Simak 10+ pernyataan yang benar tentang bahan hasil samping sayuran adalah terbaru lengkap

Pada artikel ini kami akan menjelaskan pernyataan yang benar tentang bahan hasil samping sayuran adalah Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Pertanyaan dalam UU Jaminan Produk Halal, apakah produk seyogianya disertifikasi halal atau disertifikasi haram, muncul kembali setelah muncul pernyataan beberapa pihak bahwa sertifikasi produk yang dilakukan semestinya adalah sertifikasi haram, bukan sertifikasi halal sebagaimana yang dipraktekkan selama ini, baik di Indonesia maupun yang berlaku umum di dunia.

Pernyataan yang sama sebenarnya juga pernah dimunculkan beberapa tahun yang lalu. Tulisan ini mencoba memberikan tanggapan terhadap pertanyaan dan pernyataan tersebut.

Pihak yang berpendapat bahwa sertifikat haram yang mestinya dilakukan mendasari pendapatnya bahwa jumlah bahan yang haram itu jauh lebih sedikit dibanding bahan yang halal. Dengan demikian jumlah yang perlu disertifikasi juga lebih sedikit. Apakah logika tersebut benar?

Produk Halal, Haram dan Syubhat

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim menyebutkan bahwa “(Sesuatu) yang halal telah jelas dan yang haram juga telah jelas, dan diantara keduanya ada perkara Syubhat (samar-samar). Barangsiapa menjaga diri dari perkara yang syubhat itu berarti ia telah menjaga agama dan kehormatannya. Barangsiapa terjatuh ke pada yang syubhat berarti ia telah terjatuh dalam yang haram”.

Hadits ini secara tegas menyebutkan bahwa yang haram itu telah jelas,. Artinya bahan yang haram sesungguhnya tidak perlu disertifikasi haram. Lagi pula dalam kenyataannya, tidak ada industri atau restoran yang menggunakan bahan yang haram seperti daging babi, atau industri yang menghasilkan minuman keras kemudian mengajukan sertifkat haram. Tidak ada untung dan manfaatnya bagi mereka mengajukan atau memperoleh sertifikat haram.

Sebaliknya yang halal juga sudah jelas dan juga tidak perlu disertifikasi halal. Dalam terminologi proses sertifikasi halal, bahan tersebut dikelompokkan kedalam kelompok positive list, yaitu bahan bahan yang sudah jelas kehalalannya dan tidak perlu untuk disertifikasi halal, seperti bahan tambang, sayuran segar, ikan segar, dan lain lain (lihat pada laman www.halalmui.org).

Yang justru perlu disertifikasi adalah bahan bahan yang syubhat (samar-samar) seperti yang dinyatakan dalam hadits tersebut, yaitu bahan bahan yang tidak atau belum jelas apakah halal atau haram. Proses sertifikasi pada dasarnya adalah proses untuk sampai kepada keputusan bahan yang tidak jelas tersebut agar menjadi jelas, apakah bahan tersebut jelas halal atau jelas haram.

Proses tersebut tentunya melalui proses audit (pemeriksaan dan/atau pengujian) oleh lembaga yang kompeten dan proses penetapan (fatwa) oleh lembaga yang diakui dan mempunyai kewenangan untuk memberikan fatwa halal.

Bahwa makanan dan minuman yang haram itu lebih sedikit dari makanan dan minuman yang halal benar adanya. Bahan makanan dan minuman yang haram itu menurut Al Quran hanyalah bangkai, darah, daging babi, dan hewan yang disembelih dengan tidak menyebut nama Allah (Al Baqarah 173) dan khamr (Al Maidah 90).

Selain itu, beberapa hadits juga menyebutkan keharaman binatang buas (karnivora), binatang yang hidup di dua alam (amphibi), binatang yang menjijikkan, binatang yang disuruh untuk membunuhnya, dan binatang yang dilarang untuk membunuhnya.

Namun yang berpendapat bahwa yang haram itu lebih sedikit mungkin lupa atau mungkin tidak tahu kalau perkembangan ilmu dan teknologi di bidang pangan menyebabkan makanan minuman yang kita konsumsi sekarang, terutama yang dibuat secara industri sudah menjadi sesuatu yang syubhat.

Dalam pembuatan makanan minuman, selain bahan baku utama (main raw material), juga ada bahan tambahan (additives) dan bahan penolong (processing aids). Bisa jadi bahan utamanya sendiri berasal dari bahan yang haram, atau bahan utamanya bahan yang halal namun bahan tambahan atau bahan penolongnya berasal dari bahan yang haram sehingga tercampur antara yang halal dengan yang haram.

Atau mungkin juga fasilitas proses produksi digunakan untuk bahan yang halal dan bahan yang haram sehingga bahan yang halal terkontaminasi oleh bahan yang haram. Dengan demikian status produk industri menjadi produk yang syubhat , yaitu belum jalal kehalalannya. Karena itu, produk yang syubhat tersebut perlu diperjelas status kehalalannya melalui proses serifikasi.

Contoh Produk Syubhat

Ambil salah satu contoh, misalnya es krim yang menggunakan emulsifier (bahan pengemulsi). Emulsifier sederhananya adalah satu senyawa kimia yang sekaligus mempunyai gugus hidrofilik (suka air) dan hidrofobik atau lipofilik (suka minyak).

Emulsifier digunakan sebagai bahan untuk mempersatukan antara fase minyak dan fase air yang secara normal tidak mungkin bisa bersatu sebagaimana peribahasa “seperti minyak dengan air”. Dengan penambahan emulsifier, fase minyak dan fase air dapat bersatu membentuk emulsi yang homogen dan stabil. Emulsifier diperlukan untuk menjaga kestabilan emulsi pada es krim dan produk produk produk lain yang melibatkan pencampuran dua fase air dan minyak.

Aplikasi emulsifier banyak sekali dalam bidang pangan, farmasi dan kosmetika. Emulsifier merupakan salah satu bahan tambahan yang biasa dikodekan dengan E322 (lecithin), E471 (mono dan digliserida dari asam lemak), dan E472 (senyawa ester dari monogliserida dari asam lemak). Di media sosial berkembang isu bahwa semua emulsifier ini berasal dari bahan lemak babi, bahkan semua bahan atau sebagian besar bahan berkode E tersebut berasal dari bahan haram.

Isu tersebut tentu juga tidak sepenuhnya benar. Kode E tersebut memang tidak menyebutkan asal usul bahan seperti asam lemak dan gliserol yang digunakan. Karena itu asam lemak dan gliserol yang digunakan bisa saja berasal dari lemak nabati (tanaman) ataupun lemak hewani. Di negara negara yang banyak mengkonsumsi daging babi, memang lumrah memanfaatkan lemak babi yang merupakan hasil samping industri peternakan babi untuk menjadi produk lain yang bernilai ekonomi.

Emulsifier yang berasal dari lemak babi, atau dari lemak hewan yang tidak disembelih sesuai dengan syariat Islam tentu saja merupakan bahan yang haram. Kejelasan sumber lemak atau bahan bahan lain yang digunakan tentunya bisa diperoleh melalui proses sertifikasi. Karena itu, produk industri yang belum atau tidak disertifikasi, tidak berarti haram dan juga tidak berarti halal. Statusnya adalah syubhat, yaitu belum jelas kehalalan atau keharamannya.

Perlukah Sertifikat Haram?

Nah, output dari proses sertifikasi itu apakah sertifikat halal atau sertifikat haram? Layaknya dalam suatu proses ujian atau pengujian, sertifikat diberikan kepada orang atau produk yang lolos dalam ujian atau pengujian tersebut walaupun jumlah yang tidak lulus jauh lebih sedikit dari pada yang lulus.

Karena itu, sertifikat halal diberikan kepada produk yang lolos proses sertifikasi halal, bukan sertifikat haram kepada produk yang tidak lolos proses sertifikasi halal. Dalam dunia pendidikan misalnya, bukankah sertifikat kelulusan atau ijazah diberikan kepada yang lulus ujian, bukan sertifikat ketidaklulusan kepada yang tidak lulus ujian, walaupun jumlah yang tidak lulus jauh lebih sedikit dari pada yang lulus?

Jadi adalah logika yang terbalik balik apa bila sertifikat haram diberikan kepada yang tidak lolos proses sertifkasi halal. Atau juga terlalu naïf bila sertifikat haram diberikan kepada yang jelas jelas haram, kemudian menganggap yang diluar itu semuanya otomatis halal.

*) Prof. Khaswar Syamsu, PhD adalah staf Pengajar di Departemen Teknologi Industri Pertanian dan Staf Peneliti di Pusat Penelitian Sumberdaya Hayati dan Bioteknologi IPB University.

Top 16 pernyataan yang benar tentang bahan hasil samping sayuran adalah menjelaskan Nha Xinh

Metode Pemberian Pupuk Pada Tanaman – Detail Berita Kumpulrejo

Metode Pemberian Pupuk Pada Tanaman - Detail Berita Kumpulrejo
  • Penulis: kumpulrejo.desa.id
  • Tanggal Terbit: 05/30/2022
  • Ulasan: 4.88 (945 vote)
  • Ringkasan: ID Petani sangat membutuhkan pengetahuan tentang metode pemupukan yang benar. … di samping batang sedalam kurang lebih 10 cm dan ditutup dengan tanah.

Pernyataan yang benar tentang bahan hasil samping sayuran adalah…. A. Bahan hasil samping sayuran dihasilkan dari hasil utama tanaman sayuran B. Bahan hasil samping sayuran hanya dapat dimanfaatkan untuk konsumsi hewan saja C. Contoh-contoh bahan hasil samping sayuran adalah seperti kulit kentang, daun wortel serta daun yang membungkus brokoli D. Bahan hasil samping sayuran tidak dapat diolah lagi menjadi bahan pangan

  • Penulis: rumahsoal.my.id
  • Tanggal Terbit: 06/30/2022
  • Ulasan: 4.64 (463 vote)
  • Ringkasan: B. Bahan hasil samping sayuran hanya dapat dimanfaatkan untuk konsumsi hewan saja. C. Contoh-contoh bahan hasil samping sayuran adalah seperti …

Buah dan Sayur Pelindung Mata, Ini Daftarnya – Direktorat P2PTM

  • Penulis: p2ptm.kemkes.go.id
  • Tanggal Terbit: 10/05/2022
  • Ulasan: 4.39 (461 vote)
  • Ringkasan: Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan mata, brokoli mengandung nutrisi Zeaxanthin dan Lutein yang fungsinya …

Latihan Soal Prakarya Kelas 7 SMP/ MTs Semester 2 Bab 5

  • Penulis: ahzaa.net
  • Tanggal Terbit: 10/14/2022
  • Ulasan: 4.36 (359 vote)
  • Ringkasan: sayuran (selain dari pada bahan pangan utama sayuran) yang masih bisa dimanfaatkan. Ada berbagai macam bahan pangan hasil sayuran yang dapat …

DAMPAK NEGATIF PESTISIDA PERTANIAN TERHADAP KESEHATAN MANUSIA

  • Penulis: badungkab.go.id
  • Tanggal Terbit: 05/26/2022
  • Ulasan: 4.12 (294 vote)
  • Ringkasan: Dalam peraturan pemerintah tersebut yang disebut sebagai pestisida adalah semua zat kimia dan bahan lain serta jasad renik dan virus yang …

Teknik dan Urutan Tahapan Pengolahan Pangan yang Benar

  • Penulis: kumparan.com
  • Tanggal Terbit: 11/19/2022
  • Ulasan: 3.69 (375 vote)
  • Ringkasan: Selain menggunakan kedua teknik tersebut, bahan makanan juga bisa diolah dengan teknik lainnya, seperti menghaluskan, mengasap, mencampur, dan …

5 Manfaat Flavonoid untuk Kesehatan – Alodokter

  • Penulis: alodokter.com
  • Tanggal Terbit: 07/19/2022
  • Ulasan: 3.53 (401 vote)
  • Ringkasan: Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber makanan yang baik untuk tubuh karena mengandung serat, vitamin, dan mineral.

Bank Soal Prakarya Kelas 7, 8 dan 9 | SMP NEGERI 5 WATES

  • Penulis: smpn5wates.sch.id
  • Tanggal Terbit: 05/05/2022
  • Ulasan: 3.23 (263 vote)
  • Ringkasan: Rami dan flax merupakan serat hasil dari a. biji b. batang c. daun d. buah. 3. Berikut ini yang termasuk bahan serat alam dari tumbuhan adalah…
  • Hasil pencarian yang cocok: domestikorganik anorganik buatan2.Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita menemukan jenis bahan limbah keras organik yang bisa dijadikan sebuah karya kerajinan, diantaranya adalah…..cangkang kerang laut, tulang sapi, tulang ikan, sisik ikan, …

Hasil Samping Sayuran Yang Tidak Mengandung Antioksidan Adalah​

  • Penulis: wargamasyarakat.org
  • Tanggal Terbit: 12/18/2022
  • Ulasan: 3.11 (256 vote)
  • Ringkasan: Sayur yaitu semua jenis tanaman yg dapat dikonsumsi baik yg diambil dr akar, batang, daun, biji, bunga atau serpihan lain yg dipakai untuk …
  • Hasil pencarian yang cocok: 5. Kulit Kentang ternyata lebih baik dr kentang itu sendiriNutrisi kentang paling banyak terletak pada penggalan bawah kulitnya. Kulit ini kaya akan asam klorogenik, yaitu polifenol yg menghalangi mutasi sel-sel yg mengarah pada kanker. Asam …

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman

  • Penulis: corteva.id
  • Tanggal Terbit: 08/14/2022
  • Ulasan: 2.94 (101 vote)
  • Ringkasan: Di samping itu ada faktor lingkungan yang ikut berpengaruh. … Nutrisi merupakan bahan baku dan sumber energi dalam proses metabolisme tubuh.
  • Hasil pencarian yang cocok: 3. Air dan Kelembaban Air dan kelembaban merupakan faktor penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Air sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Tanpa air, makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup. Air merupakan tempat berlangsungnya reaksi-reaksi …

Contoh Soal Numerasi ANBK SMP dan Sederajat, Latihan Yuk!

  • Penulis: detik.com
  • Tanggal Terbit: 03/29/2022
  • Ulasan: 2.74 (115 vote)
  • Ringkasan: Berikut perkiraan lama panen dan hasil panen sayuran hidroponik. … Pilihlah Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!
  • Hasil pencarian yang cocok: Mira kini telah mendapatkan pesanan kue nastar keju yang dibuatnya, dia mendapat pesanan dari ibu Karim sebanyak 8 toples. Untuk mengemas kuenya, Mira membeli toples kosong seharga Rp 10.000/buah dan modal bahan kue per toples Rp 50.000. Mira …

Pangan Iradiasi, alternatif yang menjanjikan

  • Penulis: pom.go.id
  • Tanggal Terbit: 07/10/2022
  • Ulasan: 2.69 (111 vote)
  • Ringkasan: Di samping untuk alasan keamanan pangan, iradiasi juga dapat dimanfaatkan untuk … hasil sari buah), sayuran dehidrasi (mengurangi waktu memasak), dll.

6 Makanan untuk Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis

  • Penulis: halodoc.com
  • Tanggal Terbit: 03/27/2022
  • Ulasan: 2.68 (167 vote)
  • Ringkasan: 1. Susu dan Produk Olahannya. Susu adalah sumber kalsium terbaik yang berguna untuk menguatkan tulang. Teratur minum susu dapat menjaga tulang agar tetap sehat …

Olahan Hasil Samping | PDF – Scribd

  • Penulis: scribd.com
  • Tanggal Terbit: 09/15/2022
  • Ulasan: 2.41 (164 vote)
  • Ringkasan: Dalam setiap masakan kita biasanya menggunakan bawang · Sayur brokoli yang biasa dikonsumi adalah bunganya. · 3. Tangkai Daun Hijau pada Wortel · Kentang kaya akan …

9. pernyataan yang benar tentang bahan hasil samping sayuran adalah. a. bahan hasil samping sayuran dihasilkan dari hasil utama tanaman sayuran b. bahan hasil samping sayuran hanya dapat dimanfaatkan untuk konsumsi hewan saja c.bahan hasil samping sayuran tidak dapat diolah lagi menjadi bahan pangan d. contoh-contoh bahan hasil samping sayuran adalah seperti kulit kentang dan wortel serta daun yang membungkus brokoli​

  • Penulis: brainly.co.id
  • Tanggal Terbit: 05/27/2022
  • Ulasan: 2.4 (62 vote)
  • Ringkasan: 9. pernyataan yang benar tentangbahan hasil samping sayuran adalah… a. bahan hasil samping sayuran dihasilkan dari hasil utama tanaman

Jelaskan tujuan dari pengolahan pangan!

  • Penulis: roboguru.ruangguru.com
  • Tanggal Terbit: 08/18/2022
  • Ulasan: 2.24 (181 vote)
  • Ringkasan: Pengolahan pangan memiliki beberapa tujuan di antaranya, yaitu untuk meningkatkan kualitas dan memperpanjang umur simpan bahan pangan, …