Cara memotong akrilik tanpa mesin laser – Raja Plakat Bandung

Pada artikel ini kami akan menjelaskan Cara memotong akrilik Kamu bisa cek penjelasan lengkap dari kami. Karena kebetulan kami pernah mengalaminya dan ingin sharing di artikel ini.

Cara Memotong Akrilik Tanpa Laser Cukup Pisau Cutter Seringkali menjadi Kendala Bagi Sebagian Orang. Terlebih mereka yang belum familiar dengan jenis bahan yang satu ini. Ditambah lagi tidak punya mesin laser untuk memotong. Tapi tidak perlu khawatir, karena kami akan membagikan tips mudah bagaimana memotong akrilik dengan pisau cutter tanpa Mesin Laser dengan hasil yang tetap rapi dan halus.

Pertama yang perlu disiapkan adalah Pisau Cutter Acrylic. Cutter Akrilik memiliki jenis yang berbeda dengan cutter pada umumnya yang memanjang. Bentuknya sedikit lebih kecil dengan mata pisau runcing dikedua sisinya. Jadi pastikan menggunakan pisau acrylic yang tepat karena tidak bisa menggunakan cutter biasa.

Untuk lebih jelasnya kami sudah menyipakan beberapa gambar ilustrasi yang dapat membantu kalian dalam menerapkan cara memotong akrilik tanpa mesin dengan benar. Berikut langkah-langkahnya :

Persiapan Bahan Cara Memotong Akrilik

Siapkan bahan akrilik yang akan dipotong dengan menandai titik potong menggunakan pensil atau spidol untuk mendapatkan hasil yang presisi. Pastikan pelapis jangan dilepas terlebih dahulu dari akrilik untuk menghindari lecet pada permukaan akrilik.

Pisau Cutter Akrilik

Perhatikan pada bagian pisau apakah masih tajam atau ada bagian yang tumpul. Pastikan semua dalam kondisi baik untuk mendapatkan hasil potong Akrilik lembaran yang lebih baik. Pisau cutter akrilik ini memiliki tingkat keawetan yang terbilang cukup awet dan dapat digunakan untuk memotong akrilik dalam jumlah banyak tanpa perlu diasah.

Siapkan Penggaris Atau Bidang Lurus

Memotong akrilik yang benar tidak serta merta langsung menggoreskan pisau cutter ke permukaan akrilik. Perlu papan atau penggaris untuk membuat hasil potongan lebih rapi an presisi. Jika tidak ada penggaris bias menggunakan akrilik potongan lainnya sebagai alat bantu untuk membuat lebih rapi.

Membuat garis Bantu Potong

Setelah semua siap dari bahan dan papan/penggaris, letakan pisau cutter akrilik tegak lurus untuk mendapatkan posisi yang pas sesuai ukuran. Lakukan langkah ini dari bagian bawah dan dorong ke atas untuk membuat garis bantu potong.

Proses memotong Akrilik

Setelah Garis bantu terbuat dari langkah sebelumnya, tarik dan tahan pisau cutter sampai kebagian bawah dengan hati-hati. Untuk cara ini lakukan minimal 2 kali tergantung dari ketebalan bahan yang dipotong. Lebih banyak perulangan akan lebih mudah dalam proses potongnya.

Buka Dengan Kedua Ibu Jari

Teknik memotong akrilik tidak perlu sampai patah saat menggunakan pisau. Cukup buat beberapa goresan kurang lebih setengah dari tebal akrilik, kemudian buka dengan kedua ibu jari dengan bantuan dorongan jari telunjuk kearah atas secara bersamaan. Dengan cara seperti ini maka akrilik akan otomatis terpotong sesuai dengan jalur yang sudah dibuat dengan pisau cutter dilangkah sebelumnya.

Hasil Potongan

Untuk hasil potongannya dapat dilihat lebih rapih dan halus meskipun tanpa menggunakan mesin laser. Ini bias menjadi opsi buat kalian yang ingin membuat kreasi prosuk dari akrilik tapi terkendala mesin laser. Cukup dengan pisau cutter sudah bias potong akrilik dengan rapi.

Sumber : tokoakrilik.com

Untuk Informasi dan Pemesanan silahkan menghubungi 082240000901

Baca Juga :

  • Pengertian Miniatur Besera Contohnya
  • Contoh dan Ciri Kerajinan Kuningan
  • Tiga Bahan Terbaik Untuk Membuat Plakat
  • Tiga Mesin Laser yang Paling Laris di Pasaran
  • Cara Memotong Akrilik Menggunakan Mesin Laser
  • Cara Membuat Plakat dari Resin
  • Bahan Pembuatan Medali Pada Kejuaraan Internasional
  • Arti Resin Katalis dan Perbandingan Takaran yang Tepat
  • Cara Memotong Akrilik Tanpa Mesin Laser
  • Arti Plakat Futuristik
  • Pengertian, Fungsi, dan Jenis Plakat