Cara Mudah Melakukan Share Lokasi (Serlok) di WhatsApp

Pada artikel ini kami akan menjelaskan Cara sharelock di wa Kamu bisa cek penjelasan lengkap dari kami. Karena kebetulan kami pernah mengalaminya dan ingin sharing di artikel ini.

Hal yang cukup sering dilakukan dan mempermudah menemukan lokasi seseorang, yaitu fitur serlok di WhatsApp (WA). Cara melakukan serlok di WA sangat mudah karena sudah menjadi fitur bawaan dari aplikasi WhatsApp. Sehingga Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk berbagi lokasi ke orang lain.

Mungkin beberapa dari Anda masih belum mengetahui cara melakukan serlok di WhatsApp. Bagi Anda yang belum mengetahui caranya jangan khawatir. Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai cara melakukan serlok di WA. Yuk, ketahui caranya dalam artikel ini!

Apa Itu Serlok di WhatsApp?

Serlok atau singkatan dari share lokasi (location) merupakan salah satu fitur di WhatsApp untuk mengetahui keberadaan atau lokasi pengguna akun. Namun, orang lain dapat mengetahui lokasi Anda jika Anda membagikan lokasinya. Hal tersebut agar keamanan lokasi Anda dapat terjamin sehingga privasi tempat Anda berada tidak diketahui oleh banyak orang.

Apa Tujuan Melakukan Serlok di WhatsApp?

Adapun tujuan melakukan serlok di WA ini dilakukan untuk beberapa hal, di antaranya:

  • Menginformasikan lokasi ke kerabat/saudara/teman yang ingin berkunjung.
  • Memudahkan seseorang untuk menemukan lokasi keberadaan Anda.
  • Memudahkan dalam pengiriman barang kepada kurir. Terkadang ada kurir yang sulit menemukan alamat rumah pelanggan. Sehingga ia meminta agar pelanggan untuk mengirimkan lokasi rumahnya.
  • Berbagi lokasi terkini agar orang lain (yang telah diizinkan) dapat memantau keberadaan Anda.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Serlok di WhatsApp?

Cara mengaktifkan fitur serlok di WA sangat simpel. Anda hanya perlu mengaktifkan GPS pada ponsel Anda. Sehingga WhatsApp dapat mendeteksi lokasi keberadaan Anda. Untuk mengaktifkan GPS pada ponsel bisa dilakukan dengan cara:

  • Pilih menu Pengaturan
  • Pilih dan klik Informasi Lokasi > lalu klik toggle lokasi hingga berwarna biru
  • Lokasi Anda berhasil diaktifkan

Bagaimana Cara Melakukan Serlok di WhatsApp?

Terdapat tiga cara melakukan serlok di WA. Pertama, serlok lokasi terkini (live), serlok lokasi saat ini, dan serlok lokasi lain di WA. Berikut tutorialnya:

1. Serlok Lokasi Terkini (Live) di WA

Cara melakukan serlok di WA yang pertama, yaitu serlok lokasi terkini (live). Serlok lokasi terkini, yaitu membagikan lokasi keberadaan Anda secara langsung dalam batas waktu yang ditentukan. Baik dalam batas waktu 15 menit, 1 jam, maupun 8 jam. Dalam batas waktu itulah orang lain dapat mengetahui di mana saja lokasi Anda berada.

Cara melakukan serlok lokasi terkini di WA bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Pilih kontak atau grup di WhatsApp
  • Pilih ikon Lampiran > Klik Lokasi

cara membuat serlok live di wa

  • Klik Berbagi Lokasi Terkini

cara membuat serlok live di wa 2

  • Pilih batas waktu berapa yang Anda inginkan untuk orang lain bisa melihat lokasi terkini Anda

share location di wa

  • Lokasi terkini berhasil terkirim

2. Serlok Lokasi Saat Ini di WA

Cara melakukan serlok di WA selanjutnya, yaitu serlok lokasi saat ini. Berbeda dengan serlok lokasi terkini, pada serlok lokasi saat ini orang lain hanya bisa melihat lokasi yang dikirimkan saja. Jadi, jika Anda berpindah lokasi, orang tersebut tidak dapat mengetahuinya. Berikut cara melakukan serlok lokasi saat ini di WA:

  • Pilih kontak atau grup di WhatsApp
  • Pilih ikon Lampiran > Klik Lokasi

cara membuat serlok live di wa

  • Klik Kirim Lokasi Anda Saat Ini

cara serlok lokasi terkini di wa

  • Lokasi Anda saat ini berhasil terkirim

3. Serlok Lokasi Lain di WA

Cara melakukan serlok di WA yang terakhir, yaitu serlok lokasi lain di WA. Jadi, Anda bisa mengirim lokasi lain berdasarkan tempat yang berdekatan dengan lokasi Anda atau lokasi manapun di menu pencarian. Berikut cara serlok lokasi lain di WA:

  • Pilih kontak atau grup di WhatsApp
  • Pilih ikon Lampiran > Klik Lokasi

cara membuat serlok live di wa

  • Pilih lokasi yang Anda inginkan. Pertama, bisa dengan melihat lokasi terdekat lainnya dari tempat Anda. Kedua, dengan cara klik ikon pencarian dan mencari lokasi yang Anda inginkan
  • Lokasi Anda saat ini berhasil terkirim

Itulah tiga cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan serlok di WA. Harap perhatikan jangan sembarang berbagi lokasi keberadaan Anda. Gunakanlah tiap fitur di aplikasi WhatsApp secara bijak sehingga tidak merugikan diri Anda sendiri ataupun orang lain.

Jika Anda ingin mendapatkan fitur unggulan lainnya yang lebih lengkap di WhatsApp, Anda bisa meng-upgrade akun WhatsApp menjadi WhatsApp Business API. Namun, WhatsApp Business API hanya diperuntukkan untuk akun bisnis bukan untuk kepentingan pribadi/personal. Yuk, nikmati berbagai tambahan fitur untuk akun bisnis Anda dengan WhatsApp Business API dari Baranttum sebagai Mitra Resmi WhatsApp terpercaya.

Rekomendasi Artikel

  1. Tutorial Cara Membuat Tulisan Miring, Tebal dan Coret di WA
  2. Tutorial Cara Membuat WhatsApp Centang 1 (Satu), Mudah!
  3. Cara Praktis Balas Chat WhatsApp API Secara Otomatis
  4. Cara Membuat Link API WhatsApp Chat, Gampang Banget!
  5. Cara Daftar dan Membuat WA Business Terbaru, Lengkap!