Simak 10+ tangan tidak bisa mengepal dengan Mudah

Pada artikel ini kami akan menjelaskan tangan tidak bisa mengepal Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Kita menggunakan tangan untuk melakukan hampir segala hal. Untuk mengikat tali sepatu, menyetir, menggunakan telepon, semuanya membutuhkan tangan. Rasanya tidak mungkin melakukan apa pun tanpa tangan. Namun, seiring dengan bertambahnya umur, tangan Kamu bisa menjadi lebih lemah dan kurang fleksibel. Beberapa masalah pada tangan juga bisa mengindikasikan kondisi kesehatan tertentu. Untuk mengetahui apa yang akan terjadi pada tangan seiring bertambahnya umur, berikut penjelasannya!

Baca juga: Fakta Cuci Piring dengan Tangan Bagi Kesehatan

Kekuatan Genggaman

Kekuatan genggaman tangan Kamu bisa berkurang secara alami seiring dengan bertambahnya umur, terutama ketika sudah berusia 65 tahun. Tentunya, hal ini akan mempersulit aktivitas Kamu nantinya. Kalau hal ini terjadi pada Kamu, kemungkinan disebabkan oleh tulang rapuh, artritis, atau kehilangan otot. Namun, kalau Kamu kehilangan kekuatan genggaman secara tiba-tiba meski belum berusia lanjut, hal tersebut bisa merupakan gejala atas kondisi yang lebih serius, seperti diabetes, penyakit jantung, atau tekanan darah tinggi.

Pengobatannya: Terapis fisik di rumah sakit bisa mengetes kekuatan tangan dan membantu Kamu mengembalikan kekuatannya. Kamu juga bisa melakukan banyak olahraga di rumah. Misalnya, Kamu bisa meremas bola tenis dengan keras selama 3 – 5 detik, lalu istirahat sejenak. Lakukan hal tersebut setiap hari selama 10 kali dengan kedua tangan.

Baca juga: Ini Bahaya Mengoles Lipstik Menggunakan Tangan

Tremor

Tangan Kamu bisa bergetar pada setiap saat dan di setiap umur akibat berbagai macam penyebab. Namun, tangan gemetar atau tremor akan lebih sering terjadi ketika Kamu memasuki usia 50 tahun. Beberapa obat, seperti obat untuk menstabilkan suasana hati, obat epilepsi, dan obat migrain, bisa menyebabkan kondisinya semakin parah. Kondisi kekhawatiran berlebih, stres, gula darah rendah, kelelahan, dan terlalu banyak mengonsumsi kafein juga bisa memperparah tremor. Kondisi ini dibagi menjadi dua, yaitu tremor aksi atau tremor yang terjadi ketika Kamu menggunakan tangan. Yang kedua adalah tremor pasif atau tremor yang terjadi ketika tangan Kamu tidak sedang digunakan.

Penyembuhan: Meski mengganggu, tremor aktif pada umumnya adalah kondisi yang tidak berbahaya. Untuk mencegah dan mengurangi gejalanya, Kamu bisa mengubah kebiasaan asupan makanan dan gaya hidup serta mengurangi asupan kafein. Namun, tremor pasif dapat menjadi gejala dari masalah serius seperti penyakit atau tumor otak. Maka itu, kalau Kamu memiliki tremor pasif di usia muda maupun di usia tua, lebih baik periksakan ke dokter.

Baca juga: Hati-Hati, Bahaya Kesemutan pada Tangan

Artritis

Artritis adalah peradangan di persendian yang biasanya menyerang pada area tubuh Kamu yang pernah mengalami patah tulang, fraktur, atau keseleo. Risiko terkena artritis semakin meningkat seiring dengan bertambahnya umur. Jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini bisa menyebabkan rasa nyeri, pembengkakan, dan hilangnya pergerakan pada bagian tubuh tersebut.

Penyembuhan: Ketika memeriksakan kondisi ini, biasanya dokter akan menanyakan tentang keaktifan dan bagaimana rasa sakit serta kurangnya fleksibilitas mengganggu kehidupan sehari-hari Kamu. Dokter biasanya akan merekomendasikan obat anti peradangan atau memberikan suntikan steroid untuk meredakan rasa nyeri dan pembengkakan untuk beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Baca juga: Sudah Benarkah Cara Anda Mencuci Tangan?

Kulit Tangan

Seiring dengan bertambahnya umur, maka tangan Kamu akan mengeriput dan sulit untuk dilembapkan. Maka itu, kulit tangan akan menjadi kering dan gatal. Pembuluh darah pada tangan juga akan semakin terlihat ketika umur Kamu sudah memasuki usia tua.

Penyembuhan: Lindungi tangan Kamu dari sinar matahari dengan menggunakan sunscreen yang mengandung SPF 30 atau lebih. Kenakan sarung tangan berbahan dasar kapas ketika sedang berkebun atau sekedar berada di luar ruangan. Gunakan juga sabun atau pembersih tangan yang ringan dan tidak mengangkat minyak alami pada kulit. Moisturizer dan asupan makanan yang sehat dan mengandung banyak vitamin, antioksidan, dan asam lemak omega-3 juga bisa menjaga kesehatan kulit dan kuku Kamu.

Memar

Ketika timbul memar di belakang tangan dan lengan Kamu, dokter akan menyebutnya ‘purpura’. Benturan ringan bisa menjadi penyebabnya. Memar juga lebih sering terjadi pada orang yang memiliki kulit tipis, berkeriput, atau rusak akibat matahari.

Kamu juga memiliki risiko yang tinggi mengalami memar-memar jika mengonsumsi obat-obat seperti aspirin dan terlalu sering mengonsumsi alkohol. Memar biasanya tidak terasa sakit dan cepat hilang, namun memar di usia tua bisa bertahan lebih lama, bahkan hingga berminggu-minggu.

Penyembuhan: Lindungi tangan dan lengan Kamu ketika melakukan aktivitas tertentu seperti memasak. Dokter juga terkadang merekomendasikan krim atau lotion untuk menjaga agar Kamu tidak memar dan mempertebal kulit.

Kontraktur Dupuytren

Kondisi ini terjadi ketika jaringan yang berada tepat di bawah kulit tangan menebal secara tidak wajar. Hal ini dapat menyebabkan jari Kamu, bengkok ke dalam. Kondisi ini paling sering menyerang jari manis dan kelingking. Biasanya di telapak tangan juga akan tumbuh seperti benjolan kecil. Kondisi ini umumnya juga menyebar ke buku-buku jari atau tekapak kaki. Sampai saat ini, dokter belum mengetahui apa penyebab dari kondisi tersebut. Namun, kontraktur dupuytren paling sering menyerang pria yang berusia di atas 40 tahun.

Penyembuhan: Untuk beberapa orang, kondisi kontraktur dupuytren yang ringan tidak menyebabkan masalah serius atau rasa sakit. Bahkan, kondisinya tidak akan bertambah parah. Namun, kalau kondisinya memang sangat mengganggu Kamu, maka kemungkinan dokter akan merekomendasikan stimulasi dengan jarum suntik atau operasi untuk meningkatkan pergerakan tangan. Namun, penyembuhan tersebut tidak selalu bisa menyembuhkannya karena kondisi tersebut bisa kambuh setiap saat.

Baca juga: Sudahkah Anda Mengeringkan Tangan dengan Benar?

Penjelasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat ketika tangan Kamu mengalami kondisi tertentu di usia lanjut nanti. Dengan begitu, Kamu bisa mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan tergantung dari kondisi yang dirasakan. Namun, alangkah baiknya jika Kamu merawat kesehatan tangan, tulang, dan kulit mulai dari sekarang. Bagaimanapun juga pencegahan lebih baik ketimbang penyembuhan.

Top 17 tangan tidak bisa mengepal menjelaskan Nha Xinh

5 Penyakit Ini Bisa Dideteksi Lewat Kondisi Tangan

  • Penulis: liputan6.com
  • Tanggal Terbit: 12/17/2022
  • Ulasan: 4.99 (689 vote)
  • Ringkasan: Liputan6.com, Jakarta – Rupanya, tangan adalah bagian tubuh yang dapat menunjukkan kondisi seseorang, apakah sehat atau sakit.

Telapak Tangan Tak Bisa Mengepal Setiap Bangun Tidur – Alodokter

  • Penulis: alodokter.com
  • Tanggal Terbit: 09/01/2022
  • Ulasan: 4.73 (347 vote)
  • Ringkasan: Telapak tangan tak bisa mengepal setiap bangun tidur · Mengidentifikasi dan memonitor karakteristik keluhan yang muncul. · Pelan-pelan meregangkan …

3 Olahraga Meredakan Nyeri Pergelangan & Telapak Tangan Karena Mengetik

  • Penulis: fimela.com
  • Tanggal Terbit: 11/29/2022
  • Ulasan: 4.35 (594 vote)
  • Ringkasan: Kamu mungkin mengabaikan rasa nyeri yang timbul di pergelangan dan telapak tangan, tapi jangan diremehkan, karena sindrom carpal tunnel bisa …

Perhatikan 8 Gejala Nyeri Pergelangan Tangan yang Wajib Diwaspadai

  • Penulis: halodoc.com
  • Tanggal Terbit: 12/30/2022
  • Ulasan: 4.11 (537 vote)
  • Ringkasan: Tidak hanya itu, kondisi ini bisa terjadi akibat masalah yang tak kunjung diobati, misalnya artritis, asam urat, atau sindrom carpal tunnel. …
  • Hasil pencarian yang cocok: Selain itu, pengobatan menggunakan beberapa jenis obat seperti obat anti nyeri juga disarankan. Namun, untuk kondisi yang semakin memburuk, dokter mungkin akan menyarankan tindakan operasi. Operasi biasanya dilakukan untuk berbagai kasus tertentu …

Penyebab Tangan Kanan Kebas yang Perlu Diwaspadai, Ini Gejalanya

  • Penulis: merdeka.com
  • Tanggal Terbit: 03/05/2022
  • Ulasan: 3.9 (273 vote)
  • Ringkasan: Tangan yang kebas atau mati rasa bisa disusul dengan gejala lainnya atau tidak sama sekali. Penting untuk mencari pertolongan atau …

Kenali Refleks Mengepal Pada Bayi

Kenali Refleks Mengepal Pada Bayi
  • Penulis: ibudanbalita.com
  • Tanggal Terbit: 02/20/2022
  • Ulasan: 3.71 (201 vote)
  • Ringkasan: Dikarenakan belum bisa berbicara, maka bayi akan memberikan isyarat sebagai pertanda ia membutuhkan sesuatu. Tangan mengepal contohnya, merupakan isyarat …
  • Hasil pencarian yang cocok: Untuk menstimulasi reflek pada bayi, tunjukkan mainan atau benda lain berwarna terang di depannya dan ajarkan ia untuk meraihnya. Letakkan beberapa mainan menyebar di dekatnya dengan jarak berbeda-beda jauhnya. Bila ia sudah bisa menjepit, berikan …

9 Tips Mengatasi Gangguan Carpal Tunnel Syndrome pada Ibu Hamil

  • Penulis: haibunda.com
  • Tanggal Terbit: 12/26/2022
  • Ulasan: 3.45 (572 vote)
  • Ringkasan: 2. Menghindari gerakan tangan berulang karena bisa berkontribusi pada rasa sakit. 3. Gunakan sandaran khusus untuk mendukung pergelangan tangan …

Pergelangan Tangan Terasa Nyeri? Carpal Tunnel Syndrome Bisa Menjadi Penyebabnya

  • Penulis: emc.id
  • Tanggal Terbit: 11/04/2022
  • Ulasan: 3.38 (228 vote)
  • Ringkasan: Kebiasaan melakukan gerakan berulang pada pergelangan tangan dapat memicu timbulnya carpal tunnel syndrome.
  • Hasil pencarian yang cocok: Pilihan operasi adalah pilihan terakhir yang dilakukan pada pasien yang tidak respon terhadap terapi konservatif dan pada pasien yang jelas ditemukan adanya jepitan saraf medianus yang berat. Operasi dilakukan dengan membuat sayatan pada pergelangan …

Lengan Terasa Ngilu karena Perubahan Otot (Frozen Shoulder)

  • Penulis: halimun-medical.com
  • Tanggal Terbit: 10/03/2022
  • Ulasan: 3.04 (290 vote)
  • Ringkasan: Assalamualaikum Dok, Mau tanya, tangan kanan saya kayak pegal dan nyeri di bagian lengan,tapi pegelnya sampe ke leher,saya sudah beberapa kali… Jawaban Dokter …

Jangan Sepelekan Jari Tangan Kaku, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

  • Penulis: sehatq.com
  • Tanggal Terbit: 08/24/2022
  • Ulasan: 2.81 (149 vote)
  • Ringkasan: Jari tangan kaku dapat disebabkan oleh beberapa hal. Selain cedera, kondisi ini dapat pula terjadi akibat penyakit tertentu.

Penyebab dan Cara Atasi Carpal Tunnel Syndrome Saat Hamil

  • Penulis: klikdokter.com
  • Tanggal Terbit: 08/27/2022
  • Ulasan: 2.71 (83 vote)
  • Ringkasan: Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan peregangan. Melansir WebMD, lakukan peregangan dengan mengepalkan tangan, lalu membuka tangan Anda dan …

Pengobatan Alami untuk Tangan Kebas dan Kesemutan – Republika

  • Penulis: republika.co.id
  • Tanggal Terbit: 07/25/2022
  • Ulasan: 2.62 (136 vote)
  • Ringkasan: Kondisi medis ini bisa menyebabkan pembengkakan di pergelangan tangan, dan kadang menghambat aliran darah, seperti diabetes, disfungsi tiroid, …

Sulit Mengepalkan Telapak Tangan Saat Tertawa? Nih Penyebabnya

  • Penulis: idntimes.com
  • Tanggal Terbit: 12/25/2022
  • Ulasan: 2.54 (70 vote)
  • Ringkasan: Carpal Tunnel Syndrom atau CTS adalah gejala tidak adanya kekuatan pada telapak tangan saat ingin menggenggam sesuatu. Hal ini bisa saja menjadi …

Tak Kuat Menggenggam, Tandanya Ada Masalah Jantung?

  • Penulis: health.detik.com
  • Tanggal Terbit: 03/11/2022
  • Ulasan: 2.54 (67 vote)
  • Ringkasan: Namun, apa kaitannya antara genggaman tangan dengan bentuk serta fungsi jantung masih jarang diketahui. Genggaman tangan yang kuat bisa jadi …

Kenali Gejala Asam Urat Di Tangan

  • Penulis: validnews.id
  • Tanggal Terbit: 08/16/2022
  • Ulasan: 2.43 (95 vote)
  • Ringkasan: Saat gejala muncul, orang yang mengalaminya bisa sulit untuk melakukan beberapa aktivitas, misalnya mengangkat atau memegang benda, membuka …

Ketahui 6 Gejala Asam Urat di Tangan dan Cara Mengobatinya

  • Penulis: orami.co.id
  • Tanggal Terbit: 12/27/2022
  • Ulasan: 2.29 (112 vote)
  • Ringkasan: Setelah terjadi pembengkakan, Moms mungkin mengalami kesulitan saat akan mengepalkan tangan. Gejala asam urat di tangan ini dapat berlanjut dan …

Jari Tangan Nyeri diawali dengan Kaku

  • Penulis: reumatologi.or.id
  • Tanggal Terbit: 02/04/2022
  • Ulasan: 2.22 (112 vote)
  • Ringkasan: Hari manis tangan saya, kiri dan kanan, kaku tidak bisa digerakkan. Kalau tidur tangan sering kebas/kesemutan. … apakah yang menyebabkan gejala tersebut ya dok …