[Easy] 10+ cara membuat whipped cream dari putih telur sempurna

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara membuat whipped cream dari putih telur Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Video cara membuat whipped cream dari putih telur

Whipped cream atau kerap disebut sebagai krim kocok merupakan sebutan bagi krim putih yang biasa dibuat dari putih telur ataupun lemak susu. Lantas bagaimana cara membuat whipped cream yang berbahan dasar bubuk?

Biasanya, whipped cream digunakan sebagai bahan tambahan untuk menghias kue tart ataupun beberapa jenis minuman tertentu.

Apa Itu Whipped Cream Bubuk?

Sejauh ini, whipped cream memang sudah sangat populer dibuat dari krim kocok berupa susu ataupun telur. Namun, seiring berjalannya waktu kini telah banyak bermunculan whipped cream berbentuk bubuk yang bisa digunakan secara instan atau lebih cepat.

Whipped cream bubuk adalah terobosan baru yang muncul sebagai bentuk instant dari whipped cream yang berbentuk serbuk sehingga bisa digunakan secara instan dan cepat dibandingkan harus membuatnya secara manual.

Meski tergolong sebagai bahan instant, namun dalam pembuatannya tentunya juga tetap membutuhkan tips khusus agar cream yang dihasilkan bisa memiliki tekstur yang lebih lembut dan mudah untuk digunakan dalam makanan ataupun minuman.

Bagaimana Cara Membuat Whipped dari Bubuk Cream?

Berikut ialah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membuat whipped cream secara cepat dan mudah:

1. Menyiapkan Bahan-Bahan

Langkah pertama yang harus dipersiapkan sebelum membuat whipped cream adalah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Adapun bahan yang dibutuhkan hanyalah 150 gr whipped cream bubuk dan 250 cc air es atau susu cair dingin. Jika menginginkan whipped cream dalam berbagai warna, maka siapkan pula pewarna makanan sesuai dengan selera dan kebutuhan.

2. Kocok Whipped Cream dengan Air Es

Langkah selanjutnya yakni kocok bubuk whipped cream bersamaan dengan air es menggunakan mixer kecepatan tinggi selama kurang lebih 3-5 menit. Jika tidak menggunakan mixer, maka Anda juga bisa melakukannya secara manual dengan bantuan balloon whisk selama 5-10 menit. Kocok kedua bahan tersebut sampai tercampur dan mengental yakni membentuk cream yang lembut.

3. Manuangkan Pewarna

Jika Anda menginginkan whipped cream dalam berbagai warna yang berbeda, maka pisahkan terlebih dahulu cream yang sudah jadi dalam tempat yang berbeda-beda. Setelah itu, teteskan sedikit pewarna makanan lalu campur keduanya sampai merata. Setelah cream dan warna tercampur rata, maka whipped cream sudah siap untuk disajikan, baik itu sebagai topping makanan ataupun minuman.

Itulah tiga cara membuat whipped cream dari bubuk instant yang kini mudah Anda dapatkan di toko-toko bahan makanan, supermarket ataupun pusat perbelanjaan terdekat.

Bagaimana Cara Membuat Whipped Secara Manual?

Selain mengetahui proses pembuatannya secara instant menggunakan whipped cream bubuk, tidak ada salahnya jika Anda juga mengetahui mengenai cara membuat whipped cream manual dengan beberapa jenis bahan. Berikut ialah penjelasan singkatnya:

1. Menyiapkan Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang harus disiapkan dalam pembuatan whipped cream ialah menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Adapun beberapa bahan yang dimaksud ialah:

● 1 cup heavy cream

● 1/3 cup gula halus

● 1/2 teh ekstra vanili

● 100 gram telur ayam (bagian putihnya saja)

● Garam secukupnya

2. Kocok Putih Telur dan Heavy Cream

Setelah semua bahan tersedia, maka langkah selanjutnya yakni mencampurkan heavy cream dengan putih telur menggunakan mixer kecepatan tinggi selama 3-5 menit atau sampai menghasilkan adonan yang halus dan padat. Kocok terus sembari menurunkan kecepatan mixer dan menaikkannya lagi setiap beberapa menit sekali, ulangi hal tersebut sebanyak 2-3 kali. Untuk tahapan akhir, kocok kembali krim dengan kecepatan tinggi sampai adonan berubah warna putih dan ringan.

3. Menambahkan Gula Halus

Tahapan selanjutnya yakni menambahkan gula halus secukupnya jika Anda menginginkan whipped cream dengan rasa manis. Jika tidak, maka Anda bisa melewati langkah ini.

4. Tambahkan Garam dan Kocok Sampai Rata

5. Whipped Cream Sudah Jadi dan Siap Disajikan

Jika semua langkah-langkah di atas telah terpenuhi maka whipped cream sudah bisa disajikan dan dinikmati. Untuk memastikan kembali, Anda bisa mencobanya dengan membalikkan wadah atau mangkuk tempat whipped cream.

Whipped cream berkualitas yang sudah jadi atau siap disajikan tidak akan jatuh meskipun wadah dibalik. Itu sebabnya, tidak ada salahnya jika Anda nanti mencoba tips ini untuk membuktikan kualitas whipped cream yang dibuat.

Cukup mudah bukan? Pada dasarnya pembuatan whipped cream manual juga tidak sesulit yang Anda bayangkan. cara membuat whipped cream instant ataupun manual sama-sama membutuhkan mixer untuk mencampurnya.

Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk mencampur beberapa bahan-bahan yang digunakan juga tergolong sama yakni 3-5 menit dengan kecepatan tinggi ataupun 5-10 menit untuk kecepatan sedang ataupun pencampuran manual menggunakan balloon whisk.

Dalam pembuatan whipped cream, penggunaan mixer sangat dianjurkan mengingat adonan yang dihasilkan bisa lebih maksimal dan memiliki tekstur yang fluffy.

Apa Saja Tips Membuat Whipped Cream?

Setelah memahami cara membuat whipped cream di atas, maka tidak kalah pentingnya jika mengetahui pula terkait beberapa tips dalam pembuatannya. Berikut ialah beberapa diantaranya:

1. Gunakan Mangkuk atau Wadah yang Besar

Tips pertama yang harus Anda perhatikan yakni penggunaan wadah atau mangkuk. Pastikan wadah tersebut berukuran besar mengingat hasil pembuatan whipped cream biasanya akan lebih banyak atau dua kali lipat dibandingkan jenis heavy whipped cream. Selain itu, mangkuk yang besar juga dapat meminimalisir adanya cream yang terbuang atau tumpah akibat proses kocok. Terlebih jika Anda membuatnya menggunakan sistem manual dengan balloon whisk.

2. Tambahkan Sedikit Heavy Whipped Cream

Tips selanjutnya yakni Anda bisa menambahkan sedikit heavy whipped cream didalamnya. Hal ini bertujuan agar cream dapat mengembang menjadi lebih padat dan halus. Tips ini biasanya banyak digunakan bagi Anda yang menggunakan whipped cream untuk keperluan tambahan sebagai hiasan kue ataupun tart.

3. Pastikan Cream dalam Keadaan Dingin

Tips selanjutnya yakni memastikan cream dalam keadaan dingin, hal ini bertujuan untuk menciptakan bentuk cream yang lebih padat. Selain itu, proses kocok pada cream dalam kondisi dingin juga akan lebih mudah. Itu sebabnya, usahakan untuk memasukkan heavy whipped cream ke dalam kulkas terlebih dahulu sebelum mencampurkannya dengan adonan whipped cream bubuk. Selain itu, pastikan pula air ataupun susu yang digunakan benar-benar dingin.

4. Gunakan Gula Bubuk Putih

Jika menginginkan whipped cream memiliki rasa manis, maka Anda bisa mencampurkan gula bubuk yang biasa digunakan sebagai topping makanan ataupun roti. Pemilihan gula jenis ini bertujuan agar bisa cepat larut dan menyatu dengan adonan. Selain itu, larutan gula ini juga tidak akan mengubah warna dan tekstur dari whipped cream yang dibuat.

Demikianlah cara membuat whipped cream beserta tips yang bisa diterapkan, baik itu dalam pembuatan secara manual dengan beberapa bahan ataupun pembuatan secara instan dengan bubuk cream saja.

Jika penasaran, maka Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah, baik itu pembuatan secara alami ataupun instant dengan tetap memperhatikan beberapa tips-tips yang telah disebutkan.

Top 17 cara membuat whipped cream dari putih telur menjelaskan Nha Xinh

Resep Membuat ‘Whipped Cream Krimer’ Cukup 1 Menit Sudah Bisa Dinikmati

  • Penulis: sampang.pikiran-rakyat.com
  • Tanggal Terbit: 10/24/2022
  • Ulasan: 4.84 (607 vote)
  • Ringkasan: Ada juga resep yang menyarankan putih telur kocok. Kali ini saya akan membagikan resep membuat Whipped Cream, simak bahan-bahan dan cara …

5 Resep Cara Membuat Krim Kue Ulang Tahun dari Putih Telur Tanpa Mixer yang Enak

  • Penulis: diadona.id
  • Tanggal Terbit: 04/09/2022
  • Ulasan: 4.7 (269 vote)
  • Ringkasan: Cara membuat krim kue dari putih telur: a. Masukkan putih telur dan mentega putih. Kocok dengan mixer menggunakan kecepatan sedang. b. Kocok …

(DOC) RESEP BUTTER CREAM | indah nr – Academia.edu

  • Penulis: academia.edu
  • Tanggal Terbit: 07/30/2022
  • Ulasan: 4.4 (533 vote)
  • Ringkasan: 2. Bahan : 350 gram mentega putih (shortening) 1/2 kaleng susu kental manis 75 ml syrup gula 75 gram whip cream bubuk 125 ml air es CARA MEMBUAT …

Cara Membuat Whipped Cream Menggunakan Putih Telur, Mudah Loh

  • Penulis: blog.arafuru.com
  • Tanggal Terbit: 09/11/2022
  • Ulasan: 4.2 (432 vote)
  • Ringkasan: Cara Membuat Whipped Cream Menggunakan Putih Telur, Mudah Loh · Pisahkan bagian putih telur dari kuningnya terlebih dahulu. · Masukkan putih telur …

Cara Membuat Whipped Cream dengan Putih Telur Ayam

  • Penulis: fimela.com
  • Tanggal Terbit: 01/13/2023
  • Ulasan: 3.93 (470 vote)
  • Ringkasan: Pertama, pisahkan putih telur ayam dan kuning telur ayam telebh dahulu. Kemudian kocok putih telur dalam wadah hingga mengembang dan kaku.

Resep Homemade Whipped Cream – TIKTAK.ID

  • Penulis: tiktak.id
  • Tanggal Terbit: 05/23/2022
  • Ulasan: 3.74 (516 vote)
  • Ringkasan: Pertama, kocok putih telur dan heavy cream menggunakan mixer di dalam mangkuk. Kocok dengan kecepatan tinggi agar dapat mendapatkan hasil yang …

Resep Whipped Cream | Video oleh Riantika – Craftlog

  • Penulis: craftlog.com
  • Tanggal Terbit: 12/11/2022
  • Ulasan: 3.42 (447 vote)
  • Ringkasan: Cara memasak ; 1 · Mixer putih telur dan baking powder dengan kecepatan sedang sampai kental berwarna putih dan tidak lengket ; 2. Masukkan gula …

Cara Membuat Whipped Cream di Rumah, Super Lembut dan Anti

  • Penulis: id.berita.yahoo.com
  • Tanggal Terbit: 05/10/2022
  • Ulasan: 3.23 (449 vote)
  • Ringkasan: a. Kocok putih telur dan heavy cream di dalam mangkuk dengan menggunakan mixer. Kocok pada kecepatan tinggi agar mendapatkan hasil yang fluffy …
  • Hasil pencarian yang cocok: Liputan6.com, Jakarta Cara membuat whipped cream di rumah perlu diketahui oleh Anda yang hobi membuat kue. Whipped cream sering disebut juga sebagai krim kocok. Krim ini dibuat dari 30 persen lemak susu. Krim ini dikocok menggunakan alat pengocok …

8 Cara Membuat Butter Cream Sendiri, Mudah dan Hasilnya Lembut

  • Penulis: plus.kapanlagi.com
  • Tanggal Terbit: 11/10/2022
  • Ulasan: 3.03 (533 vote)
  • Ringkasan: Butter cream juga dapat dibuat dengan bahan putih telur yang sama-sama dapat digunakan untuk olahan kue kalian. Adapun resep dan cara membuat …

Cara Membuat Whipped Cream Rumahan (Mudah dan Sederhana)

  • Penulis: masfikr.com
  • Tanggal Terbit: 05/26/2022
  • Ulasan: 2.86 (176 vote)
  • Ringkasan: Kocok putih telur dan heavy cream di dalam mangkuk dengan menggunakan mixer. · Setiap 1 menit, turunkan kecepatan menjadi paling rendah dan naikkan lagi …

Resep dan Cara Membuat Whipped Cream Yang Lembut

  • Penulis: resepadonankue.blogspot.com
  • Tanggal Terbit: 10/05/2022
  • Ulasan: 2.79 (129 vote)
  • Ringkasan: Cara Memuat Whipped Cream Lembut Dari Putih Telur · Dinginkan dulu mangkuk besar kedalam freezer 1 atau 2 jam agar krim yang akan diaduk bisa cepat tebal dan …

Cara Membuat Whipped Cream dari Putih Telur, Krim Kocok untuk Toping Kue Tart dan Minuman Kekinian

  • Penulis: style.tribunnews.com
  • Tanggal Terbit: 06/07/2022
  • Ulasan: 2.65 (89 vote)
  • Ringkasan: Bahkan bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapatkan di pasaran. Whipped cream bisa dibuat dari bahan dasar putih telur. Berikut cara membuat …

6 Resep Strawberry Shortcake yang Cantik nan Lezat, Ini Cara

  • Penulis: merdeka.com
  • Tanggal Terbit: 05/06/2022
  • Ulasan: 2.66 (179 vote)
  • Ringkasan: Campur menjadi satu gula pasir, maizena dan cream of tar-tar. Masukkan ke dalam putih telur jika sudah berbusa secara bertahap. Jika sudah soft …

7 Cara Membuat Whipped Cream Sendiri, Begini Caranya!

  • Penulis: orami.co.id
  • Tanggal Terbit: 12/17/2022
  • Ulasan: 2.47 (79 vote)
  • Ringkasan: Bahan-bahan · Segenggam es batu, diserut · 2 sdm gula pasir · 3 sdm skm · 50 ml susu putih full cream setengah beku · 1,5 sdt SP · 1 bungkus cokelat …

Susah Cari Whipped Cream? Begini Cara Mudah & Murah Membuat Whip Cream Sendiri

  • Penulis: gitacinta.com
  • Tanggal Terbit: 03/31/2022
  • Ulasan: 2.49 (130 vote)
  • Ringkasan: Mixer putih telur dan baking powder dengan kecepatan sedang sampai kental berwarna putih dan tidak lengket. · Masukkan gula pasir. Mixer hingga gula halus, …
  • Hasil pencarian yang cocok: Whipped cream atau krim kocok adalah krim yang telah diaduk menggunakan mesin kocok, alat kocok, atau garpu hingga warnanya cerah dan menggumpal. Whipped cream biasanya diberi gula dan dicampur dengan vanila supaya terasa lebih manis dan beraroma …

Resep Membuat Whipped Cream Lembut Tanpa Ribet

  • Penulis: butania.com
  • Tanggal Terbit: 11/02/2022
  • Ulasan: 2.33 (122 vote)
  • Ringkasan: Resep Whipped Creame Sederhana · Dalam wadah dingin seperti mangkok, kocok putih telur dan krim menggunakan mixer agar bisa mendapatkan hasil yang cepat dan …

Cara Membuat Whipped Cream Cupcake

  • Penulis: caramembuatsemua.blogspot.com
  • Tanggal Terbit: 02/10/2022
  • Ulasan: 2.15 (185 vote)
  • Ringkasan: Campur putih telur dan vanili ekstrak ke dalam mangkuk besar dan kocok pada kecepatan sedang . Kemudian , secara bertahap tambahkan campuran gula dan krim …