Simak 20 apa perbedaan antara meteor dan meteorit sempurna

Pada artikel ini kami akan menjelaskan apa perbedaan antara meteor dan meteorit Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Video apa perbedaan antara meteor dan meteorit

Ruang angkasa terdiri dari berbagai benda yang menarik untuk diteliti, salah satunya meteor. Meteor adalah benda angkasa yang meluncur di angkasa luar, masuk ke dalam atmosfer dan menyala karena gesekan udara, pada umumnya habis terbakar sebelum mencapai permukaan bumi, dan apabila masih bersisa benda itu jatuh sebagai meteorit.

Meteor merupakan meteoroid yang bergesekan dengan atmosfer bumi. Meteor dikenal dengan sebutan bintang jatuh. Meteor dapat jatuh ke bumi karena tertarik oleh gravitasi bumi. Ketika memasuki atmosfer bumi, meteor akan memanas dan sebelum terbakar habis akan tampak jejak seperti ekor berkilau. Meteor tersusun dari bebatuan dan bongkahan logam seperti besi serta nikel.

Jenis-Jenis Meteor

Melansir National Geographic, meteor diklasifikasikan berdasarkan ukuran, kecerahan, dan kedekatannya dengan Bumi. Adapun jenis-jenis meteor dijelaskan sebagai berikut.

1. Earthgrazers

Earthgazers adalah adalah meteor yang melesat dekat cakrawala dan dikenal karena ekornya yang panjang dan berwarna-warni. Beberapa earthgazers terpental dari atmosfer atas Bumi dan masuk kembali ke luar angkasa. Earthgazers lainnya pecah di atmosfer dan melesat di langit sebagai bintang jatuh.

Meteor earthgazers yang terkenal adalah “1972 Great Daylight Fireball” yang memasuki atmosfer di atas negara bagian Utah, AS dan melesat di langit dengan kecepatan 15 kilometer per detik lalu keluar dari atmosfer di atas provinsi Kanada Alberta.

2. Fireballs

Fireballs adalah meteor yang lebih besar dengan ukuran sebesar bola basket hingga mobil kecil. Meteor fireballs memiliki cahaya yang lebih terang dan tahan lama dibandingkan dengan earthgazers.

Persatuan Astronomi Internasional menggambarkan fireballs sebagai “meteor yang lebih terang daripada planet mana pun.” Fireball merupakan jenis meteor yang paling umum.

3. Bolides

Bolide adalah jenis meteor yang lebih terang dan masif dari fireball dan sering meledak di atmosfer. Ledakan ini dapat didengar dan bahkan dirasakan di permukaan bumi. Beberapa astronom mengklasifikasikan bolides sebagai bola api yang menghasilkan ledakan sonik saat melesat melintasi atmosfer.

Jenis bolide yang dikenal sebagai superbolide bersinar sangat terang dan menciptakan ledakan besar sehingga berbahaya bagi alam dan manusia. Meteor superbolide yang melintas di Chelyabinsk, Rusia pada 2013 meledak dengan energi sekitar 500 kiloton TNT. Gelombang kejutnya menghancurkan jendela pada ribuan gedung apartemen dan melukai lebih dari 1.200 orang karena cedera.

Meteor Chelyabinsk sangat terang, sinarnya 30 kali lebih terang dari matahari pada saat teriknya, sehingga membuat orang-orang mengalami luka bakar pada kulit dan retina. Para ilmuwan terus mempelajari peristiwa Chelyabinsk untuk lebih memahami betapa rentannya kehidupan manusia terhadap tabrakan objek luar angkasa dan untuk mengembangkan teknologi untuk melindungi Bumi dari tabrakan tersebut.

Hujan Meteor

Mengutip Kuark – Gemerlap Hujan Meteor, hujan meteor adalah peristiwa masuknya meteor ke atmosfer dalam jumlah banyak. Jumlahnya bisa mencapai 100 meteor tiap jam. Hujan meteor diberi nama sesuai konstelasi di mana meteor tampaknya berasal. Contohnya Hujan Meteor Orionids yang terjadi pada bulan Oktober setiap tahun, berasal dari dekat konstelasi Orion the Hunter.

Menurut NASA, sekitar 30 hujan meteor terjadi setiap tahun dan dapat terlihat oleh pengamat di Bumi. Beberapa dari hujan meteor tersebut telah berusia lebih dari 100 tahun. Mengutip Astronomy.com, pengamatan meteor dimulai pada tahun 1833, ketika terjadi hujan meteor sejumlah 60.000 meteor per jam mengejutkan dunia.

Pada tahun 1860-an, para astronomer menyimpulkan bahwa hujan meteor terjadi setiap tahun. Hujan meteor terjadi ketika Bumi melintas paling dekat dengan orbit komet. Sebagian besar meteor yang terlihat berupa partikel halus yang tidak lebih besar dari butiran pasir.

Ketika sebuah partikel memasuki atmosfer bumi, mereka bertabrakan dengan atom dan molekul gas. Partikel berpendar dalam selubung bercahaya dari udara panas dan bahan yang menguap dari permukaannya sendiri.

Meteor menjadi dapat dilihat pada ketinggian 80 dan 120 kilometer. Partikel yang lebih cepat biasanya bersinar di ketinggian yang lebih tinggi. Waktu ideal untuk melihat hujan meteor adalah saat puncaknya pada pagi dini hari.

Melansir National Geographic, hujan meteor paling cemerlang yang tercatat dalam sejarah adalah hujan meteor Leonid yang terjadi pada 12-13 November 1833. Saat itu, puluhan ribu meteor menerangi langit selama empat jam.

Jenis-Jenis Meteorit

Meteorit adalah meteor yang jatuh dan sampai di permukaan bumi. Berdasarkan publikasi Natural History Museum, ada tiga jenis meteorit yang dibedakan berdasarkan jumlah logam besi-nikel.

1. Meteorit Logam

Meteorit logam hampir seluruhnya terbuat dari logam. Jenis ini terdiri dari logam besi-nikel dengan sejumlah kecil mineral sulfida dan karbida. Sebagian besar meteorit besi dianggap sebagai inti asteroid yang meleleh di awal sejarahnya.

2. Meteorit Batuan

Mayoritas temuan meteorit adalah meteorit batuan, sebagian besar terdiri dari mineral silikat. Ada dua jenis meteorit batuan:

a. Chondrites

Chondrites adalah batuan yang berusia lebih dari 4,5 miliar tahun. Ini termasuk batuan paling primitif dan murni di tata surya dan tidak pernah meleleh.

Chondrites memiliki penampilan yang khas, terbuat dari tetesan mineral silikat yang dicampur dengan butiran kecil sulfida dan logam besi-nikel. Butirannya berukuran milimeter sehingga jenis ini dinamakan chondrite yang berasal dari bahasa Yunani ‘chondres’ yang berarti butiran pasir.

Ada banyak jenis chondrites dengan perbedaan mineralogi yang berkaitan dengan jenis asteroid asal meteorit tersebut. Chondrites adalah bahan yang telah mengalami aktivitas geologis, sehingga dapat memberitahu tentang bagaimana tata surya terbentuk.

Jenis yang paling dasar dikenal sebagai chondrites berkarbon. Jenis ini kaya akan air, belerang dan bahan organik. Mereka diperkirakan membawa material yang mudah menguap ke Bumi ketika baru terbentuk, serta membantu membentuk atmosfer dan kondisi lain yang diperlukan untuk menopang kehidupan.

b. Achondrites

Achondrites termasuk meteorit dari asteroid, Mars dan Bulan. Mereka berbentuk beku, sehingga pada titik tertentu akan meleleh menjadi magma. Ketika magma mendingin dan mengkristal, tercipta struktur berlapis konsentris. Proses ini dikenal sebagai diferensiasi beku.

Planet-planet berbatu seperti Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars terbentuk dengan cara ini. Proses diferensiasi beku membentuk kerak, mantel, dan inti planet. Achondrites dapat dipelajari untuk mengetahui tentang struktur internal dan pembentukan planet, termasuk Bumi.

3. Meteorit Campuran

Meteorit campuran terdiri dari perbandingan logam besi-nikel dan mineral silikat yang hampir sama, termasuk batu permata mulia dan semi mulia. Jenis ini dianggap sebagai meteorit yang paling indah. Ada dua jenis meteorit campuran, yaitu palasite dan mesosiderite.

Demikian penjelasan tentang meteor beserta jenis-jenisnya.

Top 20 apa perbedaan antara meteor dan meteorit menjelaskan Nha Xinh

Jelaskan perbedaan antara meteoroid meteor dan meteorit

  • Penulis: brainly.co.id
  • Tanggal Terbit: 07/12/2022
  • Ulasan: 4.86 (753 vote)
  • Ringkasan: Jawaban: meteoroid adalah batuan batuan kecil yang melayang-layang bebas di luar angkasa. meteor adalah batuan kecil luar angkasa yang jatuh ke bumi namun …

Materi Kelas 6 SD, Tema 8: Perbedaan Meteoroid, Meteor dan Meteorit

  • Penulis: kids.grid.id
  • Tanggal Terbit: 11/29/2022
  • Ulasan: 4.71 (576 vote)
  • Ringkasan: Jika masih berada di luar angkasa disebut dengan meteoroid, saat masuk ke atmosfer disebut meteor, dan saat sampai di Bumi disebut meteorit.

Meteoroid, Meteor, dan Meteorit, Apa Bedanya?

  • Penulis: kelaspintar.id
  • Tanggal Terbit: 08/12/2022
  • Ulasan: 4.38 (282 vote)
  • Ringkasan: Dari pengertiannya di atas, maka dapat disimpulkan perbedaan dari meteoroid, meteor, meteorit. Dimana, meteoroid merupakan batuan yang …

Jelaskan Perbedaan Antara Meteoroid, Meteor, dan Meteorit! Ini Jawabannya

  • Penulis: kumparan.com
  • Tanggal Terbit: 04/22/2022
  • Ulasan: 4.19 (431 vote)
  • Ringkasan: Jelaskan Perbedaan Antara Meteoroid, Meteor, dan Meteorit! Ini Jawabannya · Di dalam tata surya, terdapat benda-benda langit yang mengelilingi …

Perbedaan Meteoroid, Meteorit, dan Meteor

  • Penulis: kepegawaian.uma.ac.id
  • Tanggal Terbit: 06/22/2022
  • Ulasan: 3.95 (339 vote)
  • Ringkasan: Nah, meteoroid yang habis terbakar oleh atmosfer bumi disebut dengan meteor. Namun, apabila meteoroid tidak habis terbakar oleh atmosfer bumi …

Perbedaan Meteor, Meteorit, Dan Meteoroid

  • Penulis: ilmugeografi.com
  • Tanggal Terbit: 02/18/2022
  • Ulasan: 3.61 (520 vote)
  • Ringkasan: Meteoroid merupakan batu-batuan luar angkasa yang berukuran kecil, melayang bebas serta bergerak dengan cepat. Rata-rata besarnya meteoroid …
  • Hasil pencarian yang cocok: Jika dilihat dari Bumi akan terlihat seperti garis memanjang yang cukup cerah, itulah mengapa meteor terlihat seperti bintang jatuh. Bisa dikatakan jika meteor merupakan proses terbakar atau jatuhnya meteoroid di lapisan atmosfer bumi. Terdapat …

Perbedaan Antara Asteroid, Komet, Meteoroid, Meteor, Dan Meteorit?

  • Penulis: bebaspedia.com
  • Tanggal Terbit: 05/17/2022
  • Ulasan: 3.43 (303 vote)
  • Ringkasan: Meteoroid sebenarnya adalah pecahan dari asteroid maupun komet. Tentu saja, ukurannya lebih kecil daripada asteroid. Benda langit ini melayang layang bebas …

Jangan Bingung! Ini Perbedaan Meteor, Asteroid, dan Komet

  • Penulis: idntimes.com
  • Tanggal Terbit: 05/19/2022
  • Ulasan: 3.23 (507 vote)
  • Ringkasan: Meteor dapat diartikan sebagai sebuah meteoroid yang memasuki atmosfer Bumi. Seringkali meteor disebut sebagai bintang jatuh. Meteoroid sendiri …

Apa Bedanya Meteoroid, Meteor, dan Meteorit?

  • Penulis: infoastronomy.org
  • Tanggal Terbit: 11/28/2022
  • Ulasan: 2.99 (534 vote)
  • Ringkasan: Bintang jatuh hanya istilah saja untuk menyebut meteor. Bintang di luar angkasa sana tidak bisa jatuh. Meteor sendiri adalah seberkas cahaya yang kita lihat di …

Perbedaan Meteor dan Meteorit Menurut Berbagai Segi

  • Penulis: harapanrakyat.com
  • Tanggal Terbit: 04/10/2022
  • Ulasan: 2.96 (156 vote)
  • Ringkasan: Meteorit adalah bentuk dari meteor yang tidak habis terbakar dan mencapai permukaan bumi. Adanya tumbukan hebat dari meteorit ke bumi bisa …

Jelaskan Perbedaan Meteoroid, Meteor, dan Meteorit

  • Penulis: dilut.com
  • Tanggal Terbit: 03/03/2022
  • Ulasan: 2.83 (77 vote)
  • Ringkasan: Sama seperti planet, benda-benda langit seperti meteoroid bergerak mengelilingi matahari. Tetapi, meteoroid bergerak dengan jalur orbit yang berbeda dengan …
  • Hasil pencarian yang cocok: Perbedaan mendasar lainnya juga terletak pada unsur benda yang sudah berubah akibat gesekan dan tabrakan. Meteoroid tercipta dari sisa debu asteroid atau komet yang melintas dekat matahari. Meteorit mengandung unsur logam dan nikel, dan berukuran …

Tahukah kamu perbedaan meteoroid, meteor, dan meteorit?

  • Penulis: erlangga.co.id
  • Tanggal Terbit: 08/02/2022
  • Ulasan: 2.6 (120 vote)
  • Ringkasan: Tahukah kamu perbedaan meteoroid, meteor, dan meteorit? … Tahukah Kamu? Potongan batuan atau logam yang melayang di ruang angkasa disebut …

Perbedaan Meteoroid, Meteor dan Meteorit – Guru Geografi

  • Penulis: gurugeografi.id
  • Tanggal Terbit: 06/23/2022
  • Ulasan: 2.69 (103 vote)
  • Ringkasan: Perbedaan Meteoroid, Meteor dan Meteorit · 1. Meteorit logam, memiliki unsur nikel dan besi. · 2. Meteorit batuan, memiliki unsur silikat · 3.

Perbedaan Meteoroid, Meteor, dan Meteorit

  • Penulis: medcom.id
  • Tanggal Terbit: 08/05/2022
  • Ulasan: 2.5 (77 vote)
  • Ringkasan: Meteoroid merupakan batuan yang melayang bebas dan bergerak cepat. Sedangkan ketika meteoroid bergesekan dengan atmosfer maka terbentuklah …

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Meteoroid Meteor dan Meteoroit

  • Penulis: orami.co.id
  • Tanggal Terbit: 09/12/2022
  • Ulasan: 2.38 (60 vote)
  • Ringkasan: Umumnya, meteoroid berbentuk sisa debu komet atau asteroid, meteor berbentuk batu yang terbakar, dan meteorit ini berbentuk seperti logam, nikel …

Perbedaan Meteoroid, Meteor dan Meteorit yang Perlu Diketahui

  • Penulis: sonora.id
  • Tanggal Terbit: 04/16/2022
  • Ulasan: 2.23 (152 vote)
  • Ringkasan: Sonora.ID – Apakah kamu termasuk orang yang sulit membedakan Meteoroid, Meteor dan Meteorit? Jika ya maka simak artikel ini sampai tuntas …
  • Hasil pencarian yang cocok: Dikutip Kompas.com, Menurut Roisatul Mahmudah, dkk, dalam Analisis Validitas Butir Soal Certainty of Respons Index (CRI) untuk Identifikasi Miskonsepsi Materi Tata Surya dan Fenomena Astronomi (2016), meteoroid merupakan batuan luar angkasa yang …

Apa perbedaan antara bintang jatuh dan meteor?

  • Penulis: planetariodevitoria.org
  • Tanggal Terbit: 11/09/2022
  • Ulasan: 2.29 (170 vote)
  • Ringkasan: Itu tergantung pada lokasi Anda: Meteoroid ada di langit. Meteorit sudah mendarat di Bumi. Meteor jatuh ke Bumi ketika mereka pecah di atmosfer. Apa meteornya?

Jelaskan perbedaan antara meteoroid, meteor, dan meteorit!

  • Penulis: roboguru.ruangguru.com
  • Tanggal Terbit: 07/11/2022
  • Ulasan: 2.06 (132 vote)
  • Ringkasan: Meteor : meteoroid yang jatuh dan masuk ke atmosfer bumi dan habis terbakar sebelum sampai di permukaan bumi. … Meteorit : meteoroid yang sampai di permukaan …

Apakah perbedaan antara meteoroid, meteor, dan meteorit?

  • Penulis: colearn.id
  • Tanggal Terbit: 04/04/2022
  • Ulasan: 1.94 (99 vote)
  • Ringkasan: Apakah perbedaan antara meteoroid, meteor, dan meteorit? · Karakteristik Anggota Tata Surya · Sistem Tata Surya · Tata Surya · Astronomi · Fisika.

CEK Kunci Jawaban Jelaskan Perbedaan Antara Meteorid, Meteor dan Meteorit, IPA Kelas 7 Semester 2 Halaman 168

  • Penulis: portalpurwokerto.pikiran-rakyat.com
  • Tanggal Terbit: 08/14/2022
  • Ulasan: 1.9 (53 vote)
  • Ringkasan: Jelaskan perbedaan antara meteorid, meteor dan meteorit yang merupakan kunci jawaban materi IPA untuk kelas 7 semester 2 halaman 168.