15 Sketsa Batik yang Mudah Ditiru, Motif Simple untuk Tugas Sekolah

Pada artikel ini kami akan menjelaskan Cara menggambar batik dibuku gambar yang mudah Kamu bisa cek penjelasan lengkap dari kami. Karena kebetulan kami pernah mengalaminya dan ingin sharing di artikel ini.

Inspirasi sketsa atau motif batik yang mudah ditiru untuk keperluan tugas sekolah anak SD, SMP, hingga SMA. Yuk coba gambar batik mudah berikut!

Salah satu karya seni budaya Indonesia, yakni batik merupakan aset negara yang harus kita lestarikan. Bagaimana tidak, kain bermotif indah ini sudah menjadi identitas masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu.

Tidak jarang juga anak-anak di sekolah juga mendapatkan tugas untuk menggambar motif batik sebagai salah satu upaya guru untuk mengenalkan dan melestarikan batik.

Jika kamu masih bingung memilih sketsa batik untuk tugas sekolah, berikut adalah kumpulan inspirasi motif batik yang mudah digambar untuk anak SD, SMP, hingga SMA.

Perkembangan Seni Batik di Indonesia

Sumber Gambar: Unsplash

Batik pertama kali muncul di Nusantara pada abad ke-17. Kala itu, masyarakat banyak menggambar batik dengan motif tanaman, seperti bunga, daun, dan juga motif binatang menggunakan malam.

Seiring dengan berkembangnya batik, kini setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai motif batik khas yang berbeda-beda. Tiap motif dan pola yang digambar pada batik tentunya juga memiliki makna tersendiri.

Umumnya, batik dibuat di kain mori menggunakan alat canting, malam, dan tungku kecil untuk menggambar motif yang indah pada kain.

Hingga kini, batik merupakan seni budaya asli Indonesia yang sudah terdaftar di UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda atau Intangible Cultural Heritage.

Setiap tanggal 2 oktober juga sudah ditetapkan sebagai hari batik nasional dimana semua orang bisa memperingati kembali seni budaya Indonesia yang indah ini.

Cara Menggambar Batik

Sumber Gambar: National Geographic Indonesia

Untuk keperluan tugas sekolah, diperlukan berbagai macam peralatan yang harus kamu siapkan untuk menggambar batik. Beberapa peralatan yang akan dibutuhkan adalah kertas gambar, pensil, spidol hitam atau pulpen, penggaris, pensil warna atau cat, dan penghapus.

Setelah peralatan menggambar batik sudah lengkap, kamu bisa langsung menggambar motif batik. Untuk caranya, Toppers dapat mengikuti tahap-tahap di bawah ini.

  • Langkah pertama adalah menyiapkan inspirasi motif atau pola batik yang ingin digambar. Beberapa motif batik sederhana yang bisa kamu tiru di antaranya adalah motif Parang Rusak, Megamendung, Kawung, dan lain sebagainya.
  • Selanjutnya, siapkan kertas di atas permukaan rata dan mulailah melakukan sketsa gambar. Kamu juga bisa membuat bingkai ukuran 1 cm pada kertas untuk membuat sketsa terlihat lebih rapi.
  • Setelah selesai menggambar sketsa, cobalah untuk membuat garis pembantu. Garis pembantu ini dapat membantu kamu untuk menggambar pola berulang pada batik agar terlihat lebih rapi dan indah.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan menggambar pola batik diatas garis pembantu yang sudah kamu buat dengan rapi. Jangan khawatir jika terdapat kesalahan karena gambar dapat dihapus menggunakan penghapus.
  • Setelah seluruh sketsa selesai digambar, pertegas garisnya menggunakan spidol hitam atau pulpen agar motif batik terlihat lebih jelas. Tunggu sampai spidol atau tinta pulpen kering, lalu hapus seluruh goresan pensil, seperti garis pembantu dan bingkai.
  • Untuk mempercantik motif batik, kamu bisa mewarnainya menggunakan pensil warna atau cat warna. Pilih warna yang senada agar batik terlihat lebih cerah dan indah dipandang mata.

Sketsa Batik yang Mudah Ditiru

Batik memiliki berbagai macam motif, mulai dari motif megamendung, parang, hingga motif flora dan fauna. Tingkat kesulitannya pun juga berbeda-beda. Untuk para pemula, berikut adalah contoh sketsa batik yang mudah ditiru:

1. Batik Kawung

Sumber Gambar: Pinterest

Batik Kawung adalah motif batik yang berasal dari kota Jogja. Motifnya menggunakan inspirasi dari bentuk buah kawung (semacam buah aren atau kolang-kaling).

2. Batik Megamendung

Sumber Gambar: YouTube

Batik Megamendung merupakan batik ciri khas kota Cirebon. Daya tariknya terdapat pada motif awan yang unik dan biasanya diberikan warna biru dan putih. Karena keunikannya, motif awan batik Megamendung ini tidak dapat ditemukan di batik daerah lain.

3. Batik Parang Rusak

Sumber Gambar: Otosection

Batik Parang Rusak merupakan salah satu jenis batik tertua di Indonesia. Parang sendiri memiliki arti lereng. Hal tersebut digambarkan pada pola garis menurun yang membentuk huruf S sehingga menyerupai lereng.

4. Batik Parang dengan Pensil Warna

Sumber Gambar: Theme HILL

Motif batik Parang bisa kamu sesuaikan ukurannya menjadi lebih lebar atau lebih ramping. Kamu juga bisa menambahkan warna-warna cerah menggunakan pensil warna seperti pada gambar di atas.

5. Batik Sederhana Warna Cerah

Sumber Gambar: YouTube

Jika kamu ingin menggambar motif batik yang sederhana, gambar di atas bisa menjadi inspirasi. Kamu hanya perlu membuat sketsa abstrak sesuai dengan kreatifitas dan mengulang polanya dengan rapi. Jangan lupa untuk mewarnai sketsa dengan warna cerah yang senada agar terlihat lebih indah.

6. Batik Kombinasi Motif Parang dan Bunga

Sumber Gambar: YouTube

Bunga merupakan salah satu motif flora yang sering ditemukan dalam batik. Jika kamu ingin menggambar motif batik flora yang tidak biasa, kamu bisa mengkombinasikan motif bunga dengan motif batik Parang.

7. Batik Bunga Kipas

Sumber Gambar: YouTube

Contoh sketsa batik di atas menggunakan motif bunga yang dikelilingi dengan beberapa bentuk yang dilengkapi dengan detail-detail kecil. Jika digambar dengan tepat, sketsa batik ini dapat terlihat rapi dan simetris.

8. Batik Motif Bunga

Sumber Gambar: Pinterest

Kamu bisa menggambar batik motif bunga dengan berbagai ukuran dan warna yang berbeda seperti gambar di atas. Sketsa ini tidak memerlukan detail yang banyak sehingga tidak terlalu sulit untuk digambar anak kecil.

9. Batik Motif Kerang

Sumber Gambar: YouTube

Salah satu motif fauna yang menarik untuk digambar dalam sketsa batik adalah motif kerang. Motif ini mengambil inspirasi dari batik Situbondo yang banyak menggunakan motif biota laut di kainnya.

10. Batik Motif Kupu-Kupu

Sumber Gambar: YouTube

Motif kupu-kupu bisa menjadi pilihan jika kamu ingin menggambar sketsa batik yang sederhana. Motif ini terinspirasi dari batik Pekalongan yang juga menggunakan banyak gambar kupu-kupu pada kainnya.

11. Batik Motif Dedaunan

Sumber Gambar: YouTube

Motif dedaunan bisa menjadi alternatif saat menggambar sketsa batik dengan tema flora. Kamu bisa bebas berkreasi menggambar berbagai jenis dedaunan seperti tumbuhan pakis atau tumbuhan merambat lainnya.

12. Batik Motif Ikan

Sumber Gambar: YouTube

Motif ikan juga ternyata banyak digunakan pada kain batik Nusantara. Kamu bisa menggambar sketsa batik dengan menggambar ikan di tengah, kemudian lengkapi dengan hiasan tumbuhan yang merembet keluar.

13. Batik Motif Bunga Merambat

Sumber Gambar: YouTube

Kamu bisa kreasikan motif bunga pada batik melalui motif bunga yang merambat. Motif batik ini tidak memerlukan detail yang sulit sehingga mudah ditiru oleh pemula.

14. Batik Motif Teknik Pointilis

Sumber Gambar: Pinterest

Jika kamu ingin menggambar motif batik diri dengan tingkat kesulitan yang lebih menantang, kamu bisa menggambar sketsa batik menggunakan teknik pointilis. Teknik ini dilakukan dengan menggambarkan titik-titik sehingga membentuk suatu objek.

15. Batik Motif Capung

Sumber Gambar: YouTube

Selain kupu-kupu, kamu juga bisa menggambar motif capung pada sketsa batik. Motif ini terinspirasi dari batik pekalongan yang banyak menggunakan gambar flora dan fauna di kainnya.

Nah, itu dia beberapa contoh motif batik yang mudah digambar untuk tugas anak SMA, SMP maupun SD. Selain untuk mengenalkan dan melestarikan budaya batik, anak juga dapat mengembangkan jiwa kreativitasnya, lho!

Demi menunjang aktivitas belajar anak di sekolah, kamu bisa melengkapi kebutuhannya mulai dari alat tulis, tas sekolah, sepatu sekolah, hingga seragam sekolah pilihan terbaik dan termurah hanya di Tokopedia!

Penulis: Abya Zara