Simak 10+ mengapa kita harus berdoa kepada tuhan terbaru lengkap

Pada artikel ini kami akan menjelaskan mengapa kita harus berdoa kepada tuhan Kalau kamu juga tertarik, pada artikel ini Nha Xinh akan menjelaskan tutorialnya untuk kamu.

Video mengapa kita harus berdoa kepada tuhan

Pertanyaan Farhan (bukan nama sebenarnya):

Hidup ini kan sudah diatur, mulai dari rezeki, jodoh, sampai mati. Terus kenapa kita masih harus berdoa? Apa fungsi dari doa?

Jawaban (Ustaz Zainol Huda):

Sebagai seorang muslim tentu sudah maklum bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan manusia merupakan ketentuan Allah. Allah Mahakuasa untuk mengatur perjalanan hidup manusia, mulai lahir hingga maut tiba.

Ketentuan Allah dalam bahasa agama disebut dengan qada dan qadar. Qada adalah ketentuan Allah yang tertulis di Lauh Mahfudz, sedangkan qadar merupakan peristiwa yang terjadi sesuai dengan apa yang tertulis dalam qada.

Sebelum menjawab pertanyaan tentang fungsi doa, kita harus memahami dulu apa itu qada.

Takdir yang tetap dan yang bisa diubah

Ketentuan Allah (baca: qada) terbagi menjadi dua macam. Pertama, qada mubram, yaitu ketentuan mutlak dari Allah yang tidak bisa berubah dan pasti berlaku, manusia tidak diberi peran untuk menolak serta mewujudkannya. Termasuk dalam kategori ini adalah kelahiran, kematian, dan hari kiamat.

Kedua, qada mu’allaq, yaitu ketentuan Allah yang bertautan dengan peran manusia melalui usaha atau ikhtiar. Misalnya, keberhasilan dalam meraih prestasi yang digantungkan terhadap syarat giat dan rajin belajar.

Terkait dengan qada mu’allaq ini, Allah berfirman:

اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ وَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia (QS. Ar-Ra’d [13]: 11).

Doa yang mengubah takdir

Berdasarkan klasifikasi qada di atas, dapat dipahami bahwa qada mu’allaq dapat berubah sesuai ikhtiar manusia. Dalam konteks qada mu’allaq, doa berperan sebagai salah satu bentuk ikhtiar manusia untuk mengetuk “pintu langit”.

Bahkan, dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa doa adalah senjata satu-satunya yang dapat mengubah qada, sebagaimana riwayat berikut:

لاَ يَرُدُّ الْقَضَاءَ إِلاَّ الدُّعَاءُ، وَلا يَزِيدُ فِي الْعُمُرِ إِلاَّ الْبِرُّ

Tidak dapat menolak ketentuan Allah kecuali doa, dan tidak dapat menambah usia kecuali perbuatan baik (HR. Tirmidzi no. 2289; Imam Mundziri menilai hadis ini hasan).

Qada adalah sesuatu yang pasti terjadi, tetapi manusia diperintahkan untuk berdoa dan agama membenarkan tindakan berobat ketika manusia dilanda penyakit. Sebab kita sendiri tidak mengetahui apa yang ditakdirkan untuk kita.

Sebagaimana kisah sahabat Umar bin Khattab ra. ketika tiba di negeri Syam yang saat itu dilanda penyakit thaun. Umar memutuskan untuk kembali dan tidak meneruskan masuk ke negeri Syam.

Lalu, Sahabat Abu Ubaidah ra. protes, “Apakah engkau lari dari takdir Allah?”

Umar menjawab, “Iya, aku lari dari takdir menuju takdir yang lain.”

Kisah ini memberikan teladan bahwa ikhtiar itu penting, termasuk di dalamnya adalah doa.

Di samping itu, sebagian ulama menjelaskan tentang fungsi doa di hadapan takdir. Doa berfungsi untuk mempermudah dan melancarkan proses terjadinya takdir, atau melindungi seseorang dari takdir buruk.

Misalnya, seseorang tertulis dalam qada Allah akan meraih kesuksesan di bidang ekonomi pada usia 42 tahun. Fungsi doa adalah mempermudah proses meraih kesuksesan tersebut.

Contoh lain, seseorang ditakdirkan kecelakaan pada usia 15 tahun. Dengan bantuan doa, kecelakaan tersebut tetap terjadi pada usia yang telah ditetapkan, tetapi hanya mengakibatkan luka-luka ringan. Namun, seandainya tanpa doa, kecelakaan itu mengakibatkan luka berat.

Dalam riwayat Sahabat Abu Said Al-Khudriy ra., Rasulullah ﷺ bersabda bahwa tidaklah seorang muslim berdoa hal baik kecuali Allah akan memberinya salah satu dari tiga hal ini:

إِمَّا أَنْ يُعَجِّلَ لَهُ دَعْوَتَهُ وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ وَإِمَّا أَنْ يَصْرِفَ عنهُ من السُّوءِ مثلَها

Allah akan mengabulkan doanya dengan segera, atau menangguhkannya di akhirat nanti, atau menggantinya dengan mencegahnya dari musibah serupa (HR. Ahmad no. 10709; Imam Al-Mundziri menilai sanad hadis ini jayyid).

Imam Al-Ghazali mengatakan bahwa doa bagaikan baju besi yang menjadi penyebab seseorang terhindar dari luka yang disebabkan tusukan anak panah, sebagaimana air menjadi penyebab tumbuh dan suburnya tanaman.

Doa adalah perintah dan bentuk ibadah

Selain itu, pada prinsipnya berdoa merupakan perintah Allah, sebagaimana termaktub dalam Al-Qur’an:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri, tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al-Mu’min [40]: 60).

Para ahli tafsir berbeda pendapat dalam memahami ayat ini. Ada yang memaknai kata “ud’uni” dengan arti beribadah, berdasarkan redaksi ayat berikutnya. Sehingga dapat dipahami bahwa ayat ini merupakan perintah untuk beribadah kepada Tuhan, dan ibadah tersebut akan diterima.

Sebagian yang lain memaknai ayat ini sebagai perintah untuk berdoa. Memaknai ibadah dengan arti doa memang memiliki korelasi yang relevan, sebab doa merupakan varian dari ibadah, bahkan doa merupakan ibadah yang paling utama seperti disebutkan oleh Syekh Syihabuddin Mahmud.

Bahkan, Rasulullah ﷺ memerintahkan untuk berdoa walaupun untuk hal-hal yang remeh. Beliau ﷺ bersabda:

لِيَسْأَلْ أَحَدُكُمْ رَبَّهُ حَاجَتَهُ كُلَّهَا حَتَّى يَسْأَلَ شِسْعَ نَعْلِهِ إِذَا انْقَطَعَ

Hendaklah salah seorang dari kalian berdoa kepada Tuhannya untuk seluruh hajatnya, bahkan sampai doa ketika tali sandalnya putus (HR. Tirmidzi no. 3604; Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani menilai sanad hadis ini hasan).

Kalau doa yang remeh seperti saat sandal putus saja diperintahkan, apalagi doa-doa untuk hajat yang besar.

Kapan manusia tidak berdoa?

Dalam sebuah hadis qudsi Allah berfirman:

مَنْ شَغَلَهُ الْقُرْآنُ وَذِكْرِى عَنْ مَسْأَلَتِى أَعْطَيْتُهُ أَفْضَلَ مَا أُعْطِى السَّائِلِينَ

Siapa yang disibukkan dengan membaca Al-Qur’an dan berzikir mengingat-Ku, maka akan Aku berikan sesuatu yang paling utama dari apa yang Aku berikan kepada orang-orang yang memohon/berdoa (HR. Tirmidzi no. 3176; Imam Ibnu Mulaqqin menilai hadis ini hasan).

Dalam hadis ini disebutkan bahwa hamba yang sudah terlalu sibuk dan tenggelam dalam zikir dan menghayati isi Al-Qur’an, maka Allah akan memberinya sesuatu meski tanpa memintanya.

Namun, bagi orang yang masih belum mencapai derajat dan tingkatan tersebut, berdoa lebih utama. Sebab berdoa merupakan bentuk pengakuan seorang hamba yang sangat lemah dan butuh pertolongan maupun tempat bersandar. Manusia yang tidak mau berdoa adalah manusia yang bersifat sombong, karen
a merasa tidak membutuhkan Allah.

Kesimpulan

Sahabat KESAN yang budiman, doa adalah perintah Allah sebagai bentuk penghambaan kita kepada-Nya. Meskipun takdir (qada) kita telah ditentukan, bukan berarti kita tidak perlu berdoa. Karena ada dua jenis qada.

Pertama, yang tidak bisa diubah (mubram), seperti kelahiran dan kematian. Kedua, yang bisa diubah dengan ikhtiar manusia (mu’allaq). Yang kedua ini seperti halnya sakit, yang bisa dicegah dengan berobat.

Doa dapat berfungsi sebagai pengubah dari satu qada ke qada lain. Sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ bahwa tidak ada yang dapat menolak ketentuan Allah kecuali doa.

Selain itu, pada prinsipnya doa adalah perintah Allah kepada hamba-Nya. Sehingga berdoa adalah sebuah ibadah dan perwujudan dari memenuhi perintah Allah.

Kita harus meyakini bahwa Allah mendengar dan menjawab doa kita, sebagaimana firman-Nya:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ

Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia memohon kepada-Ku (QS. Al-Baqarah [2]: 186).

Semoga kita tidak menjadi hamba-Nya yang sombong dengan meninggalkan berdoa, dan terus menjadi hamba yang merasa membutuhkan Allah sebagai tempat bersandar. Aamiin.

Wallahu a’lam bi ash-shawabi.

Referensi: Abu Al-‘Ula Muhammad Abdurrahman bin Abdurrahim Al-Mubarakfuri; Tuhfah Al-Ahwadzi bi Asy-Syarh Jami’ At-Tirmidzi, Ahmad bin Hijazi Al-Fasyni; Al-Majalis As-Saniyah fi Al-Kalam ‘ala Al-Arba’in An-Nawawiyah, Syihabuddin Mahmud Ibn Abdillah Al-Husaini Al-Alusi; Rûh Al-Ma’ânî fî Tafsîr Al-Qur’ân Al-‘Adzim wa As-Sab’i Al-Matsânî.

###

*Jika artikel di aplikasi KESAN dirasa bermanfaat, jangan lupa share ya. Semoga dapat menjadi amal jariyah bagi kita semua. Aamiin. Download atau update aplikasi KESAN di Android dan di iOS. Gratis, lengkap, dan bebas iklan.

**Ingin menulis untuk KESAN dan berbagi ilmu yang berguna? Tunggu apa lagi? Sebab berbagi ilmu itu bukan hanya indah, tetapi juga berpahala. Kirim artikelmu ke [email protected].

Top 16 mengapa kita harus berdoa kepada tuhan menjelaskan Bán Cam Vinh

Ini Alasan Mengapa Kita Harus Berdoa

  • Penulis: islampos.com
  • Tanggal Terbit: 07/03/2022
  • Ulasan: 4.89 (689 vote)
  • Ringkasan: Jawabannya adalah karena kita butuh Allah. Kita tahu bahwa Allah-lah Dzat Yang Maha Perkasa. Dia-lah tempat kita mengadukan segala permasalahan kita. Ya, memang …

10 Alasan Kenapa Kita Harus Berdoa, Orang Kristen Harus Tahu!

  • Penulis: jawaban.com
  • Tanggal Terbit: 06/11/2022
  • Ulasan: 4.75 (555 vote)
  • Ringkasan: Dengan berdoa, kita dapat menikmati segala berkat-berkat Tuhan dan Tuhan sangat senang kepada orang-orang ya.

Mengapa Kita Berdoa? – Gereja Tuhan Asosiasi Misi Dunia – WATV

  • Penulis: watv.org
  • Tanggal Terbit: 03/27/2022
  • Ulasan: 4.25 (549 vote)
  • Ringkasan: 1) Kita harus mengucap syukur kepada Tuhan melalui doa … Kita sering mengalami dan merasakan kasih dan karunia Tuhan dalam kehidupan sehari-hari kita. Kita …

Kenapa kita harus berdoa?

  • Penulis: penaburbenih.blog
  • Tanggal Terbit: 06/12/2022
  • Ulasan: 4.11 (331 vote)
  • Ringkasan: Kita harus berdoa karena doa membawa kita lebih dekat kepada Tuhan, menguatkan kita, dan mempersiapkan kita untuk menghadapi kesulitan hidup.

Mengapa Kita Harus Berdoa? Ini Alasan dan Keutamaannya dalam Islam

  • Penulis: kumparan.com
  • Tanggal Terbit: 04/27/2022
  • Ulasan: 3.81 (262 vote)
  • Ringkasan: Doa menjadi lambang ketaatan seorang hamba kepada Allah. Dalam Surat Ghafir ayat 60, Allah SWT berfirman: “Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah …

3 Alasan Mengapa Aku Perlu Berdoa

  • Penulis: dwipekan.petra.ac.id
  • Tanggal Terbit: 02/10/2023
  • Ulasan: 3.62 (340 vote)
  • Ringkasan: Tuhan selalu menyertai kita, meskipun kita tak dapat melihat-Nya. Ketika masalah datang, yang harus kita lakukan hanyalah datang kepada-Nya …
  • Hasil pencarian yang cocok: Aku berusia 11 tahun ketika keluargaku pergi berlibur ke Beijing. Itu adalah perjalanan pertamaku ke Tiongkok. Suatu pagi, saudara lelakiku sakit dan harus beristirahat di hotel. Karena ibu harus merawatnya, dia memintaku untuk membelikan sarapan di …

Mengapa manusia harus berdoa kepada Allah SWT

  • Penulis: brainly.co.id
  • Tanggal Terbit: 02/16/2023
  • Ulasan: 3.42 (509 vote)
  • Ringkasan: Mengapa kita harus berdoa kepada Allah? karena kita adalah makhluk Allah. Maka jika kita menginginkan sesuatu harus meminta kepadanya.

5 Waktu Kita Harus Berdoa – Grace Depth

5 Waktu Kita Harus Berdoa - Grace Depth
  • Penulis: gracedepth.com
  • Tanggal Terbit: 05/02/2022
  • Ulasan: 3.23 (413 vote)
  • Ringkasan: Berlutut untuk berdoa kepada Tuhan adalah hal yang sangat penting dari kehidupan seorang pengikut Kristus. Berdoa kepada Tuhan di pagi hari …
  • Hasil pencarian yang c
    ocok:
    Denzel Washington, seorang aktor terkenal yang telah mendapatkan tiga penghargaan Golden Globe ini pernah mengatakan bahwa dia tidak akan memulai sebuah hari tanpa berdoa. Dia mengatakan kunci hidupnya terletak pada tiga kata ini: “Put God …

Bagaimana Kita Berdoa (Sumber : The Good Way)

  • Penulis: misi.sabda.org
  • Tanggal Terbit: 01/30/2023
  • Ulasan: 3.07 (496 vote)
  • Ringkasan: Kita perlu belajar berulang-ulang tentang makna iman serta hakekatnya dan mulai hidup oleh iman, dan berdoa dalam iman. “Percayalah kepada Allah” kata Tuhan …
  • Hasil pencarian yang cocok: Banyak orang mungkin telah kecewa, melihat doa mereka tanpa jawaban yang memuaskan atau mendapat hasil yang pasti, namun demikian berat bagi mereka untuk meninggalkan doa, bahkan mustahil untuk berhenti; sebab di dalam diri mereka bersumber suatu …

Tujuh Alasan Mengapa Kita Harus Berdoa

  • Penulis: kompasiana.com
  • Tanggal Terbit: 06/21/2022
  • Ulasan: 2.8 (73 vote)
  • Ringkasan: Bagi umat Kristiani, Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita bagaimana berdoa yang baik dengan cara Yang baik, jangan seperti orang munafik yang …

Kenapa Sih Kita Harus Tetap Berdoa, Kan Tuhan Mahatahu?

  • Penulis: superbookindonesia.com
  • Tanggal Terbit: 06/27/2022
  • Ulasan: 2.74 (161 vote)
  • Ringkasan: Tuhan memang sudah tahu, tapi kita datang kepada-Nya dan berkata ‘Engkau tahu yang terbaik’. Seperti yang Tuhan Yesus katakan melalui Matius 6: …

Mengapa Kita Perlu Berdoa Kepada Allah?

  • Penulis: minanews.net
  • Tanggal Terbit: 10/24/2022
  • Ulasan: 2.66 (166 vote)
  • Ringkasan: Agar hati menjadi tenang, sebab berdoa merupakan kebutuhan jiwa. Kitalah yang butuh dan perlu Allah. Dan dengan mengingat Allah melalui doa, …
  • Hasil pencarian yang cocok: Satu sisi, begitulah Allah dengan kasih sayang-Nya membimbing hamba-hamba-Nya. Walaupun kadang atau malah kebanyakan manusia hamba-hamba-Nya itu merasa diri sudah cukup. Sehingga tidak atau enggan berdoa lagi pada Sang Maha Kuasa. Atau kalaupun …

Mengapa kita Harus Berdoa, Ini Pesan-pesan Netizen

  • Penulis: arcusgpib.com
  • Tanggal Terbit: 06/03/2022
  • Ulasan: 2.57 (126 vote)
  • Ringkasan: Mengapa kita Harus Berdoa, Ini Pesan-pesan Netizen … doa memberi kekuatan dengan mangajak warga jemaat untuk berdoa kepada Tuhan Yesus.

Mengapa Kita Perlu Berdoa? | Doa – SABDA.org

  • Penulis: doa.sabda.org
  • Tanggal Terbit: 05/21/2022
  • Ulasan: 2.54 (66 vote)
  • Ringkasan: Tuhan kita Yesus Kristus berdoa dan berpuasa selama 40 hari 40 malam sebelum Ia memulai … Kita harus senantiasa berdoa kepada Tuhan.
  • Hasil pencarian yang cocok: Firman Tuhan berkata, “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.” (Roma 12:2). Tanpa …

7 Alasan Mengapa Orang Kristen Harus Berdoa

  • Penulis: fokushidup.com
  • Tanggal Terbit: 04/26/2022
  • Ulasan: 2.41 (153 vote)
  • Ringkasan: Pentingnya orang Kristen berdoa karena memang doa diperintahkan oleh Alkitab dan Tuhan Yesus memberikan teladan secara langsung kepada murid-murid-Nya. Alkitab …
  • Hasil pencarian yang cocok: Sama seperti power bank bisa digunakan kapan saja dan dimana saja, untuk mendapatkan daya bagi hp dan digunakan sesuai fungsinya, begitu juga dengan doa. Ibarat power bank yang siap digunakan ketika dibutuhkan, doa juga haruslah dimana saja dan …

MENGAPA SAYA HARUS BERDOA KALAU TUHAN SUDAH TAHU

  • Penulis: blessedday4us.wordpress.com
  • Tanggal Terbit: 04/18/2022
  • Ulasan: 2.27 (76 vote)
  • Ringkasan: Sehingga tidak sedikit orang Kristen yang enggan menyediakan waktu khususnya untuk berdoa kepada Allah Bapanya. Oleh karena pertanyaan tersebut …
  • Hasil pencarian yang cocok: Dari ucapan George MacDonald ini kita dapat mengatakan bahwa Allah sebenarnya dapat saja memberikan apa yang kita butuhkan tanpa doa kita. Tetapi Allah mengajarkan dan meminta kita berdoa kepadaNya karena Allah ingin agar kita datang kepadaNya. Dia …