[Easy] 10+ cara membersihkan keramik yang ada semennya terbaru lengkap

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara membersihkan keramik yang ada semennya Kamu bisa cek penjelasan lengkap dari kami. Karena kebetulan kami pernah mengalaminya dan ingin sharing di artikel ini.

Video cara membersihkan keramik yang ada semennya

Salah satu masalah ketika pemasangan keramik adalah bekas semen yang menempel pada keramiknya. Jika tidak dihilangkan bekas semen ini akan mengganggu sehingga Anda wajib tahu cara membersihkan lantai keramik yang baru dipasang yang tepat. Tindakan yang cepat dan tepat bisa membuat penampilan dari keramiknya tetap estetik untuk dinikmati.

Bekas semen ini tidak hanya mengganggu pemandangan namun untuk terasa tidak nyaman ketika terinjak oleh telapak kaki. Bekas semen menyisakan tekstur yang aneh ketika mengenai telapak kaki jika dibiarkan.

9 Cara membersihkan lantai keramik yang baru dipasang

1. Rutin membersihkan lantai

Cara yang satu ini merupakan cara yang membutuhkan kesabaran untuk dilakukan. Pasalnya Anda tidak bisa langsung mendapatkan lantai keramik yang mengkilap dan bersih dari sisa semen secara langsung. Membutuhkan waktu beberapa hari bahkan minggu untuk memastikan sisa semennya benar-benar hilang.

Namun bahan untuk membersihkannya juga sangat sederhana yakni air, lap pel dan juga larutan pembersih lantai. Caranya juga mudah hanya dengan menggosok bagian keramik menggunakan lap pel yang sudah dicelupkan pada larutan sebelumnya. Lakukan kegiatan ini sampai keramik mengilat.

Usaha ini bisa membuat semen yang mengering pada lantai menjadi lama kelamaan terkikis dengan sendirinya. Rajin membersihkan keramik lantai juga membuat suasana rumah menjadi lebih segar dan bersih.

2. Gunakan batu apung

Cara membersihkan lantai keramik yang baru dipasang dari semen kedua adalah menggunakan batu apung. Batu apung adalah batu yang berasal dari sungai dan memiliki banyak fungsi untuk membersihkan kapalan pada kaki dan juga sisa semen pada keramik.

Namun karena permukaannya memang kasar Anda harus berhati-hati ketika mulai menggosok. Jangan sampai permukaan keramik juga ikutan tergores dan mengikis akibat menggunakan batu apung ini. Hati-hati juga melukai tangan dan gunakan sarung tangan sebagai pelindung.

Setelah semen terangkat dengan baik lanjutkan dengan membersihkan semen yang sudah terkelupas dengan sapu. Jangan lupa untuk mengepel keramik menggunakan larutan pembersih lantai sampai permukaannya mengkilap.

Baca Juga : Cara Bersihkan Lantai dan Daftar Bahan Ampuh yang Bisa Dipakai

3. Manfaatkan hidrogen peroksida

Bahan yang satu ini memang merupakan jenis bahan kimia yang banyak digunakan untuk mengangkat noda membandel seperti semen yang menempel pada keramik. Namun dikarenakan hidrogen ini adalah bahan yang cukup keras Anda harus hati-hati ketika mengaplikasikannya.

Cairan ini juga tidak bisa langsung terkena keramik karena terlalu keras dan membutuhkan campuran lain untuk membuatnya sedikit kental. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan tepung putih. Tepung putih ini bermanfaat untuk membuat cairan hidrogen menjadi gumpalan layaknya pasta.

Kemudian gunakan pasta ini untuk melumuri bagian keramik yang terdapat semen kering sampai tertutup sempurna. Biarkan pasta ini menyelimuti keramik semalaman barulah gunakan air untuk membilasnya sampai bersih pada pagi harinya. Akhiri dengan mengepel lantai keramik menggunakan cairan pembersih agar keramik tetap berkilau.

4. Pakai HCL

Sama dengan bahan sebelumnya HCL juga merupakan bahan kimia berupa asam yang mampu mengangkat noda membandel seperti semen yang menempel pada keramiknya. Namun dalam penggunaannya asam yang satu ini tidak perlu dicampur dengan tepung namun cukup menggunakan air biasa saja.

Dalam ukuran seember air bisa memakai satu sendok makan HCL kemudian diaduk secara merata. Gunakan cairan ini untuk membersihkan semen yang menempel pada keramik. Namun Anda juga harus memakai pakaian yang tertutup dan sarung tangan agar tidak mengenai kulit.

HCL adalah asam yang cukup berbahaya ketika bersentuhan langsung dengan kulit jadi Anda perlu melakukannya dengan hati-hati. Pengaplikasiannya pada keramik juga tidak boleh lama-lama karena bisa merusak warna asli dari keramiknya.

5. Parutan kelapa

Cara membersihkan lantai keramik yang baru dipasang dengan mudah kelima adalah menggunakan parutan kelapa. Sebenarnya cara yang satu ini sudah banyak digunakan pada zaman dahulu ketika keramik masih belum banyak variannya. Parutan kelapa ini memang memiliki aroma tidak sedap namun mampu mengangkat noda dengan maksimal.

Untuk penggunaannya juga sangat mudah hanya dengan menggosok ampas parutan kelapa pada bagian keramik yang ada semennya. Kemudian jangan langsung dibuang namun biarkan parutan kelapa ini menyerap kotoran dan juga sisa semen pada keramiknya beberapa saat.

Lanjutkan dengan membersihkan keramik secara mendalam menggunakan cairan pembersih lantai agar bau dari parutan kelapanya hilang. Anda bebas menggunakan lap ataupun gosokan sikat untuk membersihkan keramiknya.

6. Gunakan garam

Selain bisa untuk penyedap masakan, garam juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan bekas semen pada keramik. Garam juga merupakan bahan dapur yang murah dan mudah untuk membelinya. Sangat cocok untuk menekan budget dan juga kemudahan dalam penggunaannya.

Anda hanya perlu menaburkan garam sampai menutupi permukaan keramik yang ada semen keringnya. Kemudian diamkan selama semalaman kemudian besoknya lanjut dengan menyikat permukaan keramik. Bersihkan sisa garam dan pel keramik sampai garam dan sisa semennya hilang.

Namun ketika menggunakan garam ini Anda harus sabar karena beberapa kasus ketika menggunakannya pada percobaan pertama sisa semen tidak terangkat sempurna dan masih ada sisa. Anda baru bisa mendapatkan hasil yang maksimal setelah percobaan dua sampai tiga kali.

7. Belimbing wuluh

Bahan yang satu ini merupakan bahan yang alami dan mudah untuk mendapatkannya. Belimbing wuluh adalah buah yang banyak digunakan sebagai pembuatan sayur ataupun olahan bahan kecantikan. Namun dibalik kegunaannya tersebut, belimbing wuluh juga sangat ampuh untuk mengangkat sisa semen yang mengering pada keramik.

Tingkat keasaman dari belimbing wuluh mampu melunturkan kerasnya semen yang menempel pada keramik secara alami tanpa merusak keramiknya. Cara yang satu ini sangat cocok dicoba ketika Anda takut ketika menggunakan HCL. Gosokkan belimbing wuluh ini pada keramik yang ada semennya.

Anda bisa mengawali proses penggosokan ini dengan mencuci keramiknya terlebih dahulu menggunakan sikat. Cara ini bertujuan untuk membuat keramik licin dan semennya sedikit lunak.

8. Perasan lemon

Cara membersihkan lantai keramik yang baru dipasang paling ampuh kedelapan adalah menggunakan lemon. Air lemon cukup banyak bermanfaat untuk membersihkan noda bandel salah satunya adalah sisa semen yang menempel pada keramik. Cara penggunaannya juga sangat mudah hanya dengan mengoleskan pada keramik.

Diamkan beberapa saat sampai semennya terangkat baru gosok perlahan menggunakan sikat untuk membersihkan sisa semen dan air lemonnya. Lemon memiliki zat asam yang cukup ampuh namun perlu kehati-hatian saat menggunakannya karena bisa merusak keramik dan melukai mata.

9. Cuka dan soda kue

Kedua bahan ini memang sudah terkenal untuk keperluan pembersihan yang maksimal dalam beberapa objek salah satunya adalah keramik. Untuk penggunaan cuka maupun soda kue yang bisa dilakukan adalah mencampurkannya dengan air barulah menggunakan sikat untuk menggosoknya.

Diamkan beberapa saat sampai semua kotorannya terangkat dengan sempurna. Barulah Anda bisa melakukan pembersihan secara mendalam untuk sisa larutan dan juga sisa semennya.

Itulah beberapa cara membersihkan lantai keramik yang baru dipasang secara praktis. Namun jika Anda repot membersihkannya sendiri, silahkan sewa jasa pembersih lantai terpercaya seperti Bintoro Clean.

Top 18 cara membersihkan keramik yang ada semennya menjelaskan Nha Xinh

TIPS MERAWAT KAMAR MANDI – ALAT RUMAH TANGGA

  • Penulis: perawatanrtdonto.blogspot.com
  • Tanggal Terbit: 12/02/2022
  • Ulasan: 4.83 (909 vote)
  • Ringkasan: Bersihkanlah dengan menggunakan sabun pencuci piring yang digosok menggunakan spon lalu dibilas dengan air bersih. Untuk membersihkan lantai, dinding, dan …

Pake apa biar keramik kinclong?

  • Penulis: jawabanapapun.com
  • Tanggal Terbit: 09/18/2022
  • Ulasan: 4.62 (355 vote)
  • Ringkasan: Cara mengilapkan lantai keramik yang kusam dengan baking soda pun sangat mudah. Anda cukup menaburkan beberapa sendok baking soda ke lantai, …

Solusi Tepat! Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Lantai Lembab

  • Penulis: ambpi.com
  • Tanggal Terbit: 08/15/2022
  • Ulasan: 4.35 (303 vote)
  • Ringkasan: Popping umumnya disebabkan oleh pemuaian yang mendorong keramik terlepas dari adukan semennya. Tekanan dari keramik yang terangkat akan …
  • Hasil pencarian yang cocok: Perekat ubin yang cocok untuk area basah adalah produk AM 42. Produk AM 42 adalah bagian dari cara mengatasi lantai lembab karena perekat ubin instan siap pakai ini dapat merekatkan homogeneous tile, granite tile, dan porcelain tile dengan sempurna …

5 cara mengaplikasikan nat yang baik dan benar

  • Penulis: jumpinjack8.wordpress.com
  • Tanggal Terbit: 11/05/2022
  • Ulasan: 4.1 (385 vote)
  • Ringkasan: Pada saat memasang keramik/granit, jangan lupa untuk membersihkan bagian natnya dengan kape agar tidak ada semen yang tersisa pada saat …

MERAWAT RUMAH SELAMA MUSIM HUJAN

  • Penulis: klopmart.com
  • Tanggal Terbit: 04/30/2022
  • Ulasan: 3.89 (261 vote)
  • Ringkasan: DINDING: Jika ada retakan, kikis semennya dan beri acian baru. Jika lembab, periksa apakah ada rembesan dari atap atau dinding bagian atas.

Lakukan Ini! 8 Cara Membersihkan Keramik yang Ada Semennya

  • Penulis: banyakcara.id
  • Tanggal Terbit: 09/18/2022
  • Ulasan: 3.59 (275 vote)
  • Ringkasan: Selain baking soda, cara membersihkan keramik yang ada semennya yakni menggunakan garam. Garam bisa Anda gunakan karena sifatnya yang menarik …
  • Hasil pencarian yang cocok: Untuk mengkilapkan lantai keramik yang kusam dengan baking soda ternyata sangat mudah. Anda hanya perlu menaburkan beberapa sendok baking soda ke lantainya. Selanjutnya teteskan air agar baking soda bereaksi. Kemudian gosok menggunakan lap pel …

Download Lagu MP3 & Video: Hilangkan Kerak S Kramik Tembok Kamae Mandi

  • Penulis: m.downloadlagu321.site
  • Tanggal Terbit: 02/06/2022
  • Ulasan: 3.4 (339 vote)
  • Ringkasan: … Kerak S Kramik Tembok Kamae Mandi MP3 dapat kamu nikmati dengan cara klik tombol … Cara paling ampuh membersihkan keramik kasar kamar mandi yang ada …

9 Cara Membersihkan Keramik yang Ada Semennya

9 Cara Membersihkan Keramik yang Ada Semennya
  • Penulis: pinhome.id
  • Tanggal Terbit: 04/19/2022
  • Ulasan: 3.35 (352 vote)
  • Ringkasan: Pakai Cuka Dapur · Manfaatkan Garam · Gunakan Baking Soda · Pakai Air Perasan Jeruk Nipis · Taburi Ampas Parutan Kelapa · Gunakan Belimbing Wuluh …
  • Hasil pencarian yang cocok: Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui …

Bagaimana Cara Membersihkan Keramik yang Ada Semennya?

 Bagaimana Cara Membersihkan Keramik yang Ada Semennya?
  • Penulis: bangizaltoy.com
  • Tanggal Terbit: 11/24/2022
  • Ulasan: 3.11 (396 vote)
  • Ringkasan: 2. Menggunakan Air Cuka Dapur · Siapkan botol spray. · Tuangkan satu sendok makan cuka kedalam botol spray. · Campur dengan air hingga botol penuh.
  • Hasil pencarian yang cocok: Yaitu pada saat tukang membawa adukan semen menggunakan ember ke dalam ruangan rumah yang sedang dibangun tersebut. Nah, pasti akan ada tetesan air semen yang terjatuh melalui ember tersebut dan mengenai permukaan keramik.Intinya keramik pasti akan …

Sekali Usap Langsung Cling! Menghilangkan Bekas Semen di Lantai Bisa Semudah Membalikkan Telapak Tangan Kalau Pakai Satu Bahan Dapur Ini, Contek Caranya Yuk!

  • Penulis: sajiansedap.grid.id
  • Tanggal Terbit: 10/25/2022
  • Ulasan: 2.9 (68 vote)
  • Ringkasan: Ini cara mudah membersihkan bekas semen di lantai keramik, modalnya cuma bahan murah yang ada di dapur.

Cara Membersihkan Keramik Dari Noda Semen di Rumah, Yuk Simak!

  • Penulis: jabarnews.com
  • Tanggal Terbit: 12/05/2022
  • Ulasan: 2.89 (179 vote)
  • Ringkasan: Pertama. Menggunakan Cuka Dapur – Kamu bisa menggunakan bahan cuka dapur, sebagai cara membersihkan keramik yang ada semennya secara mudah. Baca …

Tips Menghilangkan Noda Cat Pada Keramik

  • Penulis: jos-kontraktorjogja.com
  • Tanggal Terbit: 10/12/2022
  • Ulasan: 2.64 (65 vote)
  • Ringkasan: 1. Menggunakan Belimbing Wuluh · 2. Menggunakan Perasan Jeruk Nipis · 3. Tetesan Cuka · 4. Semprotkan Hairspray.

Cara Membersihkan Keramik Rumah yang Baru Dipasang

  • Penulis: muliaceramics.com
  • Tanggal Terbit: 12/30/2022
  • Ulasan: 2.57 (94 vote)
  • Ringkasan: Sebelum membersihkan keramik yang baru dipasang, kamu setidaknya perlu menunggu selama 24 jam sampai semennya mengering. Setelah itu, kamu bisa …

Cara membersihkan keramik yang terkena semen setelah dipasang

  • Penulis: ilmusipil.com
  • Tanggal Terbit: 05/17/2022
  • Ulasan: 2.56 (163 vote)
  • Ringkasan: Kita siapkan cairan khusus pembersih keramik, bisa pakai prostex , vixal atau yang lainya. misalnya disini saya memakai prostex. Tuang cairan …

7 Langkah Cara Memasang Keramik Lantai yang Bisa Dilakukan Sendiri

 7 Langkah Cara Memasang Keramik Lantai yang Bisa Dilakukan Sendiri
  • Penulis: review.bukalapak.com
  • Tanggal Terbit: 12/08/2022
  • Ulasan: 2.45 (124 vote)
  • Ringkasan: Semen berfungsi sebagai daya perekat yang membuat bagian bawah keramik dapat menempel dengan adukan, dan membuatnya menempel sempurna pada …
  • Hasil pencarian yang cocok: Langkah selanjutnya adalah mencoba memang keramik tanpa semen. Langkah ini bertujuan untuk mengetahui bahwa keramik bisa dipasang merata di seluruh lantai. Caranya mudah, cukup letakkan keramik tanpa menggunakan semen. sesuai garis penanda yang …

Pedoman Membersihkan Bekas Semen di Keramik yang Baru Dipasang

Pedoman Membersihkan Bekas Semen di Keramik yang Baru Dipasang
  • Penulis: arafuru.com
  • Tanggal Terbit: 05/28/2022
  • Ulasan: 2.24 (129 vote)
  • Ringkasan: Cara menggunakan Asam klorida atau Hidrogen peroksida untuk membersihkan bekas semen yang sudah mengering pada permukaan keramik gampang sekali. Anda hanya …
  • Hasil pencarian yang cocok: Silakan Anda bisa memilih dahulu salah bahan yang akan digunakan di antara garam, lemon, baking soda, cuka, atau ampas kelapa. Anda juga dapat mengombinasikan beberapa bahan sekaligus untuk memberikan hasil yang lebih maksimal. Contohnya seperti …

7 Cara Membersihkan Keramik yang Ada Semennya. Mudah dan Praktis!

7 Cara Membersihkan Keramik yang Ada Semennya. Mudah dan Praktis!
  • Penulis: artikel.rumah123.com
  • Tanggal Terbit: 09/21/2022
  • Ulasan: 2.22 (74 vote)
  • Ringkasan: 1. Menggunakan Cuka Dapur · 2. Menggunakan Baking Soda · 3. Menggunakan Garam · 4. Menggunakan Air Jeruk Nipis · 5. Cara Membersihkan Keramik yang Ada Semennya …

8 Cara Membersihkan Keramik yang Ada Semennya

  • Penulis: hyprowira.com
  • Tanggal Terbit: 03/22/2022
  • Ulasan: 2.01 (186 vote)
  • Ringkasan: Rekomendasi Cara Membersihkan Keramik yang Ada Semennya · 1. Cuka · 2. Garam · 3. Perasan Jeruk Lemon · 4. Baking Soda · 5. Hidrogen Peroksida · 6.
  • Hasil pencarian yang cocok: Bahan alami berikutnya yang bisa menjadi cara membersihkan keramik yang ada semennya adalah dengan menaburkan garam. Cara menggunakannya dimulai dengan menaburkan garam tersebut ke noda semen, kemudian diamkan dalam satu malam. Esok harinya, sikat …