Simak 10+ kapasitas stadion jatidiri semarang sempurna

Pada artikel ini kami akan menjelaskan kapasitas stadion jatidiri semarang Kamu bisa cek penjelasan lengkap dari kami. Karena kebetulan kami pernah mengalaminya dan ingin sharing di artikel ini.

Berkunjung ke suatu daerah tidak harus menghabiskan waktu dengan menikmati wisata alam, tempat bersejarah, atau kekayaan kulinernya. Hal-hal yang menjadi ikon khas pun bisa jadi disambangi dan memberi tambahan pengetahuan dan pengalaman.

Ada begitu banyak bangunan khas yang jika ditelusuri lebih dalam ternyata memiliki sisi yang menarik dan memberikan tambahan wawasan baru.

Bahkan, sebagian besar tren gaya milenial sekarang senang dengan wisata yang berbau nyeleneh seperti wisata misteri ke bangunan – bangunan terbengkalai.

Mereka justru menjadikan bangunan yang berlatar kisah – kisah unik sebagai obyek foto. Hasilnya, tentu diunggah ke media sosial yang akan menjadi peningkatan bagi media sosial.

Nah, jika Anda punya kesempatan untuk mengunjungi Semarang, jangan hanya berburu lumpia atau menyempatkan diri bertandang ke Lawang Sewu, coba deh mampir ke Stadion Jatidiri.

Tempat kebanggaan warga ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini juga menjadi markas klub PSIS. Berada di selatan Kota Semarang, tepatnya di Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur, stadion ini memiliki kapasitas 21 ribu orang.

Pada awalnya, stadion Jatidiri memang berdiri kokoh untuk menampung puluhan ribu penonton dan supporter PSIS Semarang.

Akan tetapi, sebuah kejadian naas pada 15 Februari 2014. Tepatnya saat PSIS sedang menjamu tamu kehormatan yang bertanding yaitu Timnas U-19.

Dilaporkan dari laman MetroTV, pada saat tengah asyik menikmati jalannya pertandingan, tiba – tiba tribun penonton ambruk dan mengakibatkan belasan penonton luka – luka.

Sementara itu, sebagian penonton berlari dan berhamburan keluar pagar untuk menyelamatkan diri.

Konon peristiwa mengenaskan itu disebabkan karena kondisi struktur bangunan yang kurang berkualitas dan juga karena kelebihan muatan atau kapasitas penonton.

Sementara itu, laga yang sempat dihentikan akhirnya bisa dilanjutkan dengan skor imbang, Timnas Indonesia U-19 melawan serdadu PSIS Semarang dengan nilai 1 sama.

Sejarah Stadion Jatidiri

Stadion Jatidiri ini didirikan pada masa pemerintahan Gubernur Muhammad Ismail. Setiap pergantian gubernur, stadion ini mengalami perbaikan hingga memiliki fasilitas yang cukup memadai. Tapi renovasi terbesar yang pernah dilakukan adalah saat Semarang menjadi tuan rumah PON XVIII pada tahun 2012. Melakukan perbaikan sejak 2006, Stadion Jatidiri memiliki kualitas yang lebih baik dengan ukurannya yang lebih luas, rumput yang lebih baik, ruang ganti, wisma atlet, dan tribun penonton di bagian luar.

Akibat Kerusuhan

Kini, Stadion Jatidiri sedang dalam tahap renovasi karena sempat terjadi kerusuhan yang mengakibatkan beberapa fasilitas rusak parah. Pengrusakan yang dilakukan pendukung tim sepakbola ini membuat beberapa bagian stadion terbakar dan mengalami kerusakan.

Digadang-gadang menjadi stadion bertaraf internasional, kapasitas stadion yang semula hanya menampung 21 ribu kursi akan ditingkatkan menjadi 60 ribu kursi. Bukan hanya itu saja, Stadion Jatidiri juga akan dibangun dengan konsep yang mirip Gelora Bung Karno. Dibangun sebagai stadion tertutup, nantinya stadion ini akan memiliki atap memutar yang dapat menutupi seluruh tribun. Diharapkan, fasilitas ini dapat mengurangi jumlah penonton yang seringkali kedapatan naik ke tiang lampu.

Renovasi Stadion Jatidiri ini terdiri dari beberapa tahap. Selain bagian stadion, seperti struktur dan fondasi tribun selatan, timur, dan utara, nantinya juga difokuskan pada perbaikan lapangan dengan memperbaiki drainase dan memasang rumput lapangan yang layak. Oleh karena itu, pembangunan stadion yang mendapat anggaran sebesar Rp38 miliar dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini digadang-gadang menjadi salah satu stadion terbaik di Indonesia.

Bukan hanya fokus pada penyelenggaraan olahraga, renovasi Stadion Jatidiri ini juga memperhatikan potensi komersil. Lingkungan di sekitar stadion akan dibangun kompleks pertokoan dan perkantoran dan akan menjadi pusat event-event. Mulai dari pertandingan sepakbola nasional maupun internasional, hingga menjadi ajang promosi pariwisata Provinsi Jawa Tengah, terutama Kota Semarang.

Sayangnya, perbaikan Stadion Jatidiri ini menuntut pengorbanan dari klub sepakbola kebanggaan Semarang. Belum bisa dijadikan homebase Laskar Mahesa Jenar pada gelaran Divisi Utama 2017, mereka memilih stadion di sekitar Semarang sebagai home base, seperti Stadion Gemilang Magelang atau Stadion Kebon Dalem Kendal. Jadi, jika ingin menyaksikan permainan tim pimpinan Supangkit saat bertanding atau berlatih, bisa mendatangi kedua stadion pinjaman tersebut.

Pembangunan Stadion Jatidiri ini rencananya akan selesai pada tahun 2018, tapi bisa jadi molor karena kesulitan mendapatkan anggaran tambahan. Namun nantinya, stadion ini akan memiliki kualitas internasional, lengkap dengan berbagai fasilitas. Hal ini bisa dilihat dari beberapa bagian stadion yang sudah diperbaiki. Mulai dari rumput, lintasan atletik, scoring board, mekanikal elektrikal yang ada di stadion, dan fasilitas yang akan digunakan oleh panitia pelaksana, pemain, pelatih, wasit, dan terutama penonton. Beberapa tempat yang juga sudah berumur dan mulai karatan ini juga mendapatkan pergantian yang baru, sehingga lebih nyaman dan aman.

Sebagai homebase tim sepakbola Semarang, kualitas rumput pun wajib diperhatikan. Kondisinya yang dulu sangat tidak layak karena tandus dan kosong, diganti dengan jenis Zoysia Matarella. Rumput jenis ini memiliki kualitas yang cukup bagus, dengan daun runcing dan rigiditas, sehingga membuat para penggunanya terasa aman dan nyaman. Bukan hanya rumput saja yang diperhatikan, pintu utama stadion pun akan berpindah ke bagian timur. Hal ini dilihat dari maket rancangan stadion yang ada di bagian depan, yang memperlihatkan penampilan Stadion Jatidiri yang tampak mewah dan megah.

Rute Menuju Stadion Jatidiri

Tidak sulit kok jika ingin mengunjungi Stadion Jatidiri untuk melihat pembangunannya yang mulai menunjukkan bangunan yang megah, atau sekadar ingin selfie di depannya. Anda bisa menggunakan berbagai alternatif transportasi, mulai dari kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, dan juga transportasi umum.

Jika ingin mengalami liburan yang tak biasa, coba naiki bus dari Terminal Terboyo. Setelah itu, lanjutkan dengan menggunakan Bus Trans Semarang. Ada 3 koridor untuk bus Trans ini, tapi pilih yang nomer dua. Jika Anda berasal dari Pati, Kudus, atau Demak, bisa turun di Halte Sukun lalu melanjutkan ke arah PLN Jatingaleh yang searah dengan Stadion Jatidiri.

Sebelum dipugar, Stadion Jatidiri ini buka 24 jam untuk para pengunjungnya, kecuali saat ada pertandingan, yang tentunya harus mengikuti jam masuk untuk melihat para pemain berkompetisi. Sedangkan untuk tarif tiket masuk sebenarnya tidak dipungut biaya, alias gratis. Berbeda cerita saat Anda ingin melihat pertandingan yang sedang digelar, maka harus memberli karcis dengan harga mulai Rp50 ribu hingga Rp150 ribu. Harganya berbeda-beda, tergantung tribun yang dipilih, jadi dapat menyesuaikan dengan bujet dan kenyamanan.

Sementara itu, ada beberapa bus yang melewati stadion Jatidiri jika ada pengunjung yang ingin menjangkau lokasi dari arah pusat kota.

Rutenya sebagai berikut:

Dari pusat Simpang Lima Semarang atau Mal Ciputra, naik bis yang berlabel Bis-C6 atau Bis-R10C. Rute tempuh membutuhkan sekitar 45 menit.

Semoga ulasan informasi tentang stadion Jatidiri Semarang bisa memberikan manfaat ya.

Top 17 kapasitas stadion jatidiri semarang menjelaskan Nha Xinh

Portal Berita Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

  • Penulis: jatengprov.go.id
  • Tanggal Terbit: 11/03/2022
  • Ulasan: 4.83 (649 vote)
  • Ringkasan: SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menguji lampu Stadion Jatidiri Kota Semarang, Kamis (10/2/2022) malam. Lampu berkekuatan 2.500 lux telah mampu.

Megahnya Stadion Jatidiri Setelah Direnovasi

  • Penulis: kompasiana.com
  • Tanggal Terbit: 11/03/2022
  • Ulasan: 4.6 (233 vote)
  • Ringkasan: Menurut Pemprov Jawa Tengah, stadion Jatidiri di renovasi tahun 2016 dari yang berkapasitas 20.000 orang menjadi 25.000 orang. Sebelum di …

Stadion Jatidiri Semarang Belum Jadi 100 Persen, Panpel PSIS VS PSM Berlakukan Aturan Ketat

  • Penulis: wawasan.suaramerdeka.com
  • Tanggal Terbit: 01/13/2023
  • Ulasan: 4.51 (373 vote)
  • Ringkasan: ”Kita menyiapkan total 15 ribu tiket pertandingan. Ini kita sesuaikan dengan kapasitas stadion yang belum 100 persen jadi,” kata CEO PSIS …

Mengintip Gemerlap Stadion Jatidiri, Markas Kebanggaan PSIS yang Makin Kinclong

  • Penulis: bola.com
  • Tanggal Terbit: 08/11/2022
  • Ulasan: 4.25 (530 vote)
  • Ringkasan: Namun, setelah direnovasi, stadion itu kini mampu menampung 25 ribu penonton. Menariknya, semua bagian tribun di Jatidiri kini sudah dilengkapi …

Pengerjaan Renovasi Stadion Jatidiri Semarang Selesai – Republika

  • Penulis: republika.co.id
  • Tanggal Terbit: 12/02/2022
  • Ulasan: 4.03 (351 vote)
  • Ringkasan: REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Foto udara suasana Stadion Jatidiri Semarang di Karangrejo, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/1/2022). Kapasitas …

Saat PSM yang Tak Punya Markas di Makassar Puji Stadion Jatidiri PSIS

  • Penulis: detik.com
  • Tanggal Terbit: 03/13/2022
  • Ulasan: 3.72 (441 vote)
  • Ringkasan: Kapasitasnya pun bertambah saat direnovasi, yang awalnya hanya bisa menampung 20 ribu penonton, sekarang stadion Jatidiri mampu menampung hingga …
  • Hasil pencarian yang cocok: “Evaluasi pelaksanaan tender kan gagal dua kali. Jadi kita hadirkan dulu yang merencanakan. Mengubah metode yang mungkin bisa dijadikan dasar. Sehingga kita bisa mendapatkan pemenang,” kata PPID Dinas Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel Muh …

Rumah Kami, Stadion Jatidiri – AtmaGo

  • Penulis: atmago.com
  • Tanggal Terbit: 10/16/2022
  • Ulasan: 3.5 (234 vote)
  • Ringkasan: Stadion jatidiri kelak menjadi satu diantara stadion Indonesia yang bertaraf internasional artinya stadion ini bakalan mampu menggelar kompetisi-kompetisi …

Stadion Jatidiri Semarang Selesai Tahun Ini, Kapasitas Bertambah Menjadi 25 Ribu

  • Penulis: joglosemarnews.com
  • Tanggal Terbit: 08/03/2022
  • Ulasan: 3.3 (437 vote)
  • Ringkasan: SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pembangunan Stadion Jatidiri Semarang akan selesai pada tahun 2022. Awalnya stadion ini hanya berkapasitas 20 …

Stadion Jatidiri Resmi Jadi Kandang PSIS, Yoyok Ajak Masyarakat Semarang Jaga Rumah Sendiri

  • Penulis: nayantaka.id
  • Tanggal Terbit: 02/14/2022
  • Ulasan: 3.12 (598 vote)
  • Ringkasan: “Kapasitas di sini cukup besar, sekitar 45 ribu. Tapi, kita sifatnya uji coba cuma menyiapkan mungkin 15 ribu. Seperti panjenengan lihat kursi- …

Mengintip Gemerlap Stadion Jatidiri, Markas Kebanggaan PSIS

  • Penulis: id.berita.yahoo.com
  • Tanggal Terbit: 01/11/2023
  • Ulasan: 2.98 (105 vote)
  • Ringkasan: Penambahan kapasitas stadion yang mencapai lima ribu lebih banyak dari kapasitas sebelumnya ini juga jadi kabar baik bagi para pendukung PSIS …

Stadion Jatidiri Kapasitasnya Jadi 25 ribu, Ganjar: Jadi Stadion Berstandar Internasiona

  • Penulis: lensabanyumas.pikiran-rakyat.com
  • Tanggal Terbit: 03/13/2022
  • Ulasan: 2.73 (84 vote)
  • Ringkasan: “Tahun ini pembangunan Stadion Jatidiri akan selesai. Dari semula yg berkapasitas 20 ribu tanpa tempat duduk, jadi 25 ribu dengan single seat,” …

Membandingkan Kemegahan Stadion Manahan dan Jatidiri

  • Penulis: ranahpesisir.com
  • Tanggal Terbit: 12/13/2022
  • Ulasan: 2.64 (64 vote)
  • Ringkasan: Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata (Disporapar) Pemprov Jawa Tengah, Sinoeng Rachmadi Nugroho, mengatakan anggaran tahun ini digunakan untuk …

Stadion New Jatidiri Semarang, Representasi Sepak Bola Modern

  • Penulis: digstraksi.com
  • Tanggal Terbit: 03/10/2022
  • Ulasan: 2.53 (119 vote)
  • Ringkasan: Namun menuju kompetisi selesai, kenudian stadion yang memiliki kapasitas 20 ribu penonton itu direnovasi total menjadi stadion yang megah.

Renovasi Rampung, Stadion Jatidiri Semarang Kejar Standar AFF

  • Penulis: radarkudus.jawapos.com
  • Tanggal Terbit: 03/01/2022
  • Ulasan: 2.56 (152 vote)
  • Ringkasan: Saat ini, masing-masing tribun sudah memiliki dua pintu. Selain itu, penonton dapat melakukan pembelian tiket secara online, dan tertera lokasi …

Selesai Direnovasi, Begini Megahnya Stadion Jatidiri Semarang

  • Penulis: solopos.com
  • Tanggal Terbit: 04/03/2022
  • Ulasan: 2.47 (175 vote)
  • Ringkasan: Renovasi stadion yang dilaksanakan sejak 2016 berkapasitas dari 20.000 tempat duduk tanpa kursi tunggal (single seat) menjadi sekitar 25.000 …

5 Stadion Terbesar di Indonesia, JIS Kalahkan GBK

  • Penulis: cnnindonesia.com
  • Tanggal Terbit: 04/03/2022
  • Ulasan: 2.3 (133 vote)
  • Ringkasan: Terakhir ada Stadion Jatidiri, Semarang. Kapasitasnya adalah 45 ribu tempat duduk. Sejatinya kapasitas Jatidiri sama dengan Stadion Harapan …

BOLAPEDIA: 5 Stadion Terbesar di Indonesia, Nomor 2 Kurang Terawat

  • Penulis: sportstars.id
  • Tanggal Terbit: 09/29/2022
  • Ulasan: 2.25 (91 vote)
  • Ringkasan: Stadion Jatidiri awalnya hanya memiliki kapasitas sebesar 21.000 penonton. Namun, pada tahun 2016 dilakukan renovasi besar-besaran. Tribune …