[Easy] 20+ habis jatuh kaki tidak bisa jalan terbaru lengkap

Pada artikel ini kami akan menjelaskan habis jatuh kaki tidak bisa jalan Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Jakarta

Para anggota keluarga Sutarno mengalami kelumpuhan. Meski begitu, putrinya yang lumpuh tetap tegar dan bernyanyi memperjuangkan hidup keluarga.

Sutarno adalah pria 63 tahun warga Jl Bulak Cabe RT 06 RW 009, Cilincing, Jakarta Utara. Dia punya istri dan empat anak. Sutarno sendiri mengalami sakit pada kakinya jika berjalan.

Penyakit lumpuh diderita oleh istri Sutarno bernama Mujaroh (56), anak ke-3 bernama Maya (32), dan anak ke-3 bernama Irfan (25). Sementara itu, dua anak lainnya normal, yaitu Jamhuri (36) dan Kurniawan (21).

detikcom mendatangi kediaman keluarga Sutarno, Selasa (4/1/2022) pukul 10.00 WIB. Tampak Sutarno dan Mujaroh tengah duduk di depan rumah. Terlihat juga satu kursi roda di teras rumahnya. Mujaroh menjelaskan penyebab dirinya lumpuh.

“Kalau saya (lumpuh gara-gara) jatuh. Ini kaki saya pakai per. Terus kaki saya juga gepeng. Tadinya saya bisa jalan, terakhir lima tahun yang lalu. Saya keturunan dari bapak saya, dia juga nggak bisa jalan,” kata Mujaroh.

Mujaroh kemudian bercerita soal anak ketiganya yang lumpuh, Irfan. Dulu, Irfan sempat bisa berjalan tetapi karena terjatuh dan tidak ditangani dokter, akhirnya dia tidak lagi bisa berjalan.

“Kalau Irfan jatuh. Dia kan pulang tuh dari kawan-kawannya, dia pulang lemas terus jatuh. Saya tawarin ke rumah sakit tapi nggak mau. Sampai sekarang kayak begini,” ujarnya.

Selain Mujaroh dan Irfan, Maya menderita penyakit yang sama. Namun, kata Mujaroh, Maya menderita penyakit tersebut sejak lahir.

“Kalau Maya memang dari lahir, udah melengkung (kakinya). Dia dari kecil pas dibedong nangis, ternyata melengkung,” kata Mujaroh.

“Terus juga dia pernah tabrakan sama motor juga, dibawa ke rumah sakit. Mau dioperasi nggak bisa, udah seperti huruf O kakinya. Jadi dia tidur, kakinya melengkung aja tiap hari, pas mau dilurusin nggak bisa udah keras, jadi bersila aja dia,” tutur Mujaroh.

Di tengah keterbatasannya, saat ini Maya menjadi tulang punggung keluarganya dengan cara mengamen. Mujaroh mengatakan biasanya Maya berkeliling dari siang hingga petang untuk mengamen. “Dia kerja ngamen keliling-keliling deket-deket sini aja. Berangkat siang, pulang sore kadang habis magrib, kadang sehabis isya,” ujar Mujaroh.

Dari hasil mengamen, Maya biasanya meraup keuntungan Rp 30 ribu sehari. Mujaroh mengatakan uang tersebut kemudian dibagikan ke keluarga.

“Kalau sepi cuma Rp 20 ribu atau Rp 30 ribu, soalnya dia kan ngamen nggak sendiri. Dia ngamen bertiga jadi dibagi, tapi kadang dapet Rp 50 ribu. Dia ngasih bapaknya ini buat beli rokok, ngasih ke saya buat jajan Rp 5 ribu. Sisanya buat Maya,” kata dia.

Sebelumnya, Mujaroh dan keluarga sempat melarang Maya mengamen karena malu. Selain itu, Mujaroh khawatir akan kesehatan Maya yang kerap mengeluarkan darah dari mulutnya jika kelelahan.

“Saya sempat melarang untuk ngamen, nggak enak, malu. Tapi kata dia, ngapain malu orang ngamen doang, kalo nggak ngamen nggak jajan kita. Dia kalau sakit kalau kecapekan kan ngeluarin darah dari mulutnya. Kalau kurang tidur juga,” tambahnya.

Sebelumnya, Sutarno sempat sempat bekerja sebagai buruh di pelabuhan. Karena kondisi kesehatan, akhirnya dia memutuskan berhenti.

“Saya kerja di perahu, bawa udang disuruh orang China, ke Cilincing disuruh dijual. Tapi udah lama berhenti, dari tahun 2003. Sampai sekarang udah nggak kerja, di rumah aja gini. Dianya juga bangkrut,” kata Sutarno.

Simak juga ‘Detik-detik Satpam di Cilincing Tersambar Petir’:

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/dnu)

Top 20 habis jatuh kaki tidak bisa jalan menjelaskan Nha Xinh

Trauma Ortopedi Harus Segera Ditangani dengan Tepat

  • Penulis: kompas.id
  • Tanggal Terbit: 10/29/2022
  • Ulasan: 4.98 (871 vote)
  • Ringkasan: Penyebabnya bisa karena benturan secara langsung seperti kecelakaan, cedera olahraga, terpeleset, atau jatuh saat bermain.

Cari tahu tentang nyeri kaki dan pergelangan kaki

  • Penulis: voltaren.co.id
  • Tanggal Terbit: 11/06/2022
  • Ulasan: 4.65 (323 vote)
  • Ringkasan: Plantar fasciitis, disebabkan oleh rusaknya pita jaringan yang berjalan di bawah telapak kaki, dapat menyebabkan nyeri tumit. Anda juga dapat merasakan nyeri …

Bukan Keseleo, Ini Tanda Balita Patah Tulang Setelah Jatuh

  • Penulis: orami.co.id
  • Tanggal Terbit: 12/02/2022
  • Ulasan: 4.41 (267 vote)
  • Ringkasan: Sulit mengidentifikasi fraktur pada bayi atau balita yang belum pandai mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Mereka hanya bisa menangis, dan …

Memulihkan tulang kaki setelah jatuh dari motor

  • Penulis: klinikfisioterapi.com
  • Tanggal Terbit: 09/05/2022
  • Ulasan: 4.13 (551 vote)
  • Ringkasan: Jika hingga saat ini kaki kiri Anda belum bisa digunakan untuk berjalan, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri Anda ke dokter. Dokter akan melakukan …

Penyebab Nyeri Kaki, Tak Melulu Gara-Gara Keseleo

  • Penulis: cnnindonesia.com
  • Tanggal Terbit: 09/16/2022
  • Ulasan: 3.81 (349 vote)
  • Ringkasan: Kram otot merupakan gejala kontraksi otot dengan kuat dan terjadi secara tiba-tiba. Kram bisa berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa …

Cedera Karena Jatuh, Sebaiknya Dibawa Ke Tukang Urut Atau Dokter?

  • Penulis: emc.id
  • Tanggal Terbit: 03/13/2022
  • Ulasan: 3.61 (538 vote)
  • Ringkasan: Batasi pergerakan korban, istirahatkan kaki atau bagian yang cedera. · Kompres bagian yang nyeri atau bengkak dengan air es. · Apabila patah, ikat …
  • Hasil pencarian yang cocok: Apabila seseorang mengalami cedera karena jatuh, sebaiknya langsung dibawa ke dokter di rumah sakit. Selain karena lebih kompeten dalam menangani cedera tersebut, dokter akan memberikan perawatan yang cepat dan tepat. Dokter di rumah sakit dapat …

Anak tidak mau jalan setelah jatuh

  • Penulis: hellosehat.com
  • Tanggal Terbit: 02/16/2022
  • Ulasan: 3.39 (268 vote)
  • Ringkasan: Pagi dok, Anak sy usia y 3th tdk mw jln setelah jatuh sdh seminggu, sy coba berikan rasa kepercayaan diri untuk dia bs kembali jalan,sdh dicoba bel.

Lima mitos keliru soal patah tulang

  • Penulis: bbc.com
  • Tanggal Terbit: 04/07/2022
  • Ulasan: 3.19 (339 vote)
  • Ringkasan: Jika metatarsal – tulang di bawah jari-jari kaki – patah, patah tulang masih bisa sembuh tanpa plester apa pun selama kaki beristirahat. Ini …

Kenali Tanda dan Gejala Cedera Saraf Tulang Belakang

  • Penulis: ugm.ac.id
  • Tanggal Terbit: 01/08/2023
  • Ulasan: 3.14 (542 vote)
  • Ringkasan: “Ketika nyerinya mengganggu dan tidak bisa berkurang dengan istirahat, harus diwaspadai dan segera memeriksakan diri ke fasilitas atau dokter …

Sangat Fatal, Ini Bahaya Jatuh Duduk saat Terpeleset

  • Penulis: royalprogress.com
  • Tanggal Terbit: 11/13/2022
  • Ulasan: 2.79 (73 vote)
  • Ringkasan: Patah tulang di tangan, kaki, bahkan cedera tulang ekor bisa terjadi saat terjatuh dalam posisi duduk. Apalagi pada orang lansia, …
  • Hasil pencarian yang cocok: Sederhana namun dapat mengurangi ketegangan otot dengan berendam di air hangat. Bukan hanya otot, tapi juga dapat membuat tulang belakang lebih rileks. Cara ini mampu mengurangi rasa nyeri di sekitar panggul. Anda bisa berendam di air hangat lebih …

Cara Mengobati Salah Urat Secara Alami

  • Penulis: dinkes.bantenprov.go.id
  • Tanggal Terbit: 10/24/2022
  • Ulasan: 2.79 (65 vote)
  • Ringkasan: Dari penyebab tersebut, dapat disimpulkan bahwa seseorang dapat terkilir karena melakukan gerakkan yang sangat cepat akibat reflek jatuh dan …
  • Hasil pencarian yang cocok: Jika terjadi kombinasi antara terjepitnya pembuluh darah dan pecahnya pembuluh darah, maka rasa sakit akibat terkilir tidak hilang walau warna kulit telah pulih kembali, dengan pembengkakan tetap terjadi. Dengan berjalannya waktu, tubuh manusia …

Kaki bengkak di telapak kaki-betis setelah terjatuh dari motor, apa sebabnya?

  • Penulis: sehatq.com
  • Tanggal Terbit: 02/06/2022
  • Ulasan: 2.67 (186 vote)
  • Ringkasan: Bengkak dan nyeri pada betis hingga telapak kaki setelah terjatuh dari motor kemungkinan memang akan terjadi karena benturan, terkilir pada otot …

Kaki Keseleo yang Tak Kunjung Sembuh (Bagian 1)

  • Penulis: rscarolus.or.id
  • Tanggal Terbit: 02/05/2022
  • Ulasan: 2.67 (139 vote)
  • Ringkasan: Bila mengalami cedera pergelangan kaki, pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah prinsip RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation). Segera …

Jatuh Ringan dari Motor, Waspada Cedera Dalam!

  • Penulis: otomotifnet.gridoto.com
  • Tanggal Terbit: 10/26/2022
  • Ulasan: 2.57 (164 vote)
  • Ringkasan: Urut memang bisa dilakukan untuk merilekskan kembali jaringan otot yang stres akibat benturan. Tapi jangan lupa pastikan tidak ada cedera serius …
  • Hasil pencarian yang cocok: Urut memang bisa dilakukan untuk merilekskan kembali jaringan otot yang stres akibat benturan. Tapi jangan lupa pastikan tidak ada cedera serius pada tulang dan otot. “Kalau tabrakannya keras, sampai bengkak atau memar, jangan langsung diurut. Sakit …

Cedera Kaki dan Ingin Aktif Berjalan Lagi, Ikuti Saran Berikut

  • Penulis: gaya.tempo.co
  • Tanggal Terbit: 05/14/2022
  • Ulasan: 2.47 (122 vote)
  • Ringkasan: “Secara umum, patah tulang dan cedera tulang akan memakan waktu enam hingga delapan minggu untuk sembuh secara struktural. Cedera ligamen dan …
  • Hasil pencarian yang cocok: Pada September 2019, Williams merasa cukup kuat untuk kembali ke jalan menapaki rute Camino Portugués berjarak 600.000 meter dari Lisbon di Portugal ke Santiago di Spanyol. Berikut tips utama William untuk kembali berjalan setelah cedera dengan …

Bengkak dan Nyeri Setelah Cedera, Apakah Boleh

  • Penulis: herminahospitals.com
  • Tanggal Terbit: 05/21/2022
  • Ulasan: 2.29 (180 vote)
  • Ringkasan: Cedera akibat jatuh, baik karena terpeleset, olahraga, atau kecelakaan lalu lintas, merupakan kejadian yang sering ditemui di sekitar kita.

Tidak Bisa Bergerak Setelah Jatuh? Ini 2 Gejala Patah Pelvik

  • Penulis: halodoc.com
  • Tanggal Terbit: 11/13/2022
  • Ulasan: 2.14 (195 vote)
  • Ringkasan: Nyeri pada pinggul atau pangkal paha biasa terjadi dan diperparah dengan menggerakkan pinggul atau mencoba berjalan yang mungkin masih bisa …
  • Hasil pencarian yang cocok: Patah pelvis yang tidak stabil cenderung menyebabkan nyeri dan syok yang parah. Nyeri dapat terjadi pada panggul, pangkal paha, punggung, perut, atau bawah kaki. Tulang panggul besar adalah bagian yang memiliki suplai darah yang sangat banyak, jadi …

5 Cara Menyembuhkan Engkel Kaki dengan Alami

  • Penulis: fimela.com
  • Tanggal Terbit: 08/10/2022
  • Ulasan: 2.04 (166 vote)
  • Ringkasan: Fimela.com, Jakarta Engkel kaki adalah kondisi saat kaki terkilir dan menyebabkan nyeri pada bagian pergelangan kaki. Engkel kaki bisa …

Cara Mengobati Kaki Bengkak Karena Jatuh yang Efektif Selain Pijat

  • Penulis: medi-call.id
  • Tanggal Terbit: 11/13/2022
  • Ulasan: 2.05 (145 vote)
  • Ringkasan: Cedera ringan biasanya diikuti oleh gejala seperti kaki membengkak, nyeri saat berjalan, memar dan tidak dapat bergerak bebas. Kondisi ini tentu …

Habis Terpeleset? Ini Bahaya dan Cara Mengatasinya

  • Penulis: klikdokter.com
  • Tanggal Terbit: 01/29/2022
  • Ulasan: 1.84 (81 vote)
  • Ringkasan: Menurut penelitian, beberapa masalah yang bisa terjadi adalah pendarahan dan kelumpuhan. Sebab saat jatuh terduduk, bagian tulang belakang dapat …