · 5. Coba …
  • Hasil pencarian yang cocok: Cara memilih warna foundation dengan undertone cool bisa dilihat dari penampakan warna urat nadi yang berwarna ungu atau kebiruan. Foundation yang bisa dipilih yaitu shade dengan warna creamy beige, ivory, classic ivory, spicy brown, natural tan, …

Cara Memilih Foundation Sesuai Skintone dan Undertone Kulitmu

Cara Memilih Foundation Sesuai Skintone dan Undertone Kulitmu
  • Penulis: blog.marthatilaarshop.com
  • Tanggal Terbit: 04/15/2022
  • Ulasan: 1.92 (163 vote)
  • Ringkasan: Setelah mengetahui undertone, kamu bisa mulai mengira-ngira shade apa yang cocok dengan warna kulit. Misalnya, kamu punya warna kulit terang …

Tips Memilih Warna Foundation dan Warna Bedak yang Cocok di Wajahmu

  • Penulis: ratutips.com
  • Tanggal Terbit: 10/12/2022
  • Ulasan: 1.94 (86 vote)
  • Ringkasan: Contoh kasus : Jika kamu mempunyai kulit wajah berwarna krem (kuning muda), otomatis kita harus memilih warna foundation yang satu tingkat lebih tua dari wana …

Cara Memilih Warna Foundation | Sephora Indonesia

  • Penulis: sephora.co.id
  • Tanggal Terbit: 07/20/2022
  • Ulasan: 1.73 (105 vote)
  • Ringkasan: Hasil yang diinginkan adalah warna kulit yang merata antara kulit wajah dan leher agar sesuai dengan kulit tubuh. Cara terbaik memilih warna foundation …

Tips Memilih Foundation Sesuai dengan Warna Kulit

  • Penulis: merahputih.com
  • Tanggal Terbit: 09/11/2022
  • Ulasan: 1.6 (54 vote)
  • Ringkasan: Hal pertama yang perlu dilakukan ketika mencari foundation adalah mengetahui warna kulit. Terdapat tiga kategori warna kulit untuk disesuaikan …

Ini 7 Cara Tepat Memilih Shade Foundation Sesuai Warna Kulit

 Ini 7 Cara Tepat Memilih Shade Foundation Sesuai Warna Kulit
  • Penulis: review.bukalapak.com
  • Tanggal Terbit: 07/02/2022
  • Ulasan: 1.57 (187 vote)
  • Ringkasan: Yuk, simak cara tepat memilih shade foundation yang sesuai dengan warna kulit berikut ini. · Cari tahu undertone kulit dengan melihat urat nadi, …
  • Hasil pencarian yang cocok: Sudah terlanjur beli tapi ternyata warnanya tidak cocok dengan kulitmu? Jangan langsung dibuang atau dijual. Coba dulu campurkan dengan foundation atau concealer milikmu. Kalau warnanya lebih gelap campurkan dengan foundation atau concealer-mu yang …