[Easy] 16 cara mengurangi rasa asin pada ikan asin terbaru lengkap

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara mengurangi rasa asin pada ikan asin Kamu bisa cek penjelasan lengkap dari kami. Karena kebetulan kami pernah mengalaminya dan ingin sharing di artikel ini.

Video cara mengurangi rasa asin pada ikan asin

Sambal teri merupakan salah satu sambal praktis yang menjadi favorit banyak orang. Kenapa disebut praktis? Soalnya kamu cukup siapkan nasi hangat dan kamu bisa makan sepuasnya.

Kamu gak perlu repot-repot menyiapkan lauk lainnya. Tapi, kalau kamu suka dengan kemeriahan rasa, kamu juga bisa menambahkan lauk lainnya. Tenang aja sambal yang satu ini pasti ngeblend dengan berbagai hidangan.

Tapi terkadang di beberapa kesempatan, sambal ini memiliki rasa yang terlalu asin. Biasanya asin yang berlebih dihasilkan dari terinya. Bisa jadi sambal buatanmu juga seperti itu. Nah, gak mau kan sambal yang udah susah payah kamu bikin malah keasinan? Kalau gitu yuk simak tipsnya berikut!

Gunakan Teri Tawar Saat Membuat Sambal Ikan Teri

Alternatif pertama yang bisa kamu coba adalah dengan mengganti jenis ikan teri. Kalau biasanya kamu menggunakan ikan teri air asin, cobalah gunakan ikan teri tawar saat membuat sambal ikan teri.

Kamu gak perlu khawatir kalau sambal buatan kamu memiliki rasa asin yang berlebihan. Soalnya cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mengakalinya adalah dengan teri tawar.

Ikan teri tawar yang baik adalah yang warnanya kuning kecoklatan dan kering. Jenis teri ini akan lebih renyah saat dimasak. Kalau soal rasa, ikan teri jenis ini juga gak kalah gurih lho. Cocok buat kamu yang gak mau rasa yang berlebih.

Rendam Ikan Teri dengan Air Hangat

Cara selanjutnya yang wajib kamu coba untuk mengurangi asin berlebih pada ikan teri adalah dengan merendamnya. Rendamlah dengan air hangat selama 10-15 menit.

Jangan terlalu lama merendamnya soalnya dikhawatirkan teri akan menjadi lembek bahkan rapuh. Perendaman ini dilakukan agar kadar garam yang terdapat pada ikan teri bisa berkurang.

Setelah direndam, cuci ikan teri menggunakan air mengalir lalu tiriskan. Pastikan gak ada lagi air yang menempel pada ikan. Soalnya kalau masih ada air, nantinya pas digoreng minyak akan muncrat ke mana-mana. Gak mau kan tangan kamu terluka?

Goreng Ikan Teri Terlebih Dahulu

Setelah ikan teri direndam dan dibersihkan, kamu juga bisa membalur ikan dengan perasan jeruk nipis agar rasa sambal memiliki sensasi yang menyegarkan.

Nah, setelah dibalur sebaiknya kamu menggoreng ikan terinya terlebih dahulu. Ini berguna agar rasa asin pada teri berkurang. Soalnya rasa asinnya, sebagian akan berpindah ke minyak goreng yang dipakai.

Gorenglah dengan api kecil agar ikan teri matang merata secara sempurna. Di satu sisi goreng ikan teri sampai dirasa garing krenyes. Setelah itu angkat dan tiriskan. Dengan tips ini sambal terinya pasti akan renyah.

Nah, itulah beberapa tips agar sambal teri gak memiliki rasa asin yang berlebihan. Kuncinya adalah dengan memilih ataupun mengolah ikan terinya terlebih dahulu.

Setelah tips di atas dilakukan barulah teri bisa dicampurkan dengan bahan-bahan sambal lainnya. Dijamin rasanya nikmat dan pas di lidah.

Sama kayak Uleg Sambal Teri Finna, terbuat dari bahan-bahan segar dipadukan dengan bumbu-bumbu pilihan menjadikan rasanya pedas mantap. Sangat cocok disajikan dengan berbagai menu. Dijamin bikin makan semakin lahap. Harganya juga terjangkau, lho.

Setelah kamu tau tips mengurangi asin dari sambal teri, untuk kamu yang bingung pengen membuat sambalnya, tenang berikut ini adalah cara membuat sambal ikan teri yang bisa kamu praktikkan di rumah.

Bahan-bahan

  • 100 gram ikan teri medan
  • 10 buah cabe rawit merah atau sesuai selera
  • 8 buah cabe merah keriting atau sesuai selera
  • 2 buah tomat
  • 10 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • Jahe (opsional)
  • Jeruk nipis
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula, garam, dan penyedap masakan secukupnya

Langkah-langkah

  1. Cuci bersih semua bahan-bahan seperti cabe, bawang, tomat dan jeruk nipis. Untuk ikan teri buang isi perutnya terlebih dahulu sebelum dicuci.
  2. Setelah dicuci, lumuri ikan teri dengan perasan jeruk nipis kemudian diamkan sampai 10 menit. Ini berguna untuk mengurangi asin sekaligus bau amis pada ikan teri.
  3. Sambil menunggu ikan teri, haluskan cabe, bawang, dan tomat menggunakan ulekan. Kamu juga bisa tambahkan sedikit jahe saat menghaluskan bahan-bahan tersebut.
  4. Panaskan minyak dalam penggorengan. Kalau udah panas masukkan bumbu yang tadi dihaluskan.
  5. Masak hingga tercium aroma harum. Gunakan api sedang saja. Setelah itu, masukkan ikan teri yang tadi udah dilumuri jeruk nipis.
  6. Aduklah bahan-bahan sampai merata. Jangan lupa tambahkan garam, gula dan penyedap secukupnya. Pastikan rasanya sesuai dengan selera kamu.
  7. Masak hingga teri berwarna kecokelatan. Dan jadi deh, sambal teri siap disajikan.

So, itulah cara membuat ikan teri yang enak. Selain makan semakin nikmat, kamu mesti tau kalau teri juga punya banyak manfaat lho. Menurut Alodokter, teri mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh sehingga bisa membantu menyehatkan tulang, mata, dan jantung.

Kalau kamu bosan dengan cabe merah, kamu bisa menggunakan cabe ijo. Sambal teri cabe ijo gak kalah nikmat kok. Selamat mencoba!

Top 16 cara mengurangi rasa asin pada ikan asin menjelaskan Nha Xinh

Kalau Ikan Asin Terlalu Asin, Atasi dengan Cara Mudah Ini

  • Penulis: sajiansedap.grid.id
  • Tanggal Terbit: 10/02/2022
  • Ulasan: 4.94 (872 vote)
  • Ringkasan: Pertama, bungkus ikan asin dalam kertas buram atau kertas merang yang banyak digunakan untuk menyerap minyak. Kemudian rendam dalam keadaan …

Cara Mengurangi Asin Pada Ikan

  • Penulis: jagadtani.com
  • Tanggal Terbit: 06/01/2022
  • Ulasan: 4.62 (328 vote)
  • Ringkasan: Cara untuk membuat ikan asin tidak terlalu asin yaitu dengan merendam ikan asin dengan air bersih selama 30 menit. hasil akhirnya yaitu ikan …

Cara Mengurangi Kadar Garam pada Ikan Asin agar Lebih Nikmat

  • Penulis: daunijo.com
  • Tanggal Terbit: 05/29/2022
  • Ulasan: 4.44 (490 vote)
  • Ringkasan: Cara ini lebih bagus hasilnya dibandingkan dengan perendaman ikan asin dengan air bersih yang dilakukan dalam waktu yang sama. Dari pengalaman yang pernah …

Cara Mengurangi Rasa Asin pada Ikan Asin – Sehat Raga

  • Penulis: sehatragakita.blogspot.com
  • Tanggal Terbit: 06/05/2022
  • Ulasan: 4.31 (204 vote)
  • Ringkasan: Jika masih terasa sangat asin, bisa diulang dengan mengganti air rendaman baru. Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin adalah …

Cara Tepat dan Praktis Mengurangi Rasa Asin yang Berlebihan

  • Penulis: umma.id
  • Tanggal Terbit: 01/16/2023
  • Ulasan: 4.15 (373 vote)
  • Ringkasan: 1. Merebusnya Dengan Air Tawar · 2. Rendam Dengan Larutan Garam Beryodium. Rasa asin yang berlebih pada ikan asin, bisa dihilangkan dengan merendamnya dengan …

untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin dapat dilakukan dengan cara memasukkan ikan asin ke dalam larutan garam dari kejadian tersebut kesimpulan yang dapat diambil adalah

  • Penulis: brainly.co.id
  • Tanggal Terbit: 04/25/2022
  • Ulasan: 3.73 (270 vote)
  • Ringkasan: Untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin dapat dilakukan dengan cara memasukkan ikan asin ke dalam larutan garam dari kejadian tersebut kesimpulan yang …

Suka Makan Ikan Asin? Ini 5 Tips Menggoreng Ikan … – Kota Cimahi

  • Penulis: cimahikota.go.id
  • Tanggal Terbit: 04/12/2022
  • Ulasan: 3.55 (339 vote)
  • Ringkasan: Hindari menggoreng ikan asin dengan api besar karena ikan yang digoreng akan hangus, terasa pahit, dan matangnya tidak merata. Pada jenis ikan asin teri, …

5 Tips Mengatasi Masakan yang Terlalu Asin, Gampang Kok! 

  • Penulis: idntimes.com
  • Tanggal Terbit: 12/28/2022
  • Ulasan: 3.38 (365 vote)
  • Ringkasan: 1. Tambahkan gula ke dalam masakan · 2. Tuang air ke dalam masakan untuk menyeimbangkan rasa · 3. Masukkan potongan kentang ke dalam masakan · 4.

Cara Mudah Mengurangi Rasa Asin Berlebih Pada Ikan Asin

  • Penulis: id.berita.yahoo.com
  • Tanggal Terbit: 12/25/2022
  • Ulasan: 3.02 (386 vote)
  • Ringkasan: Cara Mengurangi Asin Pada Ikan Asin · Rendam dengan Air Hangat. Cara pertama untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin adalah rendam ikan asin di …

Begini Cara Menghilangkan Rasa Asin dari Ikan Asin

  • Penulis: belitung.tribunnews.com
  • Tanggal Terbit: 06/30/2022
  • Ulasan: 2.97 (197 vote)
  • Ringkasan: Cara lainnya, bisa juga dengan merendam ikan asin dalam air hangat. Tidak perlu direbus, cukup diseduh saja. Setelah diproses dengan 2 cara di …

7 Kesalahan Memasak Ikan Asin yang Wajib Diketahui

  • Penulis: food.detik.com
  • Tanggal Terbit: 02/07/2022
  • Ulasan: 2.86 (116 vote)
  • Ringkasan: Beberapa di antara kita ada yang mengolah ikan asin dengan cara merendam ikan tersebut. Cara tersebut boleh saja dilakukan, akan tetapi beberapa …
  • Hasil pencarian yang cocok: Uap panas pada ikan akan terjebak di dalam toples, hal itu akan menyebabkan ikan menjadi mudah lembek dan tidak garing dalam waktu yang lama. Uap panas yang terjebak di dalam toples akan berubah menjadi air, nah sebab inilah yang menjadikan ikan …

Cara Cepat Kurangi Asin pada Ikan Asin

  • Penulis: tangerangraya.id
  • Tanggal Terbit: 12/08/2022
  • Ulasan: 2.78 (53 vote)
  • Ringkasan: Ikan asin yang terlalu asin bisa dikurangi keasinannya dengan cara merendamnya dalam air cucian beras, air garam, dll.

Trik Hilangkan Rasa Asin Berlebihan pada Ikan Asin

  • Penulis: liputan6.com
  • Tanggal Terbit: 12/25/2022
  • Ulasan: 2.58 (198 vote)
  • Ringkasan: Rendam ikan asin di air hangat kira-kira selama lima sampai 10 menit, kemudian cuci bersih. Tapi, terlu diingat bahwa ikan asin yang direndam …

Cara ampuh mengurangi rasa asin pada ikan jambal, antigagal

Cara ampuh mengurangi rasa asin pada ikan jambal, antigagal
  • Penulis: briliofood.net
  • Tanggal Terbit: 11/04/2022
  • Ulasan: 2.48 (195 vote)
  • Ringkasan: Nggak pakai repot dan tak butuh banyak bahan, wanita bernama Diaz Kenzo ini hanya membutuhkan dua bahan untuk mengurangi rasa asin pada ikan …
  • Hasil pencarian yang cocok: Setelah ikan sudah ditaburi garam, langsung tuangkan air panas sampai seluruh ikan jambal terendam sempurna. Semua bahan di dalam mangkuk kemudian diaduk sebentar sampai merata, lalu diamkan selama 30 menit. Selagi menunggu, ikan asin tak perlu …

4 Cara Mudah Kurangi Rasa Asin pada Ikan Asin

  • Penulis: portalmadura.com
  • Tanggal Terbit: 02/21/2022
  • Ulasan: 2.4 (150 vote)
  • Ringkasan: Larutkan 1 sdm garam ke dalam 2 liter air. Gunakan air larutan garam ini untuk merendam ikan asin. Cara ini bisa mengurangi rasa asin pada ikan …

Cara Mudah Mengurangi Rasa Asin Pada Ikan Asin

  • Penulis: fimela.com
  • Tanggal Terbit: 03/14/2022
  • Ulasan: 2.26 (167 vote)
  • Ringkasan: Cara Mudah Mengurangi Rasa Asin Pada Ikan Asin · Rendam dengan Air Hangat · Rendam dengan Air Garam · Rendam Bersama Kertas Roti atau Kertas Buram …