Simak 21 cara menyimpan kemangi dalam kulkas sempurna

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara menyimpan kemangi dalam kulkas Kamu bisa cek penjelasan lengkap dari kami. Karena kebetulan kami pernah mengalaminya dan ingin sharing di artikel ini.

Video cara menyimpan kemangi dalam kulkas

Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas agar Tetap Segar dan Tahan Lama

2021-06-21 10:52:55

Kulkas merupakan tempat penyimpanan makanan yang harus ada di rumah. Kalau kamu memiliki kulkas yang berkualitas dan kapasitasnya sesuai kebutuhan, kamu tak akan kesulitan menyimpan bahan makanan maupun sisa makanan yang belum habis disantap. Berbagai bahan makanan pun jadi tahan lama dan tetap segar bila disimpan di kulkas selama beberapa hari.

Memiliki kulkas saja ternyata belum cukup untuk menjaga kesegaran bahan makanan maupun makanan siap santap. Kamu patut memahami berbagai tips menyimpan makanan di kulkas supaya bisa menjaga kesegaran makanan semaksimal mungkin. Ulasan tips berikut ini pasti bikin kamu makin mahir memaksimalkan fungsi kulkas di rumah:

Meletakkan Minuman dan Bahan Cair Lain Secara Teliti

Minuman dan bahan makanan cair yang kemasannya sudah dibuka tetapi belum habis tentu sering disimpan di kulkas. Menutup wadah minuman dan bahan makanan cair yang dilakukan dengan teliti supaya cairannya tidak tumpah dan mengotori kulkas. Tak cuma bikin kotor, tumpahan cairan bisa membuat aroma seisi kulkas jadi tidak sedap. Usahakan agar tak ada minuman dan bahan makanan cair yang tercecer dan mengotori isi kulkasmu, ya.

Menyimpan Telur Agar Tahan Lama

Hampir semua orang menyimpan telur pada bagian rak di pintu kulkas. Bagian tersebut memang diperuntukkan untuk telur. Namun, tak banyak yang tahu kalau kesegaran telur akan lebih terjaga jika kamu menyimpannya beserta kemasan kartonnya. Kemasan karton tersebut memang dirancang khusus untuk membuat telur jadi lebih tahan lama. Niscaya persediaan telur di kulkas jadi tak gampang busuk kalau kamu menyimpannya dalam kemasan karton.

Membungkus Sayuran yang Disimpan di Kulkas

Pada umumnya orang sering merasa kesal jika menyimpan sayuran segar di kulkas karena sayuran tersebut jadi cepat layu dan busuk. Sayuran segar sebaiknya tidak dicuci ketika hendak disimpan. Sebab air yang terkandung pada sayuran justru membuat sayur tersebut jadi mudah busuk. Bungkuslah sayuran dengan kemasan aslinya atau kertas koran yang lapisannya agak tebal. Tips menyimpan makanan di kulkas ini berlaku untuk semua jenis sayuran berdaun dan aneka jamur. Membungkus sayuran dengan koran atau kertas lainnya yang agak tebal akan membuat sayuran lebih awet bahkan hingga 1 minggu. Bila sayuran terlanjur dicuci, maka kamu harus mengeringkan sayuran tersebut terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke kulkas.

Meletakkan Makanan dalam Wadah Tertutup

Aneka jenis makanan matang yang disimpan di kulkas sebaiknya selalu diletakkan dalam wadah tertutup. Hal ini bertujuan menjaga kesegaran makanan tersebut dalam waktu beberapa hari sejak disimpan. Selain itu, meletakkan makanan matang di wadah terbuka hanya akan membuat aroma seisi kulkas jadi kurang sedap. Kamu tentu tidak mau kan aroma kulkas jadi tak sedap karena beragam aroma makanan bercampur menjadi satu?

Mengenal Jenis Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Kamu bukan cuma harus teliti memilih kulkas sebagai tempat penyimpanan makanan. Lebih dari itu, kamu juga mesti cermat mengenal jenis-jenis makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak ditaruh di kulkas, antara lain:

Tomat: Meski tumbuh di daerah dingin, buah tomat justru tidak tahan dengan hawa dingin kulkas yang berlebihan. Menyimpan tomat di kulkas bisa membuat tomat keriput, kadar airnya berkurang, dan rasanya berubah saat diolah.

Kentang: Kentang yang disimpan di kulkas menjadi lebih mudah busuk dan rasanya pun berubah. Solusinya, simpanlah kentang di wadah kertas dan letakkan di tempat kering.

Aneka Jenis Bawang: karena membutuhkan sirkulasi udara yang lancar, maka bawang juga tak cocok disimpan di kulkas. Bawang yang disimpan di kulkas malah cepat berubah warna dan membusuk.

Madu Murni: superfood ini merupakan salah satu bahan makanan paling awet di dunia. Asalkan disimpan di wadah yang bersih dan tertutup, madu bisa bertahan dalam waktu lama. Menyimpan madu di kulkas malah membuat nutrisinya berkurang dan bentuknya mengkristal sehingga sulit diolah.

Alpukat: sayang sekali jika buah favorit yang satu ini jadi cepat membusuk hanya karena diletakkan di kulkas. Sebaiknya kamu meletakkan alpukat pada kondisi temperatur ruangan. Sementara itu, alpukat yang ingin segera dimakan bisa diletakkan di kulkas selama 1 jam saja.

Kemangi: aroma harum daun kemangi bisa hilang karena menyerap aroma bahan makanan lain di dalam kulkas. Di samping itu, helai-helai daunnya pun jadi cepat layu karena hawa dingin kulkas.

Bubuk Kopi: hal istimewa yang paling disukai dari kopi adalah aromanya. Sayangnya, aroma kopi yang khas bisa menghilang jika kamu menyimpan bubuk kopi di kulkas. Bubuk kopi hanya perlu ditempatkan di wadah tertutup dalam temperatur ruangan.

Saus: hawa dingin kulkas rupanya juga tidak baik untuk menyimpan saus, terutama saus yang mengandung aneka rempah. Ternyata hawan dingin tersebut dapat membuat rempah-rempah dalam saus jadi cepat membusuk.

Roti: ada anggapan bahwa roti yang disimpan di kulkas akan lebih tahan lama. Padahal meski tahan lama, roti justru akan mengeras dan kehilangan kelembapan. Akibatnya, roti jadi terasa kurang lezat meskipun sudah dihangatkan di microwave.

Memaksimalkan Fungsi Freezer Kulkas

Banyak orang yang belum tahu kalau freezer kulkas juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai makanan, mulai dari sayuran, daging, hingga makanan matang. Kamu mesti mengikuti beberapa tips berikut ini bila ingin menyimpan beraneka ragam makanan di freezer:

– Membersihkan dan memotong-motong daging atau ikan mentah. Selanjutnya, daging dan ikan mentah harus dikemas dalam kemasan-kemasan kecil sebelum menyimpannya di freezer. Saat ingin mengolah daging atau ikan mentah, kamu tinggal mengambil jumlah kemasan tersebut sesuai kebutuhan sehingga daging dan ikan yang belum diolah tetap segar di dalam freezer.

– Mencuci dan memotong-motong sayuran dan mengolahnya dengan teknik blanch sebelum menyimpannya di freezer. Beberapa jenis sayuran yang bisa dibekukan di freezer antara lain brokoli, asparagus, buncis, dan kubis.

– Sama seperti cara menyimpan daging mentah, kamu juga dapat menyimpan lauk siap santap dalam kemasan-kemasan kecil di freezer. Nanti, kamu tinggal mengambil jumlah kemasan lauk yang kamu butuhkan lalu memanaskannya di kompor atau microwave. Jenis lauk yang cocok disimpan di freezer misalnya rendang, empal setengah matang, dan ayam teriyaki.

Jika kulkas selalu menyala selama 24 jam, kamu bisa menyimpan aneka makanan dengan leluasa tanpa mengkhawatirkan kualitasnya. Jadi, pastikan kalau token listrikmu selalu mencukupi untuk mendukung kebutuhan daya listrik kulkas di rumah, ya. Proses membeli token listrik sekarang dapat dilakukan secara praktis melalui aplikasi BRImo. Caranya, login dulu di aplikasi BRImo lalu pilih menu listrik. Selanjutnya, pilih menu beli token atau bayar tagihan. Masukkan nomor id pelanggan dan pilih sumber dana (jika rekening sumber kamu lebih dari satu) lalu pilih nominal token dan masukan PIN.

BRImo akan menampilkan pilihan nominal token mulai dari 20 ribu hingga 10 juta rupiah. Kalau sudah memilih nominal token listrik yang kami inginkan, klik Lanjut dan lalu klik Konfirmasi. Terakhir, masukkan PIN dan pilih lanjut. Kalau transaksi berhasil, kamu akan mendapatkan 20 digit kode token yang bisa segera dimasukkan ke meteran listrik. Kemudahan transaksi melalui BRImo akan membantumu memenuhi kebutuhan rumah tangga secara praktis dan cepat.

Top 21 cara menyimpan kemangi dalam kulkas menjelaskan Nha Xinh

5 Panduan Menyimpan Daun Kemangi Agar Awet Lebih Lama, Yuk Dicoba!

  • Penulis: idntimes.com
  • Tanggal Terbit: 05/10/2022
  • Ulasan: 4.96 (673 vote)
  • Ringkasan: 2. Pisahkan atau bersihkan daun-daun kemangi yang sekiranya telah rontok dari batangnya … 5 Panduan Menyimpan Daun Kemangi Agar Awet Lebih Lama, …

Kenali Jenis Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas – Kimbo

  • Penulis: kimbo.id
  • Tanggal Terbit: 06/26/2022
  • Ulasan: 4.68 (203 vote)
  • Ringkasan: Biasanya kemangi sering dihidangkan bersama menu daging atau ikan. Namun, sedikit orang mengerti cara menyimpan kemangi dengan benar. Bahkan, ada orang …

3 Tips Menyimpan Kemangi Agar Tetap Segar dan Wangi, Bisa Bikin Sajian Jadi Semakin Nikmat

  • Penulis: sajiansedap.grid.id
  • Tanggal Terbit: 09/18/2022
  • Ulasan: 4.41 (568 vote)
  • Ringkasan: Agar daun kemangi bisa jadi sangat hijau, Anda bisa rebus selama 15 detik di air garam, kemudian rendam di air es agar proses masak bisa …

Tips Menyimpan Daun Kemangi TipsAndalan

  • Penulis: yummy.co.id
  • Tanggal Terbit: 02/22/2022
  • Ulasan: 3.99 (379 vote)
  • Ringkasan: Siapkan bahan-bahannya. … Siapkan bahan-bahannya. Bungkus daun kemangi dengan kertas buku rangkap 2 kali. … Bungkus daun kemangi dengan kertas buku rangkap 2 …

6 Cara Menyimpan Kemangi Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

  • Penulis: id.berita.yahoo.com
  • Tanggal Terbit: 09/16/2022
  • Ulasan: 3.89 (510 vote)
  • Ringkasan: Menyimpan Daun Kemangi di Kulkas … Cara menyimpan kemangi tentunya tidak hanya bisa dengan menyimpannya layaknya vas bunga saja. Kamu juga bisa …
  • Hasil pencarian yang cocok: Cara menyimpan kemangi selanjutnya adalah dengan menaruhnya di tempat yang tidak terlalu panas. Kamu bisa meletakkannya di sudut ruangan yang tidak terlalu panas juga tidak terlalu gelap agar kemangi tahan lama. Selain itu, kamu juga bisa …

Tips Menyimppan Daun Kemangi Agar Awet dan Tetap Segar, Pilih 3 Cara Ini

  • Penulis: jateng.tribunnews.com
  • Tanggal Terbit: 12/21/2022
  • Ulasan: 3.66 (257 vote)
  • Ringkasan: 1. Gunakan tisu dapur · 2. Petik dan simpan daun kemangi dalam freezer.

Resep Ayam Rica-Rica Kemangi, Masakan Aromatik Khas Minahasa

  • Penulis: masakapahariini.com
  • Tanggal Terbit: 04/28/2022
  • Ulasan: 3.43 (466 vote)
  • Ringkasan: Cara menyimpan kemangi untuk jangka waktu pendek ternyata sangat sederhana. Bila kamu membelinya dalam bentuk utuh hingga ke akar, …

4 Cara Menyimpan Daun Kemangi Tetap Segar dan Tahan Lama

  • Penulis: chanelmuslim.com
  • Tanggal Terbit: 07/07/2022
  • Ulasan: 3.26 (321 vote)
  • Ringkasan: Namun, ada banyak cara untuk menyimpan kemangi agar tetap segar dan bertahan 3-5 hari di kulkas. Yuk simak cara simpan daun kemangi agar …

Begini Cara Menyimpan Daun Kemangi Agar Tidak Cepat Layu

  • Penulis: panennews.com
  • Tanggal Terbit: 04/23/2022
  • Ulasan: 3.03 (533 vote)
  • Ringkasan: Cara lainnya yaitu dengan menaruhnya di kulkas dengan menggunakan vas bunga yang diisi dengan air. Hal ini cukup baik untuk mempetahankan …

Inilah 10 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Tetap Awet dan Segar

Inilah 10 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Tetap Awet dan Segar
  • Penulis: mitra.bukalapak.com
  • Tanggal Terbit: 03/26/2022
  • Ulasan: 2.9 (142 vote)
  • Ringkasan: Lalu, masih ada daun kemangi yang juga tidak boleh disimpan ke dalam kulkas. Saat daun kemangi terkena udara dingin justru membuat tanaman ini …
  • Hasil pencarian yang cocok: Hal berikutnya yang perlu kamu lakukan saat menyimpan sayuran di kulkas adalah selalu periksa kondisinya. Pada penjelasan sebelumnya juga sudah disebutkan bahwa ada baiknya tidak menyimpan sayuran di kulkas terlalu lama. Secara umum, sayuran hanya …

10 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Awet dan Tidak Busuk, Catat!

  • Penulis: orami.co.id
  • Tanggal Terbit: 07/23/2022
  • Ulasan: 2.89 (165 vote)
  • Ringkasan: Perlu Moms ketahui bahwa tidak semua sayuran bisa dimasukkan dan disimpan di dalam kulkas. Contohnya saja tomat. Sayuran ini tidak boleh …

Kaya Manfaat, Ini Cara Menyimpan Kemangi agar Tetap Segar

  • Penulis: umma.id
  • Tanggal Terbit: 10/29/2022
  • Ulasan: 2.76 (112 vote)
  • Ringkasan: 5. Simpan di tempat sejuk di suhu ruangan. Jangan disimpan di tempat yang terlalu panas atau terlalu gelap agar daun kemangi tetap terjaga kesegarannya. The …

Cepat Layu, Begini Cara Menyimpan Daun Kemangi Agar Tahan Lebih Lama

  • Penulis: diadona.id
  • Tanggal Terbit: 08/23/2022
  • Ulasan: 2.62 (105 vote)
  • Ringkasan: Jangan simpan kemangi dalam keadaan basah. Pastikan dulu kemangi dalam keadaan masih kering. Bungkus dengan kertas, lalu masukkan dalam kulkas.

STOP! Jangan Masukan Sayur dan Buah Ini Ke Dalam Kulkas

  • Penulis: blog.tokowahab.com
  • Tanggal Terbit: 07/11/2022
  • Ulasan: 2.52 (66 vote)
  • Ringkasan: Menyimpan kemangi di dalam kulkas bisa membuat kemangi cepat layu. Kemangi bisa menyerap aroma makanan lain yang berada di kulkas, sehingga …

6 Cara Menyimpan Kemangi dengan Mudah, Tetap Segar dan Tahan Lama

  • Penulis: merdeka.com
  • Tanggal Terbit: 11/30/2022
  • Ulasan: 2.34 (100 vote)
  • Ringkasan: 6 Cara Menyimpan Kemangi dengan Mudah, Tetap Segar dan Tahan Lama · Pilih Daun Kemangi Segar · Bersihkan Daun Kemangi yang Rontok · Gubernur Ganjar …

Cara Tepat Menyimpan Daun Kemangi Biar Tak Mudah Layu

  • Penulis: dream.co.id
  • Tanggal Terbit: 11/13/2022
  • Ulasan: 2.19 (84 vote)
  • Ringkasan: Kamu juga bisa menyimpan kemangi dalam kulkas menggunakan plastik bening. Sebelum disimpa, patikan dulu jika kemangi dalam keadaan kering.

Ternyata Begini Cara Simpan Daun Kemangi Agar Tak Rusak dan

  • Penulis: matain.id
  • Tanggal Terbit: 03/09/2022
  • Ulasan: 2.19 (82 vote)
  • Ringkasan: Grid.ID – · Cara Menyimpan Daun Kemangi · 1. Petik dan simpan daun kemangi dalam freezer · 2. Simpan daun kemangi di dalam vas · 3. Gunakan tisu …

6 Cara Menyimpan Kemangi Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

  • Penulis: liputan6.com
  • Tanggal Terbit: 09/10/2022
  • Ulasan: 2.12 (101 vote)
  • Ringkasan: Cara menyimpan kemangi agar tetap segar adalah dengan menaruhnya di dalam wadah dengan sedikit air. Kamu bisa menaruhnya dalam vas bunga.

Cara menyimpan kemangi – Lemon8

  • Penulis: lemon8-app.com
  • Tanggal Terbit: 07/30/2022
  • Ulasan: 2.07 (155 vote)
  • Ringkasan: Temukan postingan terkait cara menyimpan kemangi di Lemon8. Lihat konten populer dari kreator berikut: Suciallisa, Ujame Gaja, rumah_shasyma.

8 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Ini Bikin Tetap Segar

  • Penulis: katadata.co.id
  • Tanggal Terbit: 01/04/2023
  • Ulasan: 1.96 (83 vote)
  • Ringkasan: 8 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Ini Bikin Tetap Segar · 1. Sortir Sayuran sebelum Menyimpannya · 2. Cuci Bersih dan Keringkan sebelum Disimpan.
  • Hasil pencarian yang cocok: Supaya kondisi sayur tetap baik maka anda harus mengetahui cara menyimpan sayur di kulkas agar awet dan tetap segar. Biasanya sayuran mempunyai kadar air yang cukup tinggi di dalamnya, karena itu bila menyimpannya terlalu lama di dalam kulkas dan …

Tips Menyimpan Kemangi Tak Gampang Layu dan Tahan Seminggu

  • Penulis: fimela.com
  • Tanggal Terbit: 04/13/2022
  • Ulasan: 1.77 (58 vote)
  • Ringkasan: Bersihkan kemangi dari daun-daun yang rontok. · Kemangi tak perlu dicuci lebih dulu, jaga daun tetap kering atau apa adanya. · Ambil jar atau …