[Easy] 21 cara menghilangkan bengkak di pipi karena sakit gigi dengan Mudah

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara menghilangkan bengkak di pipi karena sakit gigi Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Gusi Anda bengkak? Anda bisa redakan gejala bengkak dan nyeri yang timbul dengan mengonsumsi obat gusi bengkak yang direkomendasikan di artikel berikut.

Gusi bengkak merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan oleh penyakit gingivitis. Gingivitis merupakan kondisi peradangan yang ditandai dengan gusi yang kemerahan dan bengkak.

Penyakit ini umumnya disebabkan karena kebersihan mulut yang kurang terjaga sehingga mengakibatkan infeksi. Jika tidak diobati, Anda bisa mengalami periodontitis -radang pada jaringan lunak dan tulang penyangga gigi.

Rekomendasi Obat Gusi Bengkak Disertai Nyeri di Apotik Paling Ampuh

Ada tiga kategori obat yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi gusi bengkak, yaitu obat kumur, antibiotik, dan obat antinyeri. Berikut ini adalah obat untuk gusi bengkak yang bisa didapatkan di apotek.

1. Minosep Gargle Hijau

Minosep Gargle Hijau adalah obat kumur yang dapat digunakan untuk mencegah ginggivitis. Kandungan utama dalam obat kumur ini adalah chlorhexidine gluconate yang dapat membantu mengurangi radang dan pembengkakan gusi.

Chlorhexidine gluconate juga dapat membunuh bakteri dengan merusak membran selnya. Meski demikian, jika Anda mengalami gusi bengkak dan bernanah, maka obat kumur ini tak dapat digunakan sebagai satu-satunya obat untuk mengatasi kondisi tersebut. Segera konsultasikan kepada dokter.

Kisaran Harga: Rp49.391,-/botol.

Beli Minosep Gargle Hijau Klik di Sini

2. Hexadol Gargle

Hexadol Gargle adalah merupakan jenis obat yang berbeda dari Minosep Gargle, kandungan utama dari obat kumur ini adalah hexetidine. Hexetidine sendiri adalah bahan antibakteri dan antifungal.

Jika dibandingkan dengan chlorhexidine, chlorhexidine memiliki efek antibakteri dan antifungal yang lebih efektif. Akan tetapi, jika Anda mengincar obat gusi bengkak disertai nyeri yang lebih murah, Hexadol dengan kandungan hexetidine bisa menjadi solusinya.

Harga: Rp28.325,-/botol.

Beli Hexadol Gargle Klik di Sini

3. Sanorin Hijau

Sanorin adalah alternatif obat kumur lain untuk mengatasi gusi bengkak. Kandungan utama dari obat kumur ini adalah sodium hyaluronate yang memiliki efek serupa dengan hyaluronic acid (HA)-sebuah senyawa yang bermanfaat untuk mengurangi inflamasi.

HA juga merupakan bahan bakteriostatik, yaitu bahan yang dapat menghentikan reproduksi bakteri dalam rongga mulut. Meski begitu, HA tidak dapat membunuh bakteri yang menyebabkan gusi bengkak. Maka dari itu, Anda perlu mengombinasikan obat kumur ini dengan antibiotik. Namun, Anda tetap harus mengkonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Kisaran Harga: Rp17.096,-/botol.

Beli Sanorin Hijau Klik di Sini

4. Paracetamol

Jika Anda merasa obat kumur tak cukup, Anda bisa gunakan paracetamol untuk mengatasi gusi bengkak disertai nyeri. Nyeri yang Anda rasakan bisa reda dengan obat ini.

Paracetamol adalah obat analgesik yang sering diresepkan dokter kepada penderita gingivitis. Selain murah, bisa dikatakan obat ini memiliki efek samping yang paling minimal.

Perlu diingat bahwa obat ini tidak memiliki sifat antiinflamasi. Jadi, Anda bisa mengombinasikannya dengan obat lain untuk mengurangi pembengkakan gusi.

Kisaran Harga: beragam, mulai Rp2.550,-/strip.

Beli Sanorin Hijau Klik di Sini

5. Ibuprofen

Serupa dengan paracetamol, ibuprofen adalah obat analgesik. Obat ini juga memiliki sifat antiinflamasi. Anda bisa mengonsumsi ibuprofen untuk mengatasi nyeri ringan hingga sedang, salah satunya nyeri yang disebabkan karena gusi bengkak.

Berbeda dari paracetamol yang merupakan obat bebas, ibuprofen adalah obat keras. Artinya, obat ini dapat dibeli dengan resep dokter. Anda perlu memperhatikan betul aturan pakai dan peringatan yang tersedia pada kemasan.

Kisaran Harga: beragam, mulai dari Rp362,-/kaplet.

Beli Sanorin Hijau Klik di Sini

6. Merflam

Merflam yang mengandung kalium diklofenak 50 mg. Kandungan kalium diklofenak memang sering digunakan untuk mengatasi berbagai nyeri, salah satunya adalah nyeri akibat sakit gigi dan gusi bengkak.

Karena kalium diklofenak masuk ke dalam kategori obat antiinflamasi nonsteroid, Merflam dapat Anda pakai untuk membuat bengkak di gusi cepat kempes.

Kisaran Harga: Rp2.736,-/tablet.

Beli Merflam Hijau Klik di Sini

7. Cataflam tablet

Selain Merflam, Cataflam (tablet) merupakan obat gusi bengkak yang sama-sama mengandung kalium diklofenak 25-50 mg. Karena kandungannya sama, ini berarti Cataflam juga memiliki sifat antinyeri dan antiinflamasi.

obat gusi bengkak di apotik ini harga obat ini lebih mahal jika dibandingkan dengan Merflam.

Kisaran Harga: Rp4.342,-/tablet dosis 25 mg; Rp9.957,-/tablet dosis 50 mg.

Beli Catafalm Tablet Klik di Sini

8. Asam mefenamat

Ingin mencari obat gusi bengkak disertai nyeri yang murah? Asam mefenamat adalah jawabannya.

Asam mefenamat bekerja dengan memblok produksi enzim cyclooxygenase (COX), yaitu enzim yang mendorong produksi prostaglandin. Prostaglandin sendiri merupakan hormon yang memicu terjadinya peradangan di jaringan yang rusak atau terkena infeksi.

Nah, dengan asam mefenamat, secara tidak langsung prostaglandin dapat ditekan produksinya sehingga peradangan (misalnya di gusi) dapat diredakan.

Harga: beragam, mulai Rp388,-/tablet.

Beli Asam Mefenamat Klik di Sini

9. Kalium diklofenak

Jika Anda mencari obat dengan kandungan kalium diklofenak yang memiliki harga murah, obat ini bisa jadi solusinya. Sebagaimana telah disebutkan, kalium diklofenak memiliki efek antinyeri dan antiinflamasi. Maka dari itulah, obat ini dapat Anda gunakan untuk mengatasi gusi bengkak disertai nyeri.

Obat ini hadir dalam dua pilihan dosis, yaitu 25 mg dan 50 mg. Untuk mengetahui dosis yang tepat untuk Anda, pastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Harga: Rp705,-/tablet 25 mg, Rp984,-/tablet 50 mg.

Beli Kalium diklofenak Klik di Sini

10. Cataflam 46.5 mg dispersible tablet

Obat Cataflam ini juga memiliki kandungan kalium diklofenak dengan dosis 46,5 mg/tablet. Lalu, apa yang membedakan Cataflam ini dengan Cataflam tablet yang dibahas sebelumnya?

Perbedaannya terletak di sifat dispersible yang dimiliki tablet ini. Obat dispersible adalah obat yang dapat meluruh dalam air maupun cairan lainnya. Oleh karena itu, Anda tak perlu menenggaknya dengan air. Anda cukup mengulum obat ini dan tablet Cataflam akan meluruh seutuhnya.

Harga: Rp8.080,-/tablet.

Beli Cataflam 46.5 mg dispersible Klik di Sini

11. Cataflam drop

Sesuai dengan namanya, obat Cataflam ini adalah obat tetes. Per botolnya, Anda akan mendapatkan 15 mL obat dengan kandungan diclofenac resinate 15 mg/mL.

Karena obat ini adalah obat tetes, Anda bisa lebih mudah mengaplikasikannya ke bagian gusi yang sakit. Diclofenac resinate juga dikenal sebagai bentuk diklofenak yang lebih cepat diserap oleh tubuh.

Harga: Rp64.849,-/botol.

Beli Cataflam Drop Klik di Sini

12. Ketricin Ointment

Bentuk sediaan obat Ketricin ini adalah salep (ointment). Jika Anda mau mengoleskan daerah gusi yang bengkak dengan obat ini, Ketricin bisa jadi obat yang efektif, lho!

Kandungan utama pada salep ini adalah triamcinolone acetonide 0,1% yang dikemas dalam sediaan salep 5 gram. Triamcinolone acetonide adalah obat topikal yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri pada gusi Anda yang bengkak.

Harga: Rp71.148,-/tube.

Beli Kecitrin Klik di Sini

13. Kalium diklofenak Hexpharm 50 mg

Kalium diklofenak produksi Hexpharm bisa menjadi salah satu opsi untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul karena gusi bengkak. Anda bisa menggunakan obat ini untuk mengatasi gusi belakang bengkak.

Harga: Rp1.247,-/tablet.

Beli Kalium diklofenac Klik di Sini

14. Amoxicillin

Antibiotik lini pertama yang disarankan untuk penyakit gusi bengkak adalah amoxicillin. Amoxicillin dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak dengan membunuh bakteri-bakteri yang berada di lokasi pembengkakan.

Amoxicilin biasanya diberikan pada kondisi gusi bengkak yang bernanah maupun gusi bengkak karena gigi berlubang. Hal ini disebabkan karena nanah dan gigi berlubang adalah pertanda adanya infeksi bakteri di rongga mulut, khususnya di daerah gigi dan gusi.

Biasanya, antibiotik akan dikombinasikan dengan obat antinyeri dan antiinflamasi untuk mengatasi rasa nyeri yang timbul. Jadi, infeksi bisa ditekan, nyeri pun bisa mereda.

Harga: beragam, mulai dari Rp548,-/kaplet.

Beli Amoxicillin Klik di Sini

15. Eritromisin

Eritromisin adalah antibiotik alternatif jika Anda alergi terhadap amoxicillin. Sama dengan amoxicillin, eritromisin merupakan antibiotik spektrum luas. Artinya, jenis antibiotik ini dapat membunuh bakteri Gram positif maupun Gram negatif.

Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Obat ini adalah obat keras sehingga hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.

Harga: Rp1.361,-/tablet.

Beli Eritromisin Klik di Sini

Nah, itulah 15 rekomendasi obat antinyeri/antiinflamasi, obat kumur, dan obat antibiotik yang bermanfaat sebagai obat gusi bengkak.

Untuk mengatasi gusi bengkak, memang Anda tidak disarankan untuk menggunakan obat-obatan alami (obat herbal) maupun obat tradisional seperti jamu. Hal ini dikarenakan gusi bengkak sering kali disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga Anda membutuhkan kombinasi tiga jenis obat gusi bengkak di atas untuk mengatasinya. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau apoteker sebelum Anda menggunakan obat-obatan ini ya!

Referensi:

  1. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gingivitis/symptoms-causes/syc-20354453. Diakses pada 19 Oktober 2022.
  2. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/chlorhexidine-oral-route/side-effects/drg-20068551?p=1. Diakses pada 19 Oktober 2022.
  3. https://www.chlorhexidinefacts.com/mechanism-of-action.html. Diakses pada 19 Oktober 2022.
  4. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4588790/. Diakses pada 19 Oktober 2022
  5. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-75280/triamcinolone-acetonide-dental/details. Diakses pada 19 Oktober 2022.
  6. https://www.healthline.com/health/antibiotics-for-tooth-infections#best-antibiotics. Diakses pada 19 Oktober 2022.

Top 21 cara menghilangkan bengkak di pipi karena sakit gigi menjelaskan Nha Xinh

Pipi Bengkak karena Sakit Gigi? Ketahui Cara Mengatasinya

  • Penulis: hellosehat.com
  • Tanggal Terbit: 03/02/2022
  • Ulasan: 4.99 (683 vote)
  • Ringkasan: 1. Kumur air garam · 2. Oleskan bawang putih · 3. Kumur dengan baking soda · 4. Kompres dingin · 5. Antibiotik · 6. Drainase · 7. Pembersihan gigi dan …

Menangani Sakit Gigi dengan Obat yang Paling Ampuh: Secara Medis dan Rumah

  • Penulis: bogor.urbanjabar.com
  • Tanggal Terbit: 03/04/2022
  • Ulasan: 4.63 (448 vote)
  • Ringkasan: Berkumur dengan air garam hangat juga dapat dijadikan cara menghilangkan bengkak karena sakit gigi. Cara ini diduga mampu meredakan rasa sakit …

Pipi Bengkak Tiba-Tiba? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Penulis: orami.co.id
  • Tanggal Terbit: 08/12/2022
  • Ulasan: 4.49 (204 vote)
  • Ringkasan: Kompres air dingin bisa mengurangi pembengkakan pada area wajah dan pipi. Sekaligus, ini pun upaya untuk menghilangkan rasa sakit serta …

Penyebab Pipi Bengkak dan Cara Mengatasinya

  • Penulis: alodokter.com
  • Tanggal Terbit: 10/25/2022
  • Ulasan: 4.33 (435 vote)
  • Ringkasan: Pipi bengkak juga bisa jadi salah satu gejala dari abses gigi. Abses gigi adalah kondisi terjadinya penumpukan nanah di sekitar gigi dan gusi …

Pipi Bengkak karena Sakit Gigi? Ketahui Cara Mengatasinya

Pipi Bengkak karena Sakit Gigi? Ketahui Cara Mengatasinya
  • Penulis: bengkulu.alreinamedia.com
  • Tanggal Terbit: 04/08/2022
  • Ulasan: 3.87 (559 vote)
  • Ringkasan: Cara mengatasi pipi bengkak karena sakit gigi · 1. Kumur air garam · 2. Oleskan bawang putih · 3. Kumur dengan baking soda · 4. Kompres dingin · 5.
  • Hasil pencarian yang cocok: Ketika sedang sakit gigi, beberapa orang sering kali mengalami bengkak pada bagian pipinya. Selain memicu rasa nyeri saat dipegang, pipi bengkak karena sakit gigi juga dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Lantas, bagaimana cara …

8 Cara Mengatasi Pipi Bengkak karena Sakit Gigi, Mudah Dilakukan!

  • Penulis: sonora.id
  • Tanggal Terbit: 08/10/2022
  • Ulasan: 3.74 (448 vote)
  • Ringkasan: Oleskan kompres dingin agar bisa meredakan pembengkakan dan rasa sakit; · Pijat pipi dengan lembut untuk merangsang aliran darah; · Menyikat gigi …

Sakit Gigi? Begini Cara Mengobati Sakit Gigi Paling Ampuh

  • Penulis: primayahospital.com
  • Tanggal Terbit: 06/16/2022
  • Ulasan: 3.53 (317 vote)
  • Ringkasan: Guna meredakan pembengkakan, berkumurlah dengan air hangat yang dicampur garam secara periodik, misalnya sejam sekali. Selain itu, tempelkan kantong es ke pipi …
  • Hasil pencarian yang cocok: Sakit gigi ini terasa tajam atau ngilu dan muncul ketika ada pemicunya, umumnya sensitivitas terhadap panas atau dingin. Sensitivitas terhadap dingin mungkin terjadi karena hilangnya lapisan email, adanya lubang kecil, atau resesi gusi. Adapun …

OBAT PIPI BENGKAK Akibat Nyeri Gigi – Sakit Gusi Berdarah Disertai Bernanah – Cara Mengatasi Benjolan Di Pipi. Rahang. Dagu – Mengobati Sariawan

  • Penulis: bukalapak.com
  • Tanggal Terbit: 04/16/2022
  • Ulasan: 3.19 (495 vote)
  • Ringkasan: OBAT PIPI BENGKAK Akibat Nyeri Gigi – Sakit Gusi Berdarah Disertai Bernanah – Cara Mengatasi Benjolan Di Pipi. Rahang. Dagu – Mengobati Sariawan.

7 Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak, Mudah dan Efektif!

  • Penulis: siloamhospitals.com
  • Tanggal Terbit: 02/24/2022
  • Ulasan: 3.06 (480 vote)
  • Ringkasan: Salah satu cara alami mengobati gusi bengkak adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Seperti yang telah diketahui, air garam memiliki …

4 Langkah Redakan Bengkak Pipi Akibat Sakit Gigi

  • Penulis: liputan6.com
  • Tanggal Terbit: 12/06/2022
  • Ulasan: 2.83 (107 vote)
  • Ringkasan: Kompres pipi atau bagian wajah yang bengkak dengan air dingin dan es batu yang sudah dilapisi kain atau handuk. Kompres selama 20 menit. Langkah …

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami di Rumah

  • Penulis: cnnindonesia.com
  • Tanggal Terbit: 05/19/2022
  • Ulasan: 2.69 (145 vote)
  • Ringkasan: Untuk kompres hangat, siapkan handuk bersih dan celupkan pada air hangat. Peras handuk yang telah dibasahi dan tempel pada bagian pipi atau area …

9 Obat Sakit Gigi Bengkak di Apotek dan Alami

  • Penulis: lifepal.co.id
  • Tanggal Terbit: 05/14/2022
  • Ulasan: 2.69 (198 vote)
  • Ringkasan: Obat sakit gigi bengkak alami · 1. Kompres hangat atau dingin · 2. Kumur air garam · 3. Kantong teh celup · 4. Tea tree oil · 5. Kunyit · 6. Minyak …
  • Hasil pencarian yang cocok: Tergantung pada penyebab gusi bengkak, dokter gigi mungkin meresepkan obat kumur yang membantu mencegah gingivitis dan mengurangi plak. Dalam beberapa kasus, antibiotik mungkin diperlukan. Kamu juga mungkin akan disarankan untuk menggunakan pasta …

Awalnya Mengira Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi, Wanita Ini Hal Mengerikan Dengan 5 Gejala Ini

  • Penulis: health.grid.id
  • Tanggal Terbit: 02/27/2022
  • Ulasan: 2.64 (197 vote)
  • Ringkasan: Fotonya pipi bengkaknya beredar dikira editan, wanita ini miliki kanker di rahangnya hingga wajahnya rusak hingga tak tahan hidup.

Cara Mengobati Gusi Bengkak

  • Penulis: pemkomedan.go.id
  • Tanggal Terbit: 06/16/2022
  • Ulasan: 2.39 (164 vote)
  • Ringkasan: Cara ini seharusnya mampu mengurangi bengkak dan rasa sakit yang dialami. … Tingkatkan konsumsi vitamin C 1000 mg, hingga 3 kali sehari. Vitamin …

Pipi bengkak karena sakit gigi, bagaimana mengatasinya?

  • Penulis: sehatq.com
  • Tanggal Terbit: 06/21/2022
  • Ulasan: 2.43 (192 vote)
  • Ringkasan: Usahakan tetap makan makanan bergizi, hidari kelelahan, konsumsi makanan dengan tekstur yang lunak untuk semenatra waktu, jaga keberishan rongga …

Cara Mengobati Sakit Gigi yang Terbukti dan Ampuh

  • Penulis: tanyapepsodent.com
  • Tanggal Terbit: 03/13/2022
  • Ulasan: 2.28 (54 vote)
  • Ringkasan: Sakit gigi berlubang biasanya disertai dengan pipi bengkak. Untuk meredakan kondisi tersebut, Anda bisa mengompres pipi yang bengkak dengan es batu. Cara …
  • Hasil pencarian yang cocok: Metode pengobatan yang dilakukan dokter akan bergantung pada penyebab sakit gigi yang Anda alami. Misalnya, dokter mungkin akan melakukan penambalan jika gigi Anda berlubang atau perawatan saluran akar gigi jika lubangnya sudah mencapai pulpa …

Cara Alami Meredakan Sakit Gigi dan Pipi Bengkak

  • Penulis: fimela.com
  • Tanggal Terbit: 09/15/2022
  • Ulasan: 2.14 (155 vote)
  • Ringkasan: Cara Alami Meredakan Sakit Gigi dan Pipi Bengkak · 1. Daun Sirih. Advertisement · 2. Belimbing Wuluh. Belimbing wuluh juga bisa membantu Anda …

Waspada Efek Samping Gusi Bengkak bila Dibiarkan – GSI Lab

Waspada Efek Samping Gusi Bengkak bila Dibiarkan - GSI Lab
  • Penulis: gsilab.id
  • Tanggal Terbit: 05/26/2022
  • Ulasan: 2.11 (81 vote)
  • Ringkasan: Berkumur dengan air garam hangat, maksimal 2-3 kali sehari. · Berkumur menggunakan obat kumur. · Menyikat gigi, gosok secara perlahan khusus di …
  • Hasil pencarian yang cocok: Umumnya kondisi ini terjadi pada permasalahan gusi bengkak yang serius atau berhubungan dengan masalah gigi. Seperti gigi bungsu yang mengalami kelainan dan lubang atau gigi geraham dewasa yang berlubang. Kondisi ini juga memerlukan perawatan …

Sakit Gigi Bikin Pipi Bengkak? Yuk, Atasi dengan Ini!

  • Penulis: axeldental.id
  • Tanggal Terbit: 09/26/2022
  • Ulasan: 1.93 (87 vote)
  • Ringkasan: Cara Mengatasi Pipi Bengkak Karena Sakit Gigi · 1. Menggunakan Kompres Dingin · 2. Berkumur dengan Air Garam. Berkumur menggunakan air garam bisa …

Ini 4 Cara Mengatasi Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi

  • Penulis: mediaapakabar.com
  • Tanggal Terbit: 12/09/2022
  • Ulasan: 1.97 (129 vote)
  • Ringkasan: Ulangi hingga Anda merasa nyaman. … Berkumur dengan air garam hangat juga dapat dijadikan cara menghilangkan bengkak sakit gigi. Cara ini juga …

4 Obat Gusi Bengkak Alami, Bisa Redakan Bengkak dalam Sekejap

  • Penulis: health.detik.com
  • Tanggal Terbit: 11/11/2022
  • Ulasan: 1.89 (128 vote)
  • Ringkasan: Obat gusi bengkak alami yang terakhir adalah kompres menggunakan es batu ataupun air hangat. Cara ini diyakini dapat digunakan untuk membantu …